Cek Komponen Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran

1
87

Cek Komponen Mobil Suzuki

., salam pertamax7.com, Cek Komponen Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran

Link ponsel pintar ( di sini ) 

Salam Mobil Mania.

Info resmi dari pulau Jakarta dengan judul PULANG MUDIK SAATNYA PERIKSA SUKU CADANG AGAR KINERJA MOBIL TETAP OPTIMAL. 

12 Mei 2022 – Setelah mudik, merayakan lebaran di kampung halaman, atau berwisata pemilik kendaraan disarankan melakukan pemeriksaan mobil secara keseluruhan. Pemeriksaan mobil paska perjalanan jauh tentu akan berbeda dengan pemeriksaan mobil yang digunakan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa agar mobil dapat kembali digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Pemeriksaan dapat dilakukan secara mandiri atau datang ke bengkel-bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cek Komponen Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran

Menurut Bu Christiana Yuwantie selaku Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menjelaskan, khusus untuk kendaraan yang digunakan untuk perjalanan jauh, pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kondisi suku cadang. Kondisi Suku cadang yang penting untuk diperiksa yaitu:

Partner
IRC
Honda
FDR
  1. Filter Oli dan Oli Mesin

Pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian. Penggantian oli mesin dan filter oli dianjurkan dilakukan pada 1.000 kilometer pertama, dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin setiap 10.000 kilometer. Lihat kekentalan oli melalui stik oli untuk meyakinkan kondisi oli mesin.

Cek Komponen Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran
Ganti Oli Ecstar Untuk Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran
  1. Busi

Busi memiliki peran penting terhadap kinerja mesin mobil. Maka dari itu, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisi busi. Penggantian busi dianjurkan setiap pemakaian 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman.

  1. Filter Udara

Pemilik kendaraan harus memastikan pemeriksaan filter udara dan diganti apabila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari.

Filter udara dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar yang digunakan karena filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar. Setidaknya lakukan pembersihan filter udara. Penggantian filter udara dapat dilakukan setiap 40.000 kilometer dan harus dibersihkan setiap 10.000 kilometer.

Cek Komponen Mobil Suzuki Setelah Mudik Lebaran
Periksa Suku Cadang Mobil Suzuki Setelah Mudik
  1. Kampas Rem

Setelah melakukan perjalanan jauh, menikmati kemacetan atau saat melalui jalur one way dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama, atau melakukan braking dengan frekuensi lebih sering, pemilik utamanya harus memperhatikan pemeriksaan kampas rem.

Penggantian kampas rem dapat dilakukan pada 50.000 sampai 105.000 kilometer atau periode pemakaian sekitar selama 3 tahun.

  1. Ban Mobil

Perjalanan jauh juga berpotensi terus menggerus permukaan ban sehingga menjadi lebih licin. Untuk itu, pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Sesuaikan kondisi tekanan angin ban apabila pengendara merasakan ketidak nyamanan ketika di jalan. Segera ganti ban apabila kondisi ban sudah aus atau licin.

Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya melalui permukaan jalan yang seringkali berbeda, serta membawa muatan yang berbeda saat pergi dan pulang. Untuk itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan spooring dan balancing.

  1. Aki Mobil

Sebagai salah satu komponen yang menjadi sumber kelistrikan mobil, pemilik mobil dianjurkan untuk selalu melakukan pemeriksaan dan penggantian aki secara rutin setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Jangan tunggu sampai aki habis dan mobil mogok.

  1. Karet Wiper

Setelah melakukan perjalanan mudik yang jauh, mobil mungkin saja sering terkena hujan dan terik matahari. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi dan kinerja karet wiper seperti kering atau tidak kesat.

Padahal karet wiper merupakan salah satu hal yang penting dalam membantu pengemudi mendapatkan visibilitas yang baik terutama saat hujan. Untuk itu, pemilik kendaraan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian karet wiper setiap 2 tahun sekali.

Mengganti suku cadang resmi yang dirancang khusus untuk kendaraan Suzuki merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan pemilik kendaraan agar umur pakai kendaraan lama, kinerja mesin baik, dan terhindar dari potensi kerusakan di tengah jalan.

Selain pembelian langsung di bengkel resmi Suzuki, konsumen juga dapat membeli suku cadang secara daring di aplikasi MySuzuki. Sejalan dengan upaya kami menghadirkan inovasi dalam pemenuhan kebutuhan suku cadang kendaraan, Suzuki akan terus meningkatkan pelayanan dan kualitas suku cadang untuk memberikan kinerja terbaik bagi kendaraan konsumen,” tutup bu Christiana Yuwantie.

Untuk pemeriksaan komponen suku cadang mobil yang lebih detail dan aman, sebaiknya lakukan pemeriksaan di bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan datang ke bengkel resmi, pemilik kendaraan dapat melakukan konsultasi sebelum melakukan penggantian suku cadang beserta dengan kisaran harganya, diperiksa oleh tenaga ahli yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya, menggunakan suku cadang resmi dan sesuai dengan standardisasi Suzuki, serta harga yang lebih terjangkau. Penggunaan suku cadang yang asli dan sudah sepenuhnya diuji membuat mesin bekerja optimal dan umur suku cadang bertahan lama.

Oli Mobil Suzuki Ecstar

Mungkin ada pemirsa yang punya mobil Suzuki atau baru mau beli? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.