Suzuki Smash FI Setop Produksi, Kenapa?

5
264

Suzuki Smash FI Setop Produksi, Kenapa?

., salam pertamax7.com, Suzuki Smash FI Setop Produksi, Kenapa?

Link ponsel pintar ( di sini )

Selamat hari lebaran, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin

Salam Bebek Mania.

Saat membahas Suzuki Bandit 150 GSX yang setop produksi beberapa waktu lalu, ada pemirsa yang berkomentar kalau Suzuki Smash FI alias Smash Injeksi juga sudah disuntik mati, weleh? Saya malah baru tahu, berikut adalah komentarnya.

Komentar Suzuki Smash FI Setop Produksi
Komentar Suzuki Smash FI Setop Produksi
Sy sebenernya mau pindah ke brand Suzuki..eh malah setop produksi si smash dan bandit…padahal unit amat sangat berkualitas dan kuat…suzuki harusnya punya kepercayaan diri untuk bersaing di pasar indo..banyak koq produk suzuki di luar indo yg bagus2 dan berkualitas..koq begini nasib marketidng si suzuki di indo?
Iy mas…sy udah tanya di suzuki sunter sekitar awal bulan maret 2022, mereka bilang udah nggak ada stok…dan suzuki udah stop produksi..tapi anehnya di website suzuki motor masih ada terpampang suzuki smash…
Dan saya cari info di mbah google, hasilnya sangat mengejutkan ..

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Suzuki Smash FI Setop Produksi, Kenapa?

Berdasarkan screenshot/ tangkapan layar yang pertamax7.com ambil dari website Suzuki 3 Mei 2022, Suzuki Smash Injeksi sudah tidak ada di jajaran produk sepeda motor suzuki. Sudah tidak ada di line up.

Partner
IRC
Honda
FDR
Produk Motor Suzuki Terbaru Mei 2022
Produk Motor Suzuki Terbaru Mei 2022

Info yang pertamax7.com kutip dari kompas 9 Februari 2022 dalam artikel berjudul Sudah Berakhir sejak Tahun lalu, Suzuki Masih Jual Smash Fi. Pak Teuku Agha selaku 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, jajaran produk Suzuki motor sekarang tinggal “ayam jago” Satria F150, Suzuki Smash Fi memang sudah discontinue, tetapi stok di diler masih ada meski tak banyak.

“Smash masih ada di website karena betul masih ada stok di dealer, tapi itu jumlahnya juga sudah tidak banyak, dan saat ini website Suzuki masih digunakan untuk mencari informasi tentang Smash, jadi kami membantu dealer untuk hal tersebut,” ungkap Pak Agha kepada Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Sebelumnya Pak Agha mengatakan, jajaran produk Suzuki motor sekarang tinggal “ayam jago” Satria F150. Agha mengatakan, Smash Fi menyetop produksi karena pangsa pasar motor bebek domestik yang mengecil. Dikutip dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada 2020 pangsa pasar motor bebek berada di posisi terakhir dibandingkan motor jenis lain, semisal skutik dan motor sport.

  • Pada tahun 2021 lalu, pangsa pasar motor bebek hanya 6 persen dari total market yang mencapai 3.660.616 unit.
  • Adapun skutik sebesar 87,9 persen dan sport sebesar 6,1 persen.
  • Meski demikian, sepanjang 2021, tepatnya Januari-September 2021, pasar bebek justru berkembang. Total pangsa pasarnya naik menjadi 6,54 persen mengalahkan motor sport dengan 6,17 persen.
  • Suzuki Smash mempunyai dua tipe, yaitu Smash SR FI yang dibanderol Rp 16.850.000 dan Smash R FI seharga Rp 16.100.000, Harga terakhir sebelum di suntik mati OTR pulau Jakarta 2021

Suzuki Smash Injeksi

Kilas balik Suzuki Smash FI pada 22 Maret 2017 Ada info resmi dari pulau Jakarta dnegan judul New Suzuki Smash FI Terlahir Kembali, berikut adalah press releasenya.

Launching Suzuki Smash FI Dan Address di GIIAS 2017
Launching Suzuki Smash FI Dan Address di GIIAS 2017

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menghadirkan salah satu model sepeda motor legendaris di kategori low underbone. Siapa yang tak kenal Suzuki Smash, motor bebek yang telah terkenal gesit, kencang, tangguh, dan irit sejak lama.

Guna memenuhi permintaan motor dengan karakter tersebut yang masih cukup tinggi di berbagai daerah, Suzuki kembali melahirkan Suzuki New Smash FI dengan mempertahankan keunggulan performa, ketangguhan serta konsumsi bahan bakar yang irit dengan tagline baru ‘Tarikannya Dahsyat!’.

Kebutuhan pasar terhadap karakter motor yang melekat pada Suzuki New Smash FI, terutama di daerah-daerah yang tingkat pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat seperti pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur, menjadi penggerak kelahiran dan penjualan kembali Suzuki New Smash FI di Indonesia. Dengan target konsumen berusia dewasa yang memiliki profesi sebagai pekerja atau wirausaha dengan tingkat mobilitas yang tinggi, Suzuki New Smash FI siap menemani aktifitas sehari-hari dengan kepuasan berkendara, kehematan biaya dan kemudahan perawatan.

Suzuki berekspektasi model ini dapat dijadikan kendaraan operasional dalam skala besar di berbagai Perusahaan baik Negeri maupun Swasta, karena biaya operasional yang sangat rendah dan hemat, serta sangat mudah dan nyaman digunakan sehingga mengurangi tingkat kelelahan pengendara.

Mengusung mesin 115cc LEaP Technology (Light, Efficient and Powerful) yang minim gesekan dan tingkat kebisingan rendah, dipadukan dengan teknologi fuel injection yang dikendalikan oleh ECM (Electronic Control Module) Suzuki yang teruji dapat menghasilkan tenaga dahsyat namun tetap minim mengkonsumsi bahan bakar.

Bagasi penyimpanan di bawah jok sebesar 8,0 liter sangat fungsional dan membantu pengendara membawa barang-barang tertata rapih dan aman dari hujan. Fitur Safety Shutter Key menjamin keamanan lubang kunci dari tindak kejahatan dengan penutup magnetik. Sasis dan rangka dibuat dengan material yang kuat dan telah teruji di ajang Suzuki Jelajah Negeri, dimana motor dikendarai melintas berbagai daerah dan kontur jalan sejauh ribuan kilometer.

Guna memenuhi respon pasar terhadap Suzuki New Smash FI yang kebanyakan berasal dari perusahaan, SIS mentargetkan penjualan sebanyak 500 unit per bulan secara Nasional. Besarnya peluang penjualan saat ini hingga masa depan, membuat SIS segera melakukan distribusi produk mulai pertengahan Maret 2017 ke dealer-dealer Suzuki di Tanah Air.

Beragam warna dari 2 tipe yang dihadirkan memberi pilihan tampilan yang stylish bagi konsumen. Selain itu, Suzuki New Smash FI juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau agar bisa dengan mudah dimiliki setiap orang yang membutuhkan kendaraan dengan mobilitas tinggi.

MODEL

WARNA

HARGA

New Smash FI SR

(Cast wheel)

Pearl Frash Green – Brilliant White

Rp 13.650.000,-

(On The Road Pulau Jakarta)

Candy Summer Red – Titan Black

Titan Black

New Smash FI R

(Spoke wheel)

Pearl Frash Green – Brilliant White

Rp 12.850.000,-

(On The Road Pulau Jakarta)

Candy Summer Red – Titan Black

Titan Black

Terkait penjualan Suzuki New Smash FI, Pak Yohan Yahya selaku Dept. Head Marketing & Sales 2W selaku PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan,

“Suatu kebanggan bagi Suzuki bahwa New Smash FI masih kembali dipercaya dan menjadi kebutuhan dasar transportasi masyarakat, terutama di daerah-daerah terutama selain pulau Jawa.  

New Smash FI memang sanggup memenuhi persyaratan ketangguhan, keiritan dan kedahsyatan tenaga untuk melintasi berbagai karakter jalan yang menantang”.

Spesifikasi New Smash FI

SPESIFIKASI

New Smash  FI R

New Smash FI SR

Mesin

4 –  stroke, 1 cylinder, Air cooled

Volume silinder

113 cc

Dimensi P x L x T (mm)

1.910 x 690 x 1.085 (mm)

Bagasi

8,0 Liter

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Kapasitas Tangki BBM

3,7 Liter

Berat Kosong

93 Kg

94 Kg

Jarak Terendah dengan Tanah

145 mm

Suspensi depan

Teleskopik, pegas ulir, bantalan oli

Suspensi Belakang

Lengan ayun, pegas ulir, bantalan oli

Rem depan

Cakram

Rem Belakang

Tromol

Velg

Spoke

Cast Wheel

Ukuran Ban Depan

70/90 – 17 M / C 38 P

Ukuran Ban Belakang

80/90 – 17 M / C  44 P

Selamat jalan Suzuki Smash Injeksi, mohon maaf saya belum sempat ambil foto/ ambil vidoe karena memang jarang ketemu motor bebek baru di dealer. Ada pemirsa yang punya? monggo om komentarnya,

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.