kanvas kopling yamaha new vixion berbeda dengan yamaha old vixion

pagi gan, sekedar cerita dan berbagi

pertamax7.com 229 (Small)

ternyata, kanvas kopling yamaha new vixion berbeda lho sama kanvas kopling yamaha old vixion

cek katalogue

ini susunan kanvas kopling yamaha old vixion bandingkan dengan susunan kanvas kopling yamaha new vixion

kanvas kopling yamaha new vixion vs old vixion

klik untuk memperbesar, atau ane tampilin yang gede nih ( kurang baik apa sih ane ๐Ÿ˜€ )

kanvas kopling yamaha old vixionkanvas kopling yamaha new vixion

terlihat jelas perbedaan susunan, dimana

  yamaha old vixion yamaha new vixion
7 boss clutch rata ada sekat
plate cluth

3C1-E6324-00

2S6-E6324-00

plate frcition

3C1-E6321-00

50C-E6321-00 4

plate friction 2 3C1-E6331-00

1PA-E6331-00 1

plate friction 3 3C1-E6307-00 tidak ada

PLATE, SEAT

C1-E6384-00 1

tidak ada

SPRING.,CUSHION

3C1-E6383-00 1

tidak ada

kode awal berbeda, disamping itu, plate friction 3 di yamaha old vixion tidak diketemukan pada yamaha new vixion

terlihat lebih banyak susunan plat gesek dan kanvas kopling yamaha old vixion

padahal seperti yang kita ketahui bersama, kanvas kopling ini piranti penting dalam sebuah seoeda motor dalam mentransfer tenaga dari kruk as ke girbox

nah, kalau tenaga yamaha old vixion 15 PS on the crank disalurkan sebegitu banyak mekanisme plate friction dan kanvas kopling, kenapa di yamaha new vixion disunat walau mentransfer tenaga 16,59 ps on the cranK?

mungkin ahli ahli disini mau analisa nih ๐Ÿ˜€

nah, kalau kanvas yamaha old vixion dipasang di yamaha new vixion apa yang akan terjadiโ€ฆโ€ฆ

 

semoga berguna

met siang met aktifitas kembali ๐Ÿ˜€

 

 

 

www.pertamax7.com sedang ujian

65 KOMENTAR

    • apanya yang ilang? saran dr ane kalo udah nulis komen di copy dulu, kan kalo ilang g di copy dulu nyesek poll apa lagi kalo ngetik nya panjang ๐Ÿ˜€
      _____

      wah ipan ngelantur ini, kan yang bener tenaga nvl 19 ps, yang bener yang mana ini?

  1. Di grup nvl jg ada pan yang udah bahas ini,rumah koplingnya nvl lebih kecil dr old vixion,eh setelah diganti dengan rumah kopling old vixion + kampas kopling scorpio,makin joss tarikannya,itu lebih kecil buat nekan biaya x ia

  2. di group FBnya Yamaha New V-ixion Riders ada yg posting tentang kampas kopling Old Vixion dibenamkan di NVL. katanya tarikan lebih maknyus dari biasanya.

  3. ayo yang jago yamaha dijawab. jgn bisane cuma BC produk sebelah tapi ga ngerti produk yg dibela. aku wis kadung tuku New Vixuion nih…

  4. disinyalir untuk menekan cost aka downgrade
    wong velg warna hitamaja katanya kemajuan,kan itu costdown
    ah yamaha pinter ngeles

  5. part dg kode 3C1-E6307-00 bukan tidak ada,tapi mengalami pergantian kode menjadi 1PA-E6331-00 (yang pada vixion lama kodenya penampangnya seperti part dg KODE:3C1-E6321-00 atau 3C1-E6307-00),sedang plate friction 2 berubah bentuk menjadi full friction sehingga PLATE, SEAT(C1-E6384-00 1) dan SPRING.,CUSHION(3C1-E6383-00) di tiadakan karena berdasar analisa kedua part ini membuat kampas kopling menjadi mudah selip ketika motor mencapai KM di atas 10000KM.apalagi jika pengendara suka main kopling/sering di daerah kemacetan.
    dengan aplikasi part dari adiknya(5OC=kepunyaan jup MX) mungkin ini untuk menekan biaya produksi,namun secara kualitas dan dillihat dari segi gesekan plate frictionnya mampu menyalurkan daya mesin secara optimal.
    jika new vixion memakai susunan persis seperti old vixion pasti kampas kopling mudah mengalami ke ausan/cepat ganti karena power new vix lebih besar di banding old VIX.

    pada VIX OLD sebenarnya jika mengalami selip kopling cuma ganti PLATE<FRICTION 2(3C1-E6331-00) saja performa sudah kembali normal.part ini pada vixion old mudah aus karena ada nya PLATE, SEAT(C1-E6384-00 1) dan SPRING.,CUSHION(3C1-E6383-00).

    ini cuma analisa sederhana saja.mungkin ada salahnya minta maaf

  6. ini mirip banget ama punya scorpio (mungkin loh ya) secara di scorpio ga ada judder spring nya, dan dengan kata lain ganti kanvas lebih murah harusnya (harusnya loh ya) dan lebih compatible lagi dengan punya scorpio, dan kalau distribusi tenaga ke ban bukannya tangan kiri yg ngatur ya? hahahaha – pasti abah2 jepun udh pikirin ๐Ÿ˜€

  7. jare koncoku sing biasa ngarit (koncoku iki nganggo nvl lek) iso nganggo kampase old piksen…..

  8. NVL yg kal-bar,kanvas koplingnya mungkin lebih sedikit lagi ya…karena powernya 19,6 ps…
    kwek kwek kwek

  9. Nunggu suhu ahli mesin brkomentar ๐Ÿ˜€

    klw dikurangi untuk menekan kost kayaknya gx deh, toh tenaga malah naik ๐Ÿ˜€

  10. cuma beda di judder spring atau kampas slip, artinya tanpa itu kampas slip new vixy jelas terasa lebih responsif & terasa hentakannya.
    (fungsi judder spring buat mengurangi hentakan, krn itu di sebut kampas slip)

    istilahnya old pake 4 kampas besar + 1 kampas kecil
    new vixy pake 5 kampas besar

  11. wooohh.. disunat 3 ps toh kang? bukane 19.6 ps ya??
    duh duh duh… cepek deh..

  12. @treex, kampas kopling kecil juga berfungsi sebagai sirkulasi oli cmiiw, kalau tidak ada kira-kira gimana bro? memang sih lebih responsif jika kampas ukuran besar semua.

    • Ane malah baru tau itu kampas sbg sirkulasi oli ๐Ÿ˜€
      yg ane tau kampas slip diaplikasikant awalnya untuk safty dan kenyamanan (diterapin lebih dulu ke motor2 moge bertega besar) jd tiap bukaan kopling mengurangi hentakan & dan penyaluran tenaga ke roda belakang gak liar (lebih halus)

      tp kl buat motor2 disini anggap aja buat kenyamanan (kan powernya kecil2)

      biasanya yg pake tiger yg doyan kecepatan pada lepas tuh kampas slipnya selain ganti per biar akselarasi lebih cepat, ane sendiri pake pulsar jg ane lepas itu kampas kecil & diganti kampas besar semua
      kl diamati dengan seksama gak ada petunjuk atau jejak kl itu kampas kecil sebagai sirkulasi oli (oh ya pulsar 135 ane pake kampas tiger) (sotoy mode : ON)

      • Sama bro, saya baru tahunya ketika ganti kampas kopling di bengkel resmi, biasanya ganti di bengkel umum, mekaniknya komentar waktu melihat kampas kopling sudah dirubah menggunakan ukuran besar semua. katanya sirkulasi olinya tidak bagus kalau diganti kampas kopling ukuran besar semua. Itu yang menjadi pertannyaan saya sampai sekarang, hehe, terkadang pendapat tiap mekanik berbeda-beda.

  13. aduuuh. fbh baik2 ya orangnya. nggak ada yg nyela serius. beda sama fby banyak nyelanya: klotok2, mika leleh, tangki karat bocor, shock ingusan, fuel pump karatan, cat ngelotok, frame karatan, njiplak, 162 kpl bbm. saya bukan fby loh. tapi fb rak.

  14. Motor2 baru skrang udah g pk judder spring & seat judder (motor pk 4 kanvas besar, 1 kanvas kecil), u pengoptimalan tenaga tanpa byk gesekan.. Old CBR 150ku jg (masih pk judder spring) ak ganti dgn kanvas & plat kopling New CBR 150 (pk 5 kanvas besar), untuk teknik slip kopling lebih enak..

  15. klo dilihat secara bodo yg membedakan mencolok adalah ada dan tidaknya part yg namanya spring cushion sama plate seat,klo di old vixi ada. di nvl ga ada,klo di honda komponen ini nammnya judder spring(tiger lama sama megapro series 160 cc),fungsinya supaya lebih smooth pas lepas kopling/mengurangi hentakan,tapi memang lebig mengakibatkan kanvas kopling cepet selip klo ditambah cara pake yg kurang pas(sering nggantung kopling),n tiger sejak 2011/sejak mata 2 ilang,dah ga pake lagi,begitu juga nvl mengikuti bererti,supaya kanvas kopling lebih awet,juga lebih menggigit,kemungkinan lo,..

  16. murah mas,beli aja punya new mx atau punya mx th 2012,satu set g lebih dari 120rb(tergantung toko penjualnya)

  17. brarti rumah kopling nvl dan new jupiter mx sama juga ya om?
    kalo diliat dari sparepartnya banyak yang mengadopsi punya jupiter mx, kode rumah koplingnya pun sama cuma beda kode motornya aja antara 50C sama 1PA

  18. Motor ane kemarin pas di penanjakan bromo juga gtu gannn..
    Tau2 gabisa jalan pas main setengah kopling.
    Ganti kampas kopling sampai brpa gan??
    Soalnya kemarin smpai skrg cuman ane mentokin aja stelan koplingnya..

  19. MYotor ane kemarin pas di penanjakan bromo juga gtu gannn..
    Tau2 gabisa jalan pas main setengah kopling.
    Ganti kampas kopling sampai brpa gan??
    Soalnya kemarin smpai skrg cuman ane mentokin aja stelan koplingnya..

      • @ipanasea kampas kopling scorpio lebih tebal dikit, gk masalah juga, tapi saya lebih nyaman pakai kampas kopling ori vixion, kemarin saya beli 145, dengan 4 kampas besar 1 kecil,
        Pir kopling pernah saya ganti merk racing, tarikan lebih responsif saat itu pkai kampas kopling daytona, namun tarikan yg responsif jg ada efek, untuk memutar mesin dengan tenaga besar membutuhkan bahan bakar lebih, tidak banyak. Pernah pir racing itu saya bubut pinggiran sisi nya, lebih enteng tarikan tuas, tpi efek dari bbut itu membuat membuka kampas jadi tidak rata, agak miring, dan akhirnya kmbali ke pir yg lama.
        Pernah juga coba pir kopling megapro, lebih enak jg, kemudian dengan perbandingan tersebut saya kembali ke pir standart old vixion.

        • Tambahan, untuk juder spring, saya pernah melepas komponen tersebut, tarikan memang responsif, tpi saat saya melakukan penurunan gigi (down shift gear) agak keras, kasihan juga gigi drive gear sama gear box.x,, kalau cuma buat harian gk perlu banyak rubahan, mending standart.x saja,
          Pernah juga pakai 6 kampas kopling, smua pakai kampas besar, dengan penerapan 4 kampas dibubut sisi.x luar dalam dengan pengurangan 0.4 mm, terus 2 kampas tidak dibubut, aturan pemasangan pertama 1 kampas utuh, kedua plat, ketiga kampas dan sterusnya smpai yg terakhir kampas utuh, tarikan seperti menunggang kuda jingkrak.

Apa Komentar Pemirsa ?