Kipas Radiator Yamaha New V-ixion meleleh? gagal bekerja kah?

Pertamax7.com, Jum’at kemarin ane mendapat email keluhan om Anton yang mengabarkan kalau yamaha new Viixon Lightning temannya mengalami kerusakan dibagian kipas radiatornya, … yaitu meleleh gan, fotonya ini

Kipas Radiator Yamaha New V-ixion meleleh samping

kronologinya?

Yamaha New Vixion Lightning bernopol D-3805-JV keluaran 2013 yang sudah berumur 14.450 KM dipakai touring bandung-tasik-bandung pada Jum’at sampai Sabtu 31 januari sampai 1 februari 2014,  pas berangkat kerja kondisi macet, tiba2 indikator overheat nyala. Pas diperiksa kipas radiatornya gak nyala dan meleleh.Temen saya sudah klaim ke bengkel resmi tetapi tidak diterima bro, hrs beli dg harga 400rb lebih.

Kipas Radiator Yamaha New V-ixion meleleh

gambar 1

motor kipas seperti mau lepas, maju kedepan, alhasil kipasnya nempel ke radiator yang panas, tapi kenapa yang leleh bagian yang berhubungan dengan as motor?

gambar 2

nemu kunci, sebuah lubang mur pengikat motor kipas radiator seperti melar, alhasil bikin motor kendor dan bisa jadi leleh

intinya kipas radiator gagal bekerja….. nah hal ini menurut ane sih karena…

1. kena goncangan di jalan, kipas kendor, harusnya muter malah baling-baling kena radiator?

2. ya baut pengikatya kurang kencang?

3. terlampau overheat, karena

4. volume air radiator dibawah standar atau terjadi kemacetan extreme

5. faktor oli?

6. apes….

mungkin ada yang mengalami kejadian apes ini? sambil mencari jawaban kok baut atas bisa panas dan bikin leleh dudukannya….

mengenai tidak bisa klaim ane menduga kalau kipas ini bukan termasuk garansi kelistrikan khusus/tertentu yamaha new vixion…( FYI : garansi kelistrikan khusus/ tertentu , mungkin mencakup sistem injeksi adalah 2 tahun atau 24.000 KM )  atau oleh dealer yamaha terkait ini dianggap kelalaian pengguna, mengenai harga kipas radiator memang Rp. 400 rebuanradiator yamaha new V-ixion

harga radiator yamaha vixion

kalau harga radiator seset Rp. 799.000

kalau cuma kipasnya saja Rp. 405.000

kalau cuma radiatornya ane ndak tahu, di website yamaha tidak disebutkan…

saran dari pertamax7.com

1. check teratur sistem pendingin air

2. check kelistrikan

3. check volume air radiator di reservoir

monggo di analisa

semoga berguna

201 KOMENTAR

  1. Awas hati2 meleleh trus mledak dan terbakar………???

    Ngakunya sport? Sempurna dunia akherat???

    Ngoahahahaaa…….

  2. gak boleh dibecek, soalnya yamaho global yang laku keras cuman di indo doank… 😆

    ntar kalo MSnya mengkeret mau jualan apa ntar???
    masa tinggal gitar ama suling??? 😆

    salam 3% gak laku diluar negeri

  3. Itu kah motor kebangga’an y*maha….
    Hmmmmmm gak yakin, kelewat irit kali bensinya jdi over heat
    Wong turun temurun boros maksa ngirit….
    -kipas kobong
    -asep putih
    -mesin kasar pke bgt
    -speedo ngembun
    -velg rompal dll
    Ada yg mau nambahin hehehehe…..

    • Ada paket ancur lagi broo. .

      1. Mesin kemlothak
      2. Skok biting bocor
      3. Tangki kemasukan air
      4. Giginya rompal
      5. Mika meleleh
      6. Tutup njendol antena tower
      7. swing arm jebol
      8. lemot padahal dohc padahal boros ?

    • -slebor blkg mirip kipas tmennya kera sakti
      -headlamp mirip siluman kura2
      -ban gambot kyak arem2

      • kalo bawa vaksin serasa paling kenceng dengan gaya berkendara alay….. giliran ketemu ninin 2 tak ngumpet masuk gang

        • gak perlu ketemu 2tak ketemu bebek cengengeswan 125cc aja langsung minggir cek bak

          wakakakakakakakak

      • Pahe, paket hemat ahm. .

        Akhire mtore ambrol. .
        KAkean downgrade, dohc pake ban sepeda jengkih yo buanter

        Isa nyelip ninja 250, yg bane bocor
        Wkwkwkwk

  4. apa! cuman baling-baling kipas aja harganya SETENGAH JUTA.
    yah namanya juga MOCIN…partnya lebih mahal dari motornya. ngoahahaha

  5. Tumben comencongnya sepi, g terima/gmna ne.
    Ndan NVL Klotok-klotok+ngebul ‘berasap yg kluar di edis tabloit Otoplus, knpa g sx’n aja dbikin artikel Baru d Pertamax.7.com.
    FBY,FBH,FBK,FBS,DLL mkanya jgn sling caci.

  6. postingan ciri khas blog ini
    gak mau berubah jadi lebih baik
    seperti katak dalam tempurung

  7. Kenapa kalo ada masalah dari motor Honda kok jadi rame banget, di-blow up sampek jadi meme?
    Tapi kalo motor Yamaha ada masalah, cuma dianggep angin lalu?

    Tanya kenapa?

    • Cz pengen produck ahm lebih berkwalitas, klo yamaha itu produk sudah sempurna plastiknya tebel2 bukan kwalitas ember plastik, mesinnya turunan motogp, bukan dohc abal2 mesin jahit, rangkanya delta box aluminium alloy, bukan pipa ledeng karatan, peleknya turunan pelek kereta api, tahan mpe 1 abad….makanya beli motor yamaha…..motor kuencing, irit, gagah dan mewek….

  8. Mungkin karena kotoran yg menyumbat di sela-sela lubang kipas radiatornya kang… Biasanya musim hujan gini orang males nyuci motor, sehingga kotoran menumpuk di sela-sela lubang kipas dan mengakibatkan kipas tidak bisa membuang udara panas dari mesin secara maksimal, makanya kipasnya meleleh…

  9. sebagai pengguna NVL ikut prihatin. yamaha gimana nih. masuk garansi ya ganti dong.

    kalo teman saya kipasnya muter terus. kebalik

  10. Ganti kipas CPU aja mas, beli kipas radiator yamaha harganya bikin sakit hati, ternyata kualitas motor sekarang jelek banget ya, untung motorku shogun 110, wkwk

  11. muke gile,cuma kipas aja mahalnya minta ampun

    mending dibeliin heatsink laptop dpt buanyakk
    terus ntar dipasang didepan,blkg,n samping radiator
    kalo sisa dtaruh ddpn ridernha biar sepoi2
    ngoahahaha.:mrgreen:

    • Tambahin dikit dpt blok mesin….ga salah tuh radiator ma mesin mahal radiotarnya? Mesin dapat subsidi dari motogp ya? Pantesan….kuenceng amat…

      • kok beda dikit dari blok silindernya ????
        disinyalir mesin daur ulang kaleng krupuk lha punya temen ane ngebul terus di silindernya ada kebiru2an gitu loh khas kaleng krupuk

  12. Bakal jd santapan gerombolan kuambing nih, ovi ane sdh hmpir 7thn Alhamdulillah aman2 aja…

  13. tumben sekarang ada bahan bc buat nvl. kalo nggak ada si ipan pasti di cap antek2 yimm sama gerombolan somplak.

    ane juga bosen sebenarnya lihat cacat motor lain yg itu. banyak men.

  14. Hallah..
    Gt aja jd bahan becean..
    Klo rusak ganti napa?? Beres!
    Ga honda ga yamaha podo ae penyelesaiannya..
    Klo rusak yo diperbaiki,repot amit..
    Eh ini rusak mlh mulut brbusa,pke fitnah lg ckckck..
    Salam satu hati

    • di indo kualitas motor tu rendah smua, dan sama aja, klo mau bgus yaa built up aja..
      motor kalo gak trima yaa buat aja motor asli indo, tp inget riset sm model jgn nyontek honda yamaha dll

      • lha wong kanzen aja dibece sama FB yang suka menjelek2an desain motor lain

        u know lah fb yang suka jelek2in desain motor lain

  15. Mesin teruji mata syampah kecoa macam jaos, peyek,,mbah darmo..
    Eitss tdk lupa surya suampah,,,
    Tpi meleleh,, bs2 bikin terbakar ni kyk mio,,
    Ini yg bener2 harus direcall,,,

  16. intinya kipas radiator gagal bekerja….. nah hal ini menurut ane sih karena…1. kena goncangan di jalan, kipas kendor, harusnya muter malah baling-baling kena radiator?2. ya baut pengikatya kurang kencang?3. terlampau overheat, karena4. volume air radiator dibawah standar atau terjadi kemacetan extreme5. faktor oli?6. apes….

    YANG NO 7.KARENA TERHALANG PLAT NOMOR, YANG SEHARUSNYA
    DTEMPOLIN DI JIDAT MALAH DI TARO DI BAWAH NUTUPIN KIPAS RADIATOR YA GITU DEH JADINYA………pengguna aka pans boy yamaha kan kaya gitu ngutamainn tampilan tapi nggak mentingin jeroan mesinnya………

    • no7 bikin ngakak… gimana cara pelat nomor bawah nutupin kipas radiator? kipasnya dibelakang radiator kok.

      • hahaa baca yg k 7 bikin ane geleng2 doank.
        nie org tau gha sie letak kipasnya dmn?
        trus mksudnya mngehalangi angin gitu?

        emang angin cuma dari depan doang, emang angin cuma searah doank. trus emang klo plat taro d bawah bener2 nutupin radiator smpe 100% ketutupan eah.

        gha malu mas nulis gitu,, org pinter tuh gmpang jdi bego klo lg ngeBC

        • kenapa pabrikan membuat plat nomer nya di JIDAT, karena memang agar tidak menghalangi angin mengarah ke radiator GOBLOK…. makanya kalo fby di baca dulu tulisan lama dan kenapa semuanya dibuat begitu sama pabrikan, OTAK di gedien bukan cuma JIDAT doang

    • He tong kalo mau ngemeng dipikir dulu pake otak oon lu

      #salam kipas meleleh swingarm panci

    • kalo gak pake pelindung radiator, radiator jadi penyok penyok kena kerikil di jalan. alhasil kerja radiator kurang maksimal. serba salah emang.

    • Kl menurut FBY terlalu mahal ya pake kipas maspion aja men… “Cintailah Ploduk Ploduk Iiiiiiiindonesia”……..

  17. pny yemen saya as roda depan rompal,klaimx nunggu 1 minggu,walaupun klaimnya gratis.tapi temen saya nyesel dunia akhirat beli cb 150 r

  18. wkwkwk ,,, fby ga terima sesembahannya ternyata banyak kekurangannya layaknya motor merk lainnya ,,, devisi bc sebelah mana ya , ko ngilang kayak ditelan bumi , yg muncul kloningan berwajah baru ,,, wwkwk

  19. Yoh Di recall, mumpung NVL ku dah nyentuh 8000km. ntar buat beli NVL lagi pa R15..mantab. Pokok e no Honda, ntar ndak dikira motor yang beli in ortu..hahahaha. pisss….

    • Bener men kl honda apalagi CBR, banyak kembarnya di jalan. mending R15 aja…. gk ada nemu di jalan men, sepi… ayo mumpung masih numpuk di gudang IU men… FBY kan kaya2, pasti motornya mahal2… malu dong sama cbr 45 juta banyak y beli. tunjukkan FBY bisa beli motor Yamaha lewat IU…

  20. mungkin kotoran di radiator menahan putaran blade padahal motor tetap berputar, alhasil pada bagian as nya rusak dan terlihat seperti meleleh… terjadi pada cb temen ane juga… intinya perawatan gan bukan dari motornya…

    • kalo disini intinya motornya. motor apapun akan jadi jelek kalo bermasalah. dan dipukul rata, semua motor begitu.

  21. sorry sebelumnya buat fby . kejadian kipas meleleh sebnernya sudah terjadi sama motor kakak ane. Sebelum kipas meleleh juga terjadi kopling keras dan suara kasar. Mungkin dari sisilah mesin panas. kipas muter terus.. plus kotor. Disimpulkan disini mesin nvl emang gak luput dari kekurangan. Jadi terima dengan lapang dada aja. Gak usah ngeyel palagi jelekin motor honda. Malu maluin keliatan begonya.

    • Elu kemakan omongan momok sob. Nvl itu pake ya pertamax plus. Setara sama cb. Lah pada ngeyel isi premium. Ya melelehlah tub mesin

  22. opo ora eman duite,
    kanggo tuku motor anyar,
    mergo kowe mung diapusi,
    motor anyar DOWNGRADE disasi,,,
    asssiiik,,,

    sudah kubilang,
    yg beli nvl & cbsf itu orang2 yg tertipu
    udah tertipu, bangga lagi sama ketertipuanya
    kendooo, kendo, utek ke kendo

    salam recall

  23. mx saia wkt berumur 1tahun juga sm kasus nya seperti itu,malah sampe bocor radiatornya penyebabnya lantara kipas?
    Deteksi paling gampang jika di bw nanjak terasa berat,berarti kudu di cek tuh radiator sm kipas.

    Saran ane si,mending di buat tombol manual arus kipas nya?ini karena otomatis kipas,berputar sering terlambat pada terperatur suhu radiator?terbukti setelah di buat manual mx ane sudah 6 tahun ini masih jos,biar 1 1/2 tahun rajin ganti aki.
    dari pd kena radiator plus mesin,iya toh ?

  24. bagi fby ama fbh mulai sekarang dah jangan saling bc. Fby sebenrnya juga suka manas2in. Mending puji sisi positifnya dan kasih solusi produk lain klo ada kekurangan. Klo dah kejedot gini keliatan barang yang dipuji ternyata kualitasnya ancur jadi malu….

  25. pake supra, udah 5 taun aman2 aja kok…
    beli mtor cm bwt gaya2 aja sihh, gak ada manfaatnya jd gt dehh, smua sama aja, selama sama2 bisa nenggak premium smua sama

  26. Dugh gk NVL gk CBSF sama banyak masalahnya untung ane gk beli 2 motor ini :p jd buat FBY sama FBH mending ngaca dlu deh sama produk sesembahnya sblum BC….. 😀

  27. tak prnh dibersihkan itu, kotoran menumpuk. Btw sing penting radiator motorku sehat wal afiat, tinggal nunggu lounching ninja mono buat nemeni si stereo sm dtracker
    ekeke

  28. Gear Starter Honda CB150R rompal ??? segera klaim …
    pertamax7.com/…/gear-starter-honda- …
    2 Jan 2014 … kejar tayang gigi tonggos tapi gampang
    rompal … … Crankshaft CB150r rompal ga dibahas pan?

    nech ggi d bwt dr cmpuran tepung beras yakk…
    ngoahahahahahah…

      • FBY KALAP, BENTAR LAGI URING2AN NIH NAIK PIKSEN NYA DI JALAN SEMUA MOTOR DI GRUSAG2 BEGITU LIAT CB150R OVERBORE LANGSUNG DI ASEPIN… UJUNG2NYA PIKSONNYA DI BAKAR.. HEHEHE

        • udah jelas para FBY bahkan jendral mereka kayak jaos & suryati gak ngerti mesin motor cuma ngerti nampang

          ganteng tapi lemot mimin udah ada tuh malah jauh lebih nggaaantteeenggg

  29. Sumber masalah dari bunyi “ctak” saat cb ane d
    starter. .
    Trnyata gear starter bner2 udah rompal dan habis
    semua tuh gear, jd sekarat tuh cb g bsa d jlanin. .
    Tapi pihak dealer mau usahain biar ttep bisa jlan
    meskipun cuma pake engkol. .
    dikarenakan ketiga kerusakan ini sudah lama terjadi,,
    sudah di atasi dengan klaim ke ahass….
    eh katanya ada tabloid otomotif yang juga
    mengangkat masalah rompalnya gear starter honda
    CB150R ini..
    pertanyaannya, kenapa bisa rompal,, itu yang bikin
    bingung…
    1. neken gear starter kelamaan…?
    2. kompresi mesin yang besar… kurang bisa diatasi
    oleh si gear starter?
    3. dapet apes dengan komponen yang kurang bagus?
    4. faktor X….

    whohohoho…. trnyata fbh malah raja kibul.mash g malu bilg juoosssss… nyebur aj ke wc…..

    • Produk gawean menungso ora ono sing sempurna bro…
      nggak yamaha, honda, suzuki atau merk apalah… pasti ada kekurangan dan kelebihan masing-masing…

    • FBY kalap sesembahannya yang sempurna tiada tara ternyata cacat lemot pulak……

      hahahahahahaha

  30. kasus kayak gini bagi divisi bc fby giat banget tuh sebagai bahan bc dengan catatan ditempokin sayap ngepak.
    mana ni GONGGONGAN surya.. kok gak nampak dari tadi

  31. sonic temen sy ga di isi air radiator(kosong), turing bandung-sayang heulang-bandung aman jaya..

    kayaknya itu cacat produksi deh, 1 diantara 1000 aja.. kalo maasalahnya krna guncangan pas berkendara, eh buset, berarti cuma boleh bw motor d sirkuit dong?? harusnya yamaha investigasi dulu, cek motor kipasnya lebih detail.. parah.. sekali lg, komponen radiator (kipas, casing kipas, dinamo/motor kipas, selang, dn radiatornya) itu biasanya di desain tahan panas dan tahan basah..

  32. Hmm… lcbsf ane mlh radiatore bocor pan… gr2 jatuh menghantam batu… susah pan nyari spare parte… dah inden 2 bln lum dpt

  33. mw gak cpet pnas gmana mesinnya, lah wong punya abang ane dbwt jln 30-an km udah krasa pnas bget mesinnya krsa bgt dikaki lho, ya mga z gak mpe leleh kipasnya soalnya lum ane tnyain ke abang ane, tp ane yakin hmpir smwa NVL emg cpet pnas msinya.

  34. ============================

    Soal kipas NVL yg meleleh mah cuman 1 dari 100 rb.
    Kipas CBSF jg ada yg meleleh lebih parah lg tuh…….

    ============================

    • penyembuah berhala detected

      salam kipas meleleh
      salam gak berani nyentul
      salam sil klep bochor
      salam tangki bocor (padahal udah rata)
      salam lemot (alay ajah ga mau pake)
      salam nyogok majalah ( tigor juga pernah sih)
      salam ngebul ala 2tak

  35. salam kipas meleleh
    salam klep kemrosohc
    salam ngebul
    salam sil klep meleleh

    motor lemot kok banyak masalah mending sebelah dong kencang & banyak masalah juga

  36. nih motor emang lebih sedikit penyakitnya tapi nyebar kayak flu babi kalo sebelah parah tapi gak nular kayak kanker yang ngeluh nvl udah puluhan tpi yang ngeluh cbsf orangnya itu2 juga

  37. emang nvl motor serba salah
    balap dikepreti cbsf
    kalo turing performanya ngedrop sampe2 dikepreti nmp

    salam jual tampang

  38. klothok2 udah gak ada
    prolink patah udah dikonfirmasi ternyata ditinggin sama usernya
    lemot ???? lemotan juga sebelah
    gir rompal ternyata orangnya yang itu2 juga

    kalo nvl keluhannya gak separah cb tapi yang ngalamin jauh lebih banyak dari user cb

  39. gerombolan fby lagi nangis di kolong jembatan karena sesembahannya juga penyakitan & lemot pula

    huahahahahahahahaha

  40. kemaren FBY bilang selera orang indihe murahan suka sama yang tifis bodinya, catnya jelek.
    orang indihe lebih kritis kalo soal otomotif gak selalu soal merk /idola mocinGP/ganteng lebih prioritas motor irit,kencing eh kencang, awet

  41. makanya jangan percaya dengan tampang apalagi percaya sama FBY udah tau 99,99% FBY tuh tukang kibul

  42. yang jelas, saya pribadi masih lebih percaya sama yimm dibanding ahm untuk motor batangan dan bebek. sparepart ahm biasanya indent lama nya minta ampun dan itupun blm pasti bisa dapat setelah indent. beda dengan yimm.

    berdasarkan pengalaman pribadi

    • ITU KARNA ELU GOBLOK, AHM ADA FASILITAS KOMPLAIN FREE PASS, ATAU TOLL PASS, LANGSUNG VIA DILER RESMI KE PUSAT, BIAR INDENT GAK LAMA. KEPO DIPIARA, DARIPADA PUNYA YAMAHA SPERPART RONTOK KWALITAS MOCIN SEMUA… TAHAN LAMANYA KURANG

      • bahkan saya sudah menghubungi pusat via email dan sampe ditelpon balik bahkan sampe diarahkan di ahass pusat daerah saya. tapi tetap tidak bisa menjamin ketersediaan sparepart dalam kurun waktu tertentu

        saya sudah menjalani prosedur kok bro. seperti kata saya di atas, berdasarkan pengalaman pribadi

      • gak usah goblog goblog in orang mass, biasa aja, kasih tau kalo dia gak tau, arahkan ke jalan yg benar, lewat prosedur yg mana yg terbaik. kalo niatny cuma mau maki maki orang, jangan disini.

Tinggalkan Balasan