jump to navigation

Tarif PNBP Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan ( NRKB ) menurut PP 60 Tahun 2016, Pilih Pelat Nomor Cantik mu Desember 29, 2016

Posted by ipanase in : info otomotif, otomotif, pertamax7.com , trackback
KTM Indonesia

Pertamax7.COM,   Tarif PNBP Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan ( NRKB ) menurut PP 60 Tahun 2016, Pilih Pelat Nomor Cantik mu

 Tarif PNPB Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor NRKB Pilihan


Tarif PNPB Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor NRKB Pilihan

pemirsa pengen nomer kendaraan cantik? sekarang tarifnya sudah jelas om..  info dari @lantasresmadiun

daripada salaha mengartikakan maksud dari Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan

NRKB

monggo baca artikel panjang dari dispenda.jabarprov.go.id dibawah ini


TNKB

TNKB

Pada tanggal 19 Januari 2015 tahun lalu, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor atau yang biasa kita kenal dengan Samsat. Samsat bertujuan untuk memberikan pelayanan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pembayaran pajak atas kendaraan bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (SWDKLLAJ) secara terintegrasi dan terkoordinasi dengan cepat, tepat, transparan, akuntabel, dan informatif. Dari tujuan diatas dapat kita simpulkan bahwa ruang lingkup pelayanan Samsat ada tiga, yaitu a. Registrasi dan Identifikasi (Regident) kendaraan bermotor (Ranmor); b. Pembayaran pajak atas kendaraan bermotor; dan c. Pembayaran SWDKLLAJ.

Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor yang selanjutnya disingkat Regident Ranmor adalah fungsi Kepolisian untuk memberikan legitimasi asal usul dan kelaikan, kepemilikan serta pengoperasian Ranmor, fungsi kontrol, forensik Kepolisian dan pelayanan kepada masyarakat melalui verifikasi, pencatatan dan pendataan, penomoran, penerbitan dan pemberian bukti registrasi dan identifikasi Ranmor, pengarsipan serta pemberian informasi. Penyelenggaraan Regident Ranmor dilaksanakan secara sistematis, profesional, unggul, terpadu, berkesinambungan, dan akuntabel melalui Sistem Manajemen Regident Ranmor.

Sebagaimana dikutip dari Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, ada lima fungsi dari Regident Ranmor, yaitu untuk :

a. tertib administrasi, dalam rangka:
1. terjaminnya keabsahan Ranmor dan kepemilikannya serta operasional Ranmor dalam rangka mewujudkan perlindungan dan kepastian hukum
2. terwujudnya sistem informasi dan komunikasi Regident Ranmor sebagai bentuk tertib administrasi sebagai landasan penyelenggaraan fungsi kontrol  dan forensik kepolisian

b. pengendalian dan pengawasan Ranmor, dalam rangka:
1. pemberian dukungan pengendalian jumlah dan operasional Ranmor
2. pengawasan Ranmor yang dioperasikan

c. mempermudah penyidikan pelanggaran dan/atau kejahatan dalam bentuk:
1. penyediaan data forensik kepolisian untuk mendukung penyidikan kejahatan yang terkait dengan Ranmor
2. penyediaan data untuk dukungan proses penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas

d. perencanaan, operasional Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam rangka penyediaan data untuk mendukung:
1. perencanaan manajemen kapasitas dan kebutuhan lalu lintas dan angkutan jalan
2. perencanaan manajemen dan rekayasa infrastruktur lalu lintas dan angkutan jalan
3. operasional dan manajemen rekayasa serta pendidikan lalu lintas dan angkutan jalan

e. perencanaan pembangunan nasional dalam rangka penyediaan data untuk mendukung:
1. pembangunan di bidang jalan
2. pembangunan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan
3. pengembangan industri dan teknologi lalu lintas dan angkutan jalan
4. pembangunan di bidang lain yang terkait dengan lalu lintas dan angkutan jalan.

Penerbitan dan pemberian bukti Regident Ranmor dalam hal pengarsipan, meliputi penandatanganan, pencetakan dan penyerahan:
a. BPKB;
b. STNK;
c. TNKB;
d. Surat Tanda Registrasi Pengoperasian (STRP); dan
e. Tanda Nomor Registrasi Pengoperasian (TNRP).

BPKB adalah dokumen pemberi legitimasi kepemilikan Ranmor yang diterbitkan Polri dan berisi identitas Ranmor dan pemilik, yang berlaku selama Ranmor tidak dipindahtangankan. BPKB sekurang-kurangnya memuat:
a. NRKB;
b. nama pemilik;
c. alamat pemilik;
d. nomor kartu induk kependudukan;
e. merek;
f. tipe;
g. jenis;
h. model;
i. tahun pembuatan;

Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor yang selanjutnya disingkat NRKB adalah tanda atau simbol yang berupa huruf atau angka atau kombinasi huruf dan angka yang memuat kode wilayah dan nomor registrasi yang berfungsi sebagai identitas Ranmor. NRKB terdiri dari:

A. Kode wilayah.
Kode wilayah terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) huruf yang ditempatkan pada bagian awal NRKB. Satu kode wilayah dapat diberlakukan pada 1 (satu) atau lebih wilayah Regident Ranmor.

B. Nomor registrasi.
Nomor registrasi berupa:
a. kombinasi angka dengan seri huruf;
Ditentukan sebagai berikut :
1. Angka pada nomor registrasi berdasarkan jenis kendaraan yang terdiri dari 1 (satu) sampai dengan 4 (empat) angka secara berurutan dan penempatannya setelah kode wilayah.
2. Seri huruf pada nomor registrasi terdiri dari 1 (satu) huruf atau 2 (dua) huruf yang penempatannya setelah angka pada nomor registrasi.

b. kombinasi angka dengan atau tanpa seri huruf pilihan
Berupa kombinasi angka dan/atau tanpa seri huruf pilihan pada nomor registrasi berdasarkan permintaan dan ditempatkan setelah kode wilayah serta membayar
biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai peraturan perundang-undangan. Sedangkan Nomor Registrasi berupa kombinasi angka tanpa seri huruf yang dialokasikan untuk pejabat negara tingkat pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta TNI/Polri yang diatur dalam perkap ini, tidak dipungut biaya PNBP.

c. kombinasi huruf pilihan dengan seri angka.
Kombinasi ini diberikan berdasarkan permintaan dan dipungut biaya PNBP, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. huruf pilihan terdiri dari 1 (satu) atau maksimal 7 (tujuh) huruf yang berupa nama orang sesuai kartu identitas.
2. seri angka pada nomor registrasi terdiri dari 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) angka yang penempatannya setelah huruf pilihan.
3. kombinasi huruf pilihan dengan seri angka pada nomor registrasi sebagaimana dimaksud pada nomor 1 dan 2, ditempatkan setelah kode wilayah.

Pemilik Ranmor yang menggunakan nomor pilihan, setiap 5 (lima) tahun mengajukan permohonan dan membayar biaya PNBP, apabila pemohon tidak mengajukan permohonan untuk menggunakan nomor pilihan lagi, diganti dengan nomor NRKB sesuai urutan dan tidak dipungut biaya PNBP nomor pilihan. NRKB pilihan yang sudah tidak digunakan lagi karena kendaraan bermotor diperjualbelikan / balik nama / mutasi ke luar daerah, dapat digunakan untuk kendaraan bermotor lain dengan membayar biaya PNBP sesuai peraturan perundang-undangan.

Dengan peraturan diatas, kita jadi tahu bahwa wajib pajak dapat memiliki NRKB pilihan bagi kendaraan bermotor yang dimilikinya selama mengikuti prosedur permintaan dan pemberian NRKB pilihan yang telah diatur oleh peraturan Korlantas Polri.


Pelat nomer

Pelat nomer

Last,, pertamax7 suka yang cantik-cantik lho.. namun nomer kendaraan cantik kok belum ada minat hehehe, gimana kalau pemirsa? monggo

irfan-
Semoga berguna Gan
ikuti berita terbaru dan silaturahmi via
•    email : pertamax7blog@gmail.com
•    Facebook : pertamax7.wordpress.com
•    twitter : @ipanase
•    Google+ : ipanase megison
•    Intagram : pertamax7
•    nike+ : pertamax7
Wonogiri Sukses

 

 

About these ads

Komentar»

1. Yoko - 12/29/2016

Buanyak

2. gowes - 12/29/2016

berarti sblmnnya penetapan tarif buat nopol cantik gimna yak?
disesuaikan dgn kantong oknum kali yak

andri - 12/31/2016

sebenarnya tarif resmi pilih plat nomor sudah ada, biayanya sekitar Rp. 400 ribu. hanya saja pada prakteknya banyak oknum yg minta lebih dari itu.

jadi kalau petugasnya jujur (atau sedang ada inspeksi dari pusat), bisa dapat plat nomor cantik dengan modal hanya Rp. 400 ribu saja. ini berdasar 2 kali pengalaman pribadi ngurus plat nomor cantik mobil dan motor cukup dengan Rp. 400 ribuan saja.
tapi kalaupun oknum petugas menaikkan tarifnya, umumnya hanya sekitar Rp. 1 – 2 juta saja, kecuali untuk plat nomor tertentu yg seharusnya tidak untuk umum, biasanya mereka minta lebih dari itu.
dengan peraturan baru ini berarti biaya resminya naik lebih dari 10 kali lipat bila dibandingkan sebelumnya, belum lagi kalau ditambah mark-up dari oknum.
sepertinya plat nomor dengan kombinasi angka unik akan makin jarang terlihat di jalanan.

fajar ps - 01/05/2017

Bulan desember 2017 besok ganti plat .. sedangkan skrg kluar peraturan baru .. apa iya kalo pengen tetep bayar 5 juta 🙁
w 4000 ss motor kesayangan

3. yoga - 12/29/2016

Pasti yg paling banyak pakai no Pol cantik atau no Pol pilihan kendaraan roda 4 atau mobil klo motor ato mocil pasti orangnya mikir 100000000000X, buat sehari2 aja masih takut beli bensin apalagi beli no Pol cantik yg seharga motor, wuahahahahahaaa…
Jgn lupa ini Blog anak motor jd komen HARUS DAN WAJIB SEPENDAPAT dan BERGAUL KEBAWAH SPY KATANYA DIBILANG MAU MERAKYAT TP KLO GAK MAU DIANGGAP SOMBONG (TAU SENDIRI LAH POLA PIKIR BIKERS)

Yukk gw tunggu PEMBELAAN DAN PEMBENARAN DR KOMENTATOR TETAP YG TERSINGGUNG DGN KOMEN GW KRN DIANGGAP REALISTIS JADINYA DIANGGAP SOMBONG tp diajak berpikir PROFESIONAL GAK MAU, MAUNYA YG BERSIFAT MUNAFIK, hadeehhhh….. Berarti didunia blog HARUS MELUPAKAN AKIDAH/AGAMA DEMI UANG RECEH DAN DISENENGIN DGN YG LAIN, wuahahahahahaaa…. Makan tuhh semua pantes aja kehidupan nya monoton gt2 aja gak ada kemajuan (Sorry bukan sombong tp realistis lah klo bicara)

4. yopyop - 12/29/2016

bagus lah ada harga resminya, soalnya selama ini harga pasaran plat nomor gelap banget dan biasanya “oknum’ bisanya diliat dari merk mobil yang didaftarin. Kalo mobil eropa, lebih mahal biasanya.

5. yoga - 12/29/2016

Pasti yg paling banyak pakai no Pol cantik atau no Pol pilihan kendaraan roda 4 atau mobil klo motor ato mocil pasti orangnya mikir 100000000000X, buat sehari2 aja masih takut beli bensin apalagi beli no Pol cantik yg seharga motor, wuahahahahahaaa…
Jgn lupa ini Blog anak motor jd komen HARUS DAN WAJIB SEPENDAPAT dan BERGAUL KEBAWAH SPY KATANYA DIBILANG MAU MERAKYAT TP KLO GAK MAU DIANGGAP SOMBONG (TAU SENDIRI LAH POLA PIKIR BIKERS)
Yukk gw tunggu PEMBELAAN DAN PEMBENARAN DR KOMENTATOR TETAP YG TERSINGGUNG DGN KOMEN GW KRN DIANGGAP REALISTIS JADINYA DIANGGAP SOMBONG tp diajak berpikir PROFESIONAL GAK MAU, MAUNYA YG BERSIFAT MUNAFIK, hadeehhhh….. Berarti didunia blog HARUS MELUPAKAN AKIDAH/AGAMA DEMI UANG RECEH DAN DISENENGIN DGN YG LAIN, wuahahahahahaaa…. Makan tuhh semua pantes aja kehidupan nya monoton gt2 aja gak ada kemajuan (Sorry bukan sombong tp realistis lah klo bicara)

6. ardiantoyugo - 12/29/2016

wuih…

7. yoga - 12/30/2016

Pasti yg paling banyak pakai no Pol cantik atau no Pol pilihan kendaraan roda 4 atau mobil klo motor ato mocil pasti orangnya mikir 100000000000X, buat sehari2 aja masih takut beli bensin apalagi beli no Pol cantik yg seharga motor, wuahahahahahaaa… Jgn lupa ini Blog anak motor jd komen HARUS DAN WAJIB SEPENDAPAT dan BERGAUL KEBAWAH SPY KATANYA DIBILANG MAU MERAKYAT TP KLO GAK MAU DIANGGAP SOMBONG (TAU SENDIRI LAH POLA PIKIR BIKERS) Yukk gw tunggu PEMBELAAN DAN PEMBENARAN DR KOMENTATOR TETAP YG TERSINGGUNG DGN KOMEN GW KRN DIANGGAP REALISTIS JADINYA DIANGGAP SOMBONG tp diajak berpikir PROFESIONAL GAK MAU, MAUNYA YG BERSIFAT MUNAFIK, hadeehhhh….. Berarti didunia blog HARUS MELUPAKAN AKIDAH/AGAMA DEMI UANG RECEH DAN DISENENGIN DGN YG LAIN, wuahahahahahaaa…. Makan tuhh semua pantes aja kehidupan nya monoton gt2 aja gak ada kemajuan (Sorry bukan sombong tp realistis lah klo bicara)

8. Bhendjol - 12/30/2016

Beuhhhhh…. ngalamat melayang harga satu motor baru buat perpanjangan nomer taon depan…

Ganti ahhhhh

9. Gunwis - 12/30/2016

Bbn bpkb naik sampe 300%..dari 80.000 menjadi 225.000..bikin pusing klo punya kendaraan walo bekas

10. followers benefit - 01/05/2017

followers benefit

Pertamax7.Com –Tarif PNBP Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan ( NRKB ) menurut PP 60 Tahun 2016, Pilih Pelat Nomor Cantik mu – Pertamax7.Com –



%d blogger menyukai ini: