Bensin Baru Pertamina Bioetanol Dijual Bulan Ini, Harga Lebih Mahal Dari Pertamax?

1
382

Bensin Baru Pertamina Bioetanol Dijual Bulan Ini

., salam pertamax7.com, Bensin Baru Pertamina Bioetanol Dijual Bulan Ini, Harga Lebih Mahal Dari Pertamax?

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Petrol Head. 

Pertamax7.com baru tahu kalau bulan juni 2023 ini Pertamina akan menghadirkan bensin baru-bernama bioetanol, wah menarik nih.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Bensin Baru Pertamina Bioetanol Dijual Bulan Ini

Ada rencana PT Pertamina (Persero) akan menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis baru yaitu Bensin Bioetanol pada bulan Juni 2023 ini. Secara singkat, Bensin Bioetanol dihasilkan dari campuran Pertamina Pertamax RON 92 dengan dengan etanol yang berasal dari produk samping tebu.

Rencana hadirnya Bioetanol ini pertama pertama kali diungkapkan oleh Bu Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina dalam konferensi pers Selasa (6/6) lalu.

Seperti yang pertamax7.com kutip dari detik finance, Bu Nicke Widyawati menjelaskan

Partner
IRC
Honda
FDR

“Jadi nanti kita di bulan ini, nggak apa-apa ya Pak Alfian kita bocorin dulu, kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi Pertamax itu kita campur dengan etanol,”

Masih di Detik Finance, Pak Fadjar Djoko Santoso  selaku VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) mengatakan belum ada harga resmi Bioetanol, tapi diperkirakan lebih mahal dari Pertamina Pertamax 92.

“Sepertinya (di atas Pertamax) karena komposisinya Pertamax + etanol 5 persen. Jadi RON juga di atas Pertamax,” katanya kepada detikcom, Jumat (9/6/2023).

Tambahan dari Pak Fadjar, Bensin Pertamina BioEtanol akan dijual di Surabaya terlebih dahulu.

“Karena uji coba di Surabaya mungkin di area Surabaya dulu,”

Bioetanol sendiri dikabarkan terdiri dari 95% Pertamina Pertamax RON 92 dan 5 % Etanol. Kalau benar tambahan 5 Persen berarti namanya Pertamina Pertamax E5 ( etanol 5 % ), Cmiiw.,

Pertamax7.com sendiri penasaran berapa angka RON dari bensin BioEtanol ini, apakah akan tembus RON95 mirip Pertamax Plus yang setop produksi? 

Kalau benar Pertamina Pertamax E5 Bioetanol memiliki RON 95, praktis harga jualnya di atas Pertamina Pertamax 92 yang sekarang dijual Rp12.500 per liter di Jogja. Kemungkinan besar Pertamina Pertamax E5 Bioetanol mengisi celah harga antara Pertamax dan Pertamax Turbo.

Bensin-Baru Pertamina Bioetanol Campuran Pertamax Dan Etanol Wikipedia
Bensin-Baru Pertamina Bioetanol Campuran Pertamax Dan Etanol Wikipedia

Sekedar info saja, bahan bakar jenis Bensin Bioetanol sudah umum ya om kalau di luar negeri, jadi pertamax7.com tidak begitu kaget kalau nantinya Indonesia juga akan mengusung bensin Bionetanol mengingat Biosolar pun sudah ada terlebih dahulu.

Contoh di USA aka Amerika Serikat (AS) dan Brazil merupakan negara yang telah sukses menerapkan etanol sebagai piranti wajib dalam campuran bahan bakar kendaraan.  Kedua negara ini memiliki tingkat produksi etanol tertinggi di dunia. Pada tahun 2018 saja, Amerika Serikat berhasil memproduksi 16,1 miliar gallon sedangkan Brazil berada di posisi kedua dengan jumlah produksi sebesar 7,95 miliar gallon.

Yamaha MT03 Iron Man Marvel Brasil MY2022

Mayoritas kendaraan di Brasil baik motor maupun mobil bensin kerap disebut sebagai flexible-fuel vehicle atau kendaraan mampu beradaptasi dengan bioetanol karena memang menyesuaikan dengan ketersediaan bahan bakar.

Apakah motor dan mobil di Indonesia besok akan disesuaikan supaya bisa meminum bensin Bioetanol? kita tunggu saja kelanjutannya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.