Gejolak Aktivitas Jual beli Mobil Mewah Terhadap Kenaikan PPnBm 125-150% 19 April Mendatang #Press Release Carmudi.co.id

-Berita pers-

Gejolak Aktivitas Jual beli Mobil Mewah Terhadap Kenaikan PPnBm 19 April Mendatang

lamborghini galardo

Jakarta, 17 April 2014 – Anda pecinta mobil mewah dan berencana untuk membelinya dalam waktu dekat? Jika iya, sepertinya Anda harus mulai berfikir dua kali untuk membeli mobil mewah tersebut, karena pemerintah akan menepati janjinya dengan memberlakukan kenaikan tarif pajak penambahan nilai barang mewah (PPnBm) pada 19 April mendatang.

Mobil yang di impor secara utuh completely build up (CBU) sekelas Porsche, Ferrari, dan Lamborghini, akan terkena tarif baru PPnBm sebesar 125-150%, dari sebelumnya yang hanya 75%. Tentunya, ini akan berdampak cukup signifikan terhadap penjualan di pasar mobil mewah Jakarta.

Namun, salah satu pelaku usaha jual beli kendaraan mobil mewah bekas menyatakan pandangannya kepada Carmudi, bahwa hal tersebut tidak terlalu berdampak serius kepada penjualan di dealernya. ”Saya mengetahui tentang rencana kenaikan PPnBm tersebut yang tinggal menghitung hari kedepan, tetapi sampai hari ini saya tidak merasakan dampak yang sangat serius terkait dengan kebijakan pemerintah tersebut, terhadap penjualan mobil mewah yang saya jual. ”, ujar Ferry Susanto, pemilik dealer mobil bekas Xli Mobilindo, WTC Mangga Dua.

Menurut Ferry, justru dengan kebijakan baru pemerintah menaikan tarif PPnBm cenderung berdampak positif untuknya, sebab customer yang sebelumnya berencana membeli mobil mewah baru, akan berfikir dua kali dan mungkin beralih untuk membeli mobil mewah bekas, pasalnya tarif pajak mobil mewah bekas akan dikurangi dengan nilai penyusutan kendaraan tiap tahunnya, berbeda bila mereka membeli mobil mewah tersebut dalam kondisi baru. Sehingga, tarifnya pun tidak akan sangat berdampak dan berbeda jauh sekalipun adanya kenaikan tarif pajak mendatang.

garuda-indonesia-bersama-ferrari-indonesia-mengadakan-lelang-ama-201112191046136664

Berbeda dengan Ferry, country director dari situs jualbeli kendaraan online Carmudi Indonesia, Wouter van Der Kolk, berpendapat kenaikan PPnBm mungkin akan menyebabkan penurunan pertumbuhan pasar mobil mewah di Indonesia pada jangka pendek . Namun, ada kemungkinan bahwa pada jangka panjang pasar ini akan terus tumbuh dengan kuat. Karena umumnya mobil mewah yang sangat mahal sering diidentikkan dengan simbol status seseorang, dan hanya mereka yang mempunyai duit melimpah yang dapat memilikinya. “Menurut saya, untuk sebagian besar dari kaum elit , kenaikan pajak ini tidak akan menjadi penghalang utama untuk membeli mobil mewah favoritnya. Selain itu, fakta lainnya menunjukkan bahwa kaum elit yang terbentuk kurang dari 2% penduduk sebelumnya, kini semakin tumbuh dengan kuat di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pesatnya pertumbuhan ekonomi di negara ini dan akan terus meningkat kedepannya”, lanjut Wouter van Der Kolk

Bagaimanapun, pilihan terakhir ada pada Anda, masih berniat memiliki mobil mewah kondisi baru maupun bekas berkualitas? Carmudi bisa menjadi solusinya.

Carmudi merupakan situs jualbeli kendaraan online yang menawarkan berbagai macam kendaraan bekas berkualitas tinggi dan Anda dapat menemukan mobil idaman Anda dengan harga terbaik mulai dari kendaraan mewah sekelas Porsche, Ferrari, dan Rolls-Royce hingga kendaraan city car keluarga dengan harga bersaing.


press rilis dikirim oleh sis almira livia dari ( carmudi.co.id ) lewat surel pada hari Rabu 16 April 2014 pukul 20.22

semoga berguna

39 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan