Makan Siang di Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur, Bandeng Prestonya mantebh, Bandeng Bakarnya Unik

pertamax7.com, jadwal malam senin,, artikel kuliner, dan kebetulan, ini adalah serpihan artikel dari artikel inti Kopdar Silaturahmi ke Jatimotoblog di gresik jawa Timur, yaps, makan siang di Gresik Jawa Timur, nah, selesai melakukan acara jatimotoblog, tentu sebagai blogger dan bikers yang tentu doyan makan, maka dulur-dulur jatimotoblog seperti agenda menuju rumah makan dekat laut… rumah makan ini tidak ada namanya cuma, ada tulisan warung serba guna bu Hj. Tipa

rumah makan ikan laut Hj Tipa Gresik

warung makan yang terkesan sederhana dengan banner yang trebuat dari bambu yang di cat dan dilukis sedemikian rupa dengan gambar singkat yang menunjukkan menu special warung tersebut, seperti gambar gurame bakar, bandeng tanpa duri serta keropok bandeng serta ayam bakar, ada apa didalamnya?

eits, jangan salah mas bro… meskipun warung makan ini terkesan sederhana, namun “kritikus” dan “tester” makanan sekaliber pak Bondan Winarno yang terkenal dengan jargon “pokoke maknyussss” serta om benu buloe dengan cuapan khas lazis  sudah pernah kesini mas bro… ( hal tersebut pertamax7.com lihat di galery foto yang dipajang didalam warung,,, ) pasti nih warung nggak main-main om… warung yang terletak di jalan sindujoyo X/07 ( lumpur TPI ) gresik ini memang sangat dekat sekali dengan yang namanya laut, pertamax7.com sempat screenshoot si andro

lokasi rumah makan Ikan laut Hj Tipa Gresik jawa timur

bingung

itu yang pertamax kali pertamax7.com pikirkan, bingung, bingung makan apa yak?? takutnya nggak doyan je…  nah,,…. ane lihat beberapa baskom berisi beragam sayuran serta hidangan laut ..,, ane pesen nasi sayur lodeh dan ikan asin saja ( ikan asinya sangat bikin penasaran pertamax7.com je )

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 3

tak lupa bandeng presto om.. dikemas dlam box plastik plus lalapan dan sambal trasi..

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 4

saatnya makan….

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 5

bagaimana rasanya?

rasa sayurnya memang khas lodeh banget, teringat masakan ibu dirumah.. bagaimana dengan ikan asinnya? cocok mas bro,,. ikan asinyya beneran asin,, asin banget kerasa garamnya, nggak seperti dirumah, seperti kurang kadar asinnya ( selera )…

bagaimana dengan bandeng presto gorengnya,, ini nih yang perlu di bahas mendalam….

bandeng presto 1 ekor uruh di ptong menjadi 2 bagian yakni atas ( kepala sampai perut ) dan bawah ( perut sampai ekor ), kebanyakan pada milih bawah kan, kalau bagi pertamax7.cm semuanya enak, namun lebih enak yang atas, gurih tenan, …. dengan duri lunak yang khas bandeng presto, tak perlu ragu menyantap kuliner laut ini… bandeng yang besar ini nampaknya di presto dalam keadaan segar sehingga cita rasa daging bandeng yang manis gurih begitu maknyuss di lidah.. ok presto sudah, bagaaimana dengan sambalnya? woh yo cocok om, sambal trasi dengan pedas sedang dan trasi yang nonjok… rasanya 1 ekor bandeng presto ini bakalan kurang….

lanjut,, setelah makan hidangan diatas,, datang lagi nih kuliner yang katanya sih special di warung ini,, apa itu? itu adalah bandeng BAKAR…

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 6

seumur-umur baru  pertama ini ane lihat bandeng sebesar ini…guede bener om,, bukan seperti bandeng presto yang pertamax7.com makan diatas, mungkin jenisnya lain atau memang ini istilahnya indukan 😀 ,, katanya sih dibakar tanpa bumbu mas bro…

dan benar saja, saat pertamax7.com coba icip dikit, rasanya khas daging bandeng tanpa garam, manis dan gurih namun lama-lama hambar… usut punya usut, ternyata makan bandeng ini nggak lansung di makan saja, melainkan ada sambalnya, yakni sambal petis,, nah sambal petis inilah yang mampu membangkitkan cita rasa dari bandeng bakar ini… mari di eksekusi… woh dihabisin :v

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 1

katanya dulur jatimotoblog sih, ane dipersilakan untuk makan lemak bandeng di daerah sekitar perut, lemak bandeng ( nggak di foto ) berwarna putih setelah dibakar seperti jelly, lumer dimulut, rasanya juga kayak daging bandeng, tapi katanya sih kaya akan omega 3, cocok wae lah 😀

lanjut, ada sisa bandeng presto  yang tidak dimakan oleh dulur jatimotoblog, sebut sama om niko NVL, yo wis, sikat saja,, jadi pertamax7.com makan 3 potong bandeng presto, dan beberapa suwir bandeng bakar 😀

Rumah Makan Ikan laut Hj. Tipa Gresik Jawa Timur 2

pertamax7.com juga bilang : maknyusssss tenan..


review..

plus

  • masakannya memang enak,, bandengnya cocok, porsi pas… untuk hidangan lain pertamax7.com rasa pada pas di lidah dulur jatimotoblog, buktinya piringnya pada bersih semua ( bikers = blogger = tukang makan juga 😀 )

minus

  • tempatnya kecil, rada bingung kala datang beramai-ramai ( kemaren rasanya seperti habis futsal langsung nyerbu rumah makan 😆 )
  • makan di seberang jalan sambil minum es teh, es tehnya aneh mas bro… gimana gitu.. mungkin karena air dekat laut rada payau yak? jadi nggak sinkron sama gula 😀
  • sambalnya kurang banyak buk..
  • itu lalapan sudah pada layu semua,, apa karena efek panas khas pantai yak?
  • pas lagi makan, ada adegan pembantaiaan eh pembersihan ikan besar, makan sambil horror

 

soal harga ane nggak tahu ya gan, wong ane cuma modal stamina tenaga dan bensin saja ke gresik, segala fasilitas serta akomodasi di biayai oleh dulur-dulur jatimotoblog je, matur suwun,, so bagi pemirsa yang kebetulan singgah di gresik jawa timur, bisa coba deh…

semoga berguna

27 KOMENTAR

  1. buseeeeeedd……. Tuh tampang lu ancur banget pan,ditambah lg selera makannya kampungan amet,udah gt isi artikel byk copas an dr blog laen, hadeeeeeeehh pan ipan….gebleg bin pongo amet lu

  2. aku wong gresik ora gumun mas bro…..
    sampeyan perlu coba yg aga ekstrim :
    sego roomo (mirip bubur)
    kolak ayam gumeno (cuma bulan puasa)
    sambel sego krawu (sambel paling metal)

  3. […] Aneka olahan Bandeng. Gresik memang terkenal sebagai daerah tambak yang membudidayakan bandeng bahkan setiap tahun ada acara Lelang Bandeng yang menjadi tradisi. Beragama olahan bandeng yang ada seperti otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng tanpa duri serta beragam olahan yang lain. Sebenarnya yang terkenal ada Pak Elan dan Bu Muzayanah tetapi pas kopdar kemarin mantemans sengaja diarahkan ke aneka olahan bandeng khas warung pinggir jalan lebih tepatnya di warung bu Hj Tipa di daerah Sindujoyo (lumpur). Reviewnya ? silahkan tengok review khusus dari bro ipan pertamax7.com  😀 ( disitu) […]

Tinggalkan Balasan