DIY : UPGRADE CAPASITOR BANK DI HONDA MEGAPRO

jumat 2 desember 2011

setelah kemaren entah beberapa bulan yang lalu ane posting masang capasitor alias capasitor bank ke megggi ane, ane rasa koq masih kurang ya, setelah pengaplikasian headlamp yamaha byson, woo, pas lampu utama nyala, ane nge sein, lampu utamanya ikut ngedip gan Crying face

maka dari itu, ane putuskan buat mengupgrade capasitor bank ane, dari 2 biji kapasitor / elco, jadi 4 biji, ini skemanya

image

nih, baru punya 4 biji elco 10000 uF

Pertamax1109 (Small)

trus dikabelin, di solder

Pertamax1111 (Small)

paralel, jangan salah PLUS SAMA MINUSNYA, OK

setelah sirangkai

Pertamax1112 (Small)

masukkan ke tempat yang diinginkan

Pertamax1116 (Small)

rapikan dulu

Pertamax1117 (Small)

sambukan plus ke postif aki, minus ke massa atau rangka motor kita

Pertamax1115 (Small)

 

result, bell kencang,

headlamp nyala, lampu sein nyala, nggak kedip lagi

 

asekkkk deh

salam DIY

wonogiri sukses

asekkkkkkkkk

pertamax

ini ceritaku mana update-an mu

69 KOMENTAR

  1. harga elco berapaan sih pan?? trus itu positif elco ke positif aki ga pke sekring/fuse itu aman kah?

  2. gak sekalian pake yang 1F, meginya bisa dibuat karaokean di jalan. itung2 buat tambahan.. 🙂 Just kidding.
    OKE lah kalau begitu

  3. mantaph Agannn salam dari member HMPC (Honda MegaPro Club ) Indonesia Chapter Jakarta. . .

  4. halo om, boleh tanya itu ngitung rangkaiana paralel apa bner sudah ya??? tks ya heeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  5. numpang nanya mas, klo di NMP ngaruh gak dengan digitalnya, soale speedo ku pernah matek goro2 pasang klakson 6 macam, trus ini tak pasang hella twin, head lamp kedip. suwun.

    • klason 6 macam?? STROBO????? SIRENE??? emang boleh diapasang di motor sipiLL????
      kalau itu OVELR LOAD, kasih aki minimal TIGER atau BINTER MERZY, lepas peralatanh alay tersebut ( kecuali pak edy polisi ya? )

      • matur nuwun responnya, saya sipil biasa sa sa sa mas, maksudku klason 6 suara hehe salah ketik. kalau strobo, sirine gak tertarik mas, dah ada yang punya ntar malah kena semprit. memang sih klakson twin hella yg tak pasang tanpa relay.

  6. gan. capasitor kalau di pararel seperti gambar di atas, nilainya jadi 2500uF, bukan 40.000uF. voltnya yang tetap..

    • asal ae nih… klo resistor di paralel nilai resistansinya memang jadi di bagi jumlah resistor (1/R = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + …) ,
      ini capacitor kebalikan nya resistor (C = C1 + C2 + C3 + …) , jadi di tambahkan kapasitan’e.. ngono mas…

      • ane ngitungya ya gitu gan, paralel ya tinggal nambah ga tahu kalau teoriinya sekerangdah berubah, wkwkw, ane cuma baca buku di perpus

  7. aku dah lama pasang capasitor bank neng motor MX ku? mantep…aq pasang 2 x 10.000 uf 50v pasang kya skema diatas, efeknya: accu jadi awet, air akinya gak cepet abis. klo nyalain lampu sein + tekan tuas rem, gak redup lampu di panel spido, trs klakson jd nyaring yg mantep lagi klo motornya sistem pengapian DC, ngefek ke akslerasinya jd mantep, karena arus buat ngidupin businya jd stabil. rencana juga mo pasang juga di vario CBS yg sering dipakai bini, biar sehat accunya.

  8. Mas nek elco dipasang pararel karo aki, brarti nambang volume stroom… Alhasil stroom tambah gede…tp kekurangane saat kontak off maka stroom seko aki kesedot nyang elco… Lha… Ben ra kesedot sak jane pasang relay dinggo memutuskan hubungan elco nyang aki sebelum spul dinamo/putaran mesin mati, dadi… Aki kebak,elcone yo kebak… Cobanen dipasangi relay dinggo memutus hubungan elco ke aki sakdurunge mesin mati. Ben akine ra kesedot nyang elco…

  9. mau tanya agan” yg baik hati..sya cba psang 2 capasitor d motor megapro..ko gk ad pengaruhnya,malah smpt mesin susah hidup..tpi ad yg aneh kanpa klu d cabut sikringnya motor mati..apanya yg slh…trs klu ad yg slg apanya..?

Apa Komentar Pemirsa ?