pasang BUSI sepeda motor hati-hati waspada slek bahkan busi patah

siang gan, sekedar berbagi info

^ membuka mudah, kalau menutup????? aka memasang,, pie hayooo

memasang busi memang pekerjaan sepele, namun,… kalau ngak hati-hati bin waspada, bisa bisa busi tersebut merusak drat busi jadi slek atau malah businya patah dan tertinggal didalem, opo ra ngeri mas bor?

busi atau bahasa kerennya spark plug merupakan komponen fital di mesin bensin yang berguna untuk melentikkan bunga api dengan interval tertentu guna membakar campuran bensin dan oksigen yang telah di kompress menjadi  ledakan mesin guna membangkitkan  tenaga…, pasang  busi pun ada aturan tersendiri supaya tidak rusak businya atauu mesinnya

ane kutip dari om imam bengkelsepedamotor pake jurus kungfu katanya 😀

pasang busi

Yang ini seperti jurus kung-fu 8 penjuru mata angin, busi bekas (ring-nya sudah gepeng) setelah masuk dengan diputar dengan tangan sampai rapat, ditambah lagi 1/8 putaran, 90 derajat = 1/4 lingkaran, dibagi 2 lagi jadi 1/8, posisikan tangan seperti gambar, dorong kunci sampai segaris dengan posisi telapak tangan.

masih bingung?

yang jelas, kondisi mau buka busi maupun tutup busi , mesin dalam keadaan dingin yak 😀

dan di buku petunjuk motor pemirsa pasti ada cara pasang busi bukan ( bagi yang punya bukunya, udah dikasih dealer atau yang mau baca 😀 ) ada ketentuan dan peringatannya, ya ujung2nya slek atau malah patah seperti inibusi patah

kalau ane sih, putas busi pake tangan sampe mentoookkk, trus pasang kunci busi, kencengin dikit aja, udah 😀

ojo ngoyo, dol malah repot 😀

so, hati hati ya gan

biaya bongkar mesin, trus ke tukang bubut, lebih mahal dari se ekor busi 😀

so, mencegah lebih baik dari mengobati…

semoga berguna

met aktipitas kembali 😀

89 KOMENTAR

  1. bongkar pasang busi, yg sangat penting ialah jangan dilakukan dalam kondisi blok silinder masih panas. MINIMAL, suhunya sudah bisa ditoleransi alias bisa disentuh jari tanpa terluka.

  2. ati2 jangan kaya motorku. Motorku baru2 ini ngedrat ulang lobang businya,,, busi masih miring di kencengin pake kunci busi.

  3. nganu mbliz. kadang nek busi baru masih seret. takutnya kalo belum kenceng. kalo saran dari bengkel feeling juga dipakai. kalo udah nggak keputer yo jangan dipaksa asal kira-kira udah pas.

  4. apalagi matic ngorok yg kompresiy 11:1 tapi premium ready?? tiap bulan minta ganti busi bisa tepok jidattt…

  5. Kl yg ud patah dratnta bisa di buka tanpa ke bengkel buat bongkar head. Pake aja tap balik.. bisa search google deh. Ati2 deh buat pemakai busi td* sama bos*h. Dua merk itu yg sering kejadian. Ane ud alami sendiri tuh pk td* di mx pas pasang tll kenceng pas dibuka malah patah dratnya. Buat bosc* kejadiannya banyak dialami user bmw.

  6. kalo saya mah, kencengin pake tangan sampe mentok, trus tambah dikit pake kunci
    kalo hbs dr bengkel, nah mesti kenceng banget masangnya… 😈

  7. tapi banyak juga loh kasus busi gosong… Disitus pabrikan jg dimuat kok keluhannya

  8. oalah kui fotoku busi patah,gampang keluarine…cuma pake obeng minus terus di puter ke kiri….

  9. satu lagi, jangan sekali2 bongkar ama pasang ketika mesin masih panas,
    kalau bisa pas mesin dingin, misal pagi2 setelah semaleman didiemin

    ama nutupnya jangan terlalu kenceng, dah 2x patah ulir businya ane en nyangkut di mesin, 2x pula bongkar mesin di bengkel, hahaha

  10. Terkadang bengkel juga ngawur buka pasang busi,trutama saat bengkel rame,jls para mekanik trkesan buru2.
    Apa lg saat mengencangkan msh pake kunci “T”,aduh jan,skali ane service,saat buka busi susah bgt.
    Makanya skarang tiap bongkar atau gnti busi mending ane krjain sendiri,syukur dh brkali2 ane bongkar pasang busi gk prnh masalah

  11. Wah pernah tuh kejadian sm king 97 saya gan,udah lama sih,businya lompat pas lg digeber motornya..tangki bagian bawah langsung penyok..

  12. Padahal ada aturan torsinya, beda merk busi dan motor beda torsi,,, tp harus pake alat khusis pengukur torsi,,,

    Yang paling baik cabut pasang busi pas mesin bener2 dingin, bukan hangat apalagi panas, karena saat mesin dingin (pas pagi hari sebelum dipanasin) maka lebih mudah dilepas businya dan kalo dipasang kekencangannya ideal, karena kalo busi dipasang dalam keadaan dingin banget malah ketika mesin dipanasin kekencangan busi akan meningkat, jadi kalo ente pasang busi pada saat mesin hangat atau panas, maka kalo mesin dingin busi bisa longgar, bermasalah lalo ketika manasin mesin,,, kekencangan yg ideal adalah kalo mesin dingin (dipagi hari) busi kencang dan saat mesin hangat hingga panas busi juga kencang, bukan terlalu kencang,,,

  13. busi patah jadi 2

    kemaren iseng pasang busi sendiri di Vario 125 ,.ngk cpr9…… karena ke kencengan hasilnya busi patah,… saat itu motor pas keadaan dingin,. drat ketinggalan di dalam buring, busi bener” tinggal separo, untung sebelum saya pasang, drat saya lumurin dulu pakai oli baru, .sedikit, .. pertama panik, trus tenang” dulu…. ternyata drat yang ketinggal berbentuk lubang… akhirnya sedikit demi sedikit tak masukin obeng mines…..tak puter ulang keluar, ternyata bisa…. akhirnya drat yang ketinggal bisa di ambil deh, tanpa ke tukang bubut..,… kemudian beli busi baru, dan pasang lagi…. kali ini sukses…

    ariawan ganteng…

  14. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a colleague who was doing a little homework on this.
    And he in fact bought me breakfast simply because I discovered it for him…
    lol. So let me reword this…. Thanks for the meal!!
    But yeah, thanks for spending time to talk about this issue
    here on your web site.

  15. Mantep neh artikelnya…setelah saya membaca ulasannya saya akan menjadi lebih hati hati lagi saat membuka busi…memang benar sih kalau terlalu keras kemungkinan akan patah…manteplah gan ini sangat bermanfaat…

Apa Komentar Pemirsa ?