Diagnosis Speaker Altec Lansing ACS45.1 Mati Mendadak

Partner
suzuki
Honda

Diagnosis Speaker Altec Lansing ACS45.1

., salam pertamax7.com, Diagnosis Speaker Altec Lansing ACS45.1 Mati Mendadak

Speaker Altec Lansing ACS45.1 Hitam

Salam DIY.

Merdeka, 17 Agustus 2021. Di hari kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun ini, pada sore hari lagi semangat dengerin lagu KOTAK dengan tone vocal bu Tantri yang khas.

Saat sedang mendengarkan Lagu KOTAK berjudul Growing Up melalui speaker aktif 2.1 komputer yang saya pakai yaitu Altec Lansing ACS45.1 dan baru setengah lagu, tiba-tiba mak pet, lho nggak mati listrik kok suara lagu dari speakernya sudah hilang.. Wah ojo-ojo kobong speaker e ( jangan-jangan terbakar speakernya ) Batinku..

Langsung saja mendekat ke unit BOX Subwoofer yang berisi amplifier beserta trafo, lho nggak bau gosong kok.. Walah terpaksa bongkar nih speaker jadul.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Diagnosis Speaker Altec Lansing ACS45.1 Mati Mendadak

Speaker Altec Lansing ACS45.1 Putih

Jadi ceritanya, Speaker jadul Altec Lansing ACS45.1 ini milik temen saya yang rusak, setelah saya cek cuma rusak tombol di bagian remote satelit, setelah sukses diperbaiki, eh nggak diambil lagi karena yang punya punya home theater 2.1 jadul, praktis speaker Speaker Altec Lansing ACS45.1 tersebut saya pakai untuk mendengarkan musik sehari-hari dan tiba-tiba mati.

Saya kurang tahu speaker ini belinya tahun berapa, namun nampak sudah tua dan secara mengejutkan.. lho segelnya belum dibuka, alias belum pernah service, bandel juga yak.

Segel Altec Lansing ACS45.1

terpaksa bongkar dah box subwoofernya karena piranti aktifnya di sana.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
BOX Subwoofer Altec Lansing ACS45.1

Langsung buka pakai obeng listrik ryu.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
Bongkar Segel Speaker Altec Lansing ACS45.1

Setelah terbuka, benar saja, tidak ada yang hangus..

Subwoofer Port Tube Bass Speaker Altec Lansing ACS45.1

kecurigaan saya di kabel listriknya, cek dengan multimeter Sanwa YX360TRF Made In Japan yang saya pakai, dan tidak putus..  Kecurigaan saya alihkan dengan test trafo kotak Altec Lansing ACS45.1 yang mana tidak ada bau hangus.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
Cek Trafo Altec Lansing ACS45.1

Langsung saja cek lilitan primer yang mana adalah kabel biru dengan ohm meter, dan tidak nunjuk sama sekali.. walah pedot slur trafonya.. Sementara lilitan sekunder kabel putih nunjuk alias tidak putus.

Trafo Speaker Aktif Altec Lansing ACS45.1 ini buatan Mei Ah Electric dengan kode ED7556 dengan voltase input 230 VAC dengan Output 12,5 VAC 3,5 Ampere .. Cukup sulit pula cari trafo dengan spesifikasi ini.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
Trafo ED7556 Speaker Aktif Altec Lansing ACS45.1

Untuk memastikan trafo ini rusak atau tidak, saya colokkan ke listrik dan saya cek tegangan input ada, tegangan output tidak ada..

Ini artinya benar lilitan primer putus sehingga tidak ada tegangan output.

Saya menduga putusnya lilitan primer trafo speaker aktif Altec Lansing ACS45.1 ini karena secara bawaan selalu mendapatkan suplay arus listrik mengingat selalu saya colokkan dan tidak terdapat saklar pemutus arus, jadi ya lama-lama lilitannya putus.  Tidak ada voltase output, akibatnya rangkaian amplifier tidak menyala.

Daleman Altec Lansing ACS45.1

Diagnosis Speaker Altec Lansing
ELCO YungJe Altec Lansing ACS45.1

Altec Lansing ACS45.1 pakai elco merk YungJe, baru dengar saya.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
Kapasitas Elco Altec Lansing ACS45.1

Altec Lansing ACS45.1 menggunakan elco dengan kapasitas 10.000uF 25V, mau saya tambah sekalian kalau bisa.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
IC TDA7370B Altec Lansing ACS45.1

Altec Lansing ACS45.1 menggunakan amplifier dengan jantung IC TDA7370B yang saya cek datasheetnya adalah  QUAD POWER AMPLIFIER FOR CAR RADIO dengan power per kanal maksimal 6,5 Watt dan saat di Bridge hingga 20W.  Voltase maksimal IC TDA7370B adalah 18V

PCB Amplifier Altec Lansing ACS45.1
Diagnosis Speaker Altec Lansing
Karet Speaker Altec Lansing ACS45.1

Setelah saya bongkar subwoofernya, lho pada bagian driver speakernya kok sobek bagian karet speakernya.. Penasaran di Jogja yang service speaker gini habis berapa yak.

Diagnosis Speaker Altec Lansing
Magnet Speaker Altec Lansing ACS45.1 A3728

Altec Lansing ACS45.1 menggunakan driver subwoofer dengan single coil berimpedansi 4 Ohm, kodenya A3728 dan magnetnya berlubang alias ada lubang udara.

UPGRADE Speaker Altec Lansing ACS45.1

Saya sendiri rencananya mau cari trafo toroid sebagai pengganti trafo Altec Lansing ACS45.1 yang putus, namun ternyata cukup sulit cari yang baru.

Trafo Toroid 12V
Trafo Toroid Bekas 12V 5A

Selain trafo toroid, saya juga mau menambahkan elco pada bagian power suplay.

Elco Nichihon FW 3300uF 25V
Elco Bombardier Bell 10000 uF 50V

Dan mungkin saya akan mengganti subwoofernya sekalian atau cuma woofer saja.

Subwoofer Legacy Energy
Woofer ACR 6In

Namun 3 rencana di atas nampaknya tertunda sampai kapan karena saya belum punya uang untuk melakukan perbaikan karena saya sedang fokus pemulihan pasca covid-19.

Altec Lansing ACS45.1

Speaker aktif Altec Lansing ACS45.1 sendiri menggunakan dua monitor speaker dengan driver 3 Inchi dengan power 6 Watt per kanal.

Sementara itu pada bagian bass, Altec Lansing ACS45.1 ini pakai Subwoofer dengan driver 6,5 inchi Long Throw Woofer dengan frekuensi respon box 42hz dan powernya 20W, S/N Ratio 65dB.

Untuk daya output speaker aktif ini adalah 32W dan Altec Lansing ACS45.1 ini maksimal mengkonsumsi daya 100W

Ya wis itu saja diagnosis saya kenapa speaker Altec Lansing ACS45.1 tidak bunyi, dan saya pasrah ya bagaimana lagi hehehe… Sementara pakai speaker apa adanya saja lah sama headset hape samsung.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

  1. mnrt sy sayang uangnya kl dibetulin karna masa pakai yg sdh lama kecuali ada masa kenangan bersamanya, lbh baik beli baru , kecuali mmg hati anda sayang pdnya

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.