Perawatan Rantai Motor Yamaha : Mudah Kok

1
118

Perawatan Rantai Motor Yamaha

., salam pertamax7.com, Perawatan Rantai Motor Yamaha : Mudah Kok

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Rantai Mania. 

Info resmi dari Yamaha Indonesia Semakin Di Depan dengan judul Perawatan dan Penggantian Rantai Sepeda Motor, Konsumen Wajib Pahami.

Berikut adalah berita resmi dari pulau Jakarta sana. Rantai merupakan salah satu komponen penting pada jenis motor bebek dan sport, yang berperan sebagai penggerak kendaraan. Energi gerak motor yang dihasilkan dari kinerja mesin ke roda belakang terjadi berkat daya yang diteruskan oleh rantai.

Mengingat pentingnya fungsi rantai, maka konsumen wajib memperhatikan perawatannya sehingga bagian tersebut selalu dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu kinerja maksimalnya dapat mendukung kelancaran aktivitas berkendara penggunanya.

Pak Riyadi Prihantono selaku Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan :

”Rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek, yang berfungsi sebagai penerus tenaga ke roda belakang, karenanya perlu mendapatkan perawatan rutin. Kondisi rantai yang aus akan mempengaruhi kinerja rantai.

Untuk itu, Yamaha memberikan sejumlah poin perawatan yang bisa dilakukan konsumen, dan kondisi yang harus diperhatikan apabila perlu dilakukan penggantian komponen,”

Adapun indikator rantai sudah tidak layak digunakan atau rusak adalah mengeluarkan suara yang berisik, permukaan rantai aus, rantai mudah kendur, tarikan motor terasa berat, tenaga motor tidak maksimal.

Partner
IRC
Honda
FDR

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Perawatan Rantai Motor Yamaha

Gearset Warna Velg belakang Yamaha Vixion 150 Matte Blue

Berikut panduan perawatan dan penggantian rantai sepeda motor dari Yamaha :

Perawatan rantai motor YAMAHA

1.Periksa kekencangan, kelancaran dan kondisi rantai serta gear rantai.

-Penyetelan rantai tidak boleh terlalu kencang ataupun longgar, kekencangan rantai harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan.

-Batas kekencangan rantai (free play) ada pada buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm. Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya, sementara jika terlalu longgar bisa terlepas dan merusak komponen lainnya.

Untuk menyetel rantai motor YAMAHA, perhatikan hal berikut :

-Posisikan kendaraan pada tempat yang datar, gunakan main stand / standar tengah agar motor dalam keadaan seimbang dan roda belakang dapat diputar dengan bebas.

-Putar roda belakang beberapa kali dan cari posisi paling kencang.

-Periksa kelonggaran rantai, jika diluar spesifikasi lakukan penyetelan.

Setelah dilakukan penyetelan, gerakkan rantai, lalu cek kelancaran gerakan rantai dan kondisi gear rantai. Jika terjadi keausan lakukan penggantian gear set beserta rantai.

  1. Setel dan lumasi dengan cairan pelumas rantai yang direkomendasikan.

Selain menjaga kekencangan rantai sesuai batas yang ditentukan, pelumasan juga harus dilakukan agar rantai bergerak dengan lancar tanpa terganggu kotoran dan debu yang biasanya akan menempel dan menyebabkan karat sehingga gerakan rantai tidak lancar dan dan gear rantai cepat aus.

-Hindari melumasi rantai menggunakan oli bekas atau oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau yang direkomendasikan karena akan menyebabkan rantai akan cepat berkarat, renggang, kaku dan gear rantai cepat aus.

Perawatan Rantai Motor Yamaha
Perawatan Rantai Motor Yamaha

Penggantian-rantai dan gear set motor YAMAHA

-Penggantian rantai dilakukan jika kondisi rantai sudah kaku dan renggang, kondisi tersebut tetap tidak berubah meskipun sudah dilakukan pembersihan, pelumasan, atau penyetelan.

-Gear rantai yang aus adalah salah satu penyebab rantai longgar. Jika keausan mata gear sudah di luar spesifikasi, biasanya rantai akan tetap longgar meskipun sudah kita stel maksimum. Lakukanlah penggantian satu set gear rantai yaitu gear kecil dan gear besar.

Jangan lupa juga selalu periksa rantai setiap 500 – 1.000 km atau sehabis motor dicuci. Lakukanlah perawatan dan penggantian rantai di bengkel resmi Yamaha, karena perawatan rantai adalah salah satu item pengerjaan service.

Penggantian Rantai Motor Yamaha XSR 155 Standar Tengah

Semoga sudah jelas ya om, rawat rantai motormu.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.