Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor? Curigai Komponen Ini! Aerox Fazzio Grand Filano R15C R15M Freego

5
2965

Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor?

., salam pertamax7.com, Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor ? Curigai Komponen Ini

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Yes We Are Connected.

Tahun lalu, Pertamax7.com membaca komentar dari pemirsa yang bertanya-tanya, All New Yamaha NMAX ABS Connected-nya kok boros aki? Lalu saya tanya balik, apakah motor harian atau jarang dipakai? Dijawab, motor harian, baru setahu sudah minta ganti aki ..

Hmm, saya penasaran dengan pertanyaan ini, masak Yamaha All New NMAX Connected boros aki …  dan komentar semacam ini mulai sering saya temui dengan ciri knob keyless tidak bisa dipencet .. kalaui motor jarang dipakai memang kemungkinan aki bisa ngedrop dengan cepat, namun kalau motor harian? marti kita beda satu persatu

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor, Curigai Komponen Ini

Dengan asumsi dasar motor baru, tentu aki masih prima, sistem pengisian aki juga masih OK. Namun kenapa motor harian dalam pembahasan ini adalah motor Connected Yamaha seperti Yamaha NMAX Connected, AEROX Connected, R15C, R15M, Fazzio dan Yamaha Grand Filano hybrid kok akinya mudah tekor, perlu ditelisik sumber masalahnya seperti modifikasi kelistrikan.

Misalkan motornya standar, tidak ada ubahan kelistrikan, tidak utak-atik kabel namun kok akinya mudah sekali ngedrop. Maka yang patut dicurigai jika motor connnected Yamaha itu boros aki adalah unit CCU alias Communication Control Unit yang mengalami masalah seperti panas bahkan ada yang leleh bau gosong.

Partner
IRC
Honda
FDR

Kenapa CCU ini menjadi komponen yang perlu dicurigai? pada model NMAX, AEROX, R15M dan R15C tempatnya agak tersembunyi, mungkin saja terlewat saat dicek. Dan memang sudah banyak yang mengeluhkan motornya bermasalah akibat CCUnya panas.

Letak CCU Yamaha NMAX ABS Connected

Jadi, bagi pemirsa yang mengalami aki mudah tekor ini adalah motor Yamaha Connected, jika pemirsa mengalami hal tersebut, bisa langsung CEK CCU-nya, panas atau tidak ( coba di pegang secara langsung ), dan cek fisik terlihat ada yang terbakar atau tidak.

Salah satu ciri CCU bermasalah selain panas, bau gosong, maupun leleh, bisa ditandai dengan sulitnya pairing/ koneksi antara smartphone ke Sepeda motor. Jika mengalami CCU rusak, kalau masih ada garansi monggo segera klaim saja ke bengkel resmi Yamaha yang bersetatus ACS ( Authorized Claim Shop ). Selama masa klaim ini motor bisa dipakai normal meski tanpa CCU namun tidak bisa terkoneksi alias tidak ada fitur Connected-nya.

CCU Yamaha NMAX Connected Fazzio Aerox R15 Terbaru

Dengan kata lain, misal sudah tidak ada garansi CCU/ masa garansi habis, dan konsumen tidak mau beli unit CCU baru, motor Connected Yamaha bisa kok dipakai normal tanpa pemasangan CCU, jadi cabut saja dengan konsekuensi ya fitur connectednya hilang.

Catatan : Jika sudah Cabut CCU, coba cas dulu AKI yang tekor gara-gara CCU bermasalah, siapa tahu masih bisa tertolong ketimbang beli aki baru.

Link ponsel pintar ( di sini )

Sejatinya, CCU Yamaha itu irit daya listrik karena cuma butuh daya kecil dengan spesifikasi Bluetooth 4.2 2.75 dBm daya cuma 1.88 mW dan Bluetooth 5.0 2.59 dBm butuh daya cuma 1.82 mW dengan catatan jika itu dalam kondisi normal. Lha Kalau CCU sampai konslet dan rusak? ya beda cerita om, bisa nyedot arus aki terus menerus dan menyebabkan aki nge-drop.

Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor Aerox fazzio grand filano
Aki Yamaha NMAX Connected Sering Tekor Aerox fazzio grand filano

Mungkin ada pemirsa yang punya motor connected Yamaha seperti All New NMAX Connected maupun NMAX ABS Connected, All New Yamaha Aerox Connected, Yamaha R15 Connected, Yamaha R15M dan Yamaha Fazzio Hybrid Connected? jika mengalami aki mudah tekor, coba deh cek dulu CCUnya, panas atau tidak? supaya lebih yakin bisa dicabut saja CCUnya dan cek motor apakah kembali normal atau tidak.

Ada yang sudah mengalami? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.