Motor Matic dilarang naik Gunung Bromo, Kenapa?

pertamax7.com setelah 2011 lalu mobil pribadi dilarang naik bromo ( mungkin kecuali jeep, hardtop dan sejenisnya kali yak )

motor matic dilarang naik bromoper Agustus 2014 silam, giliran motor matic yang dilarang naik ke bromo

nah, sebagai yang diketahui bersama, gunung bromo adalah salah satu tujuan utama klub motor maupun komunitas, menjadi salah satu gunung yang bisa di daki dengan motor memang menjadi kebanggaan tersendiri, walau memang jalanan terjal nan ngeri sampai yamaha vixion, R15 dan honda CB150R pun jebol disana

  1. Yamaha New Vixion Turun Mesin Setelah Pulang dari Bromo, Kanvas Kopling aus, Oli mampet, nih Tips nya
  2. Kini Yamaha R15 di Gendong Honda GL Pro di Bromo
  3. Yamaha Vixion mogok di gendong Honda GL di Bromo [ lagi ]
  4. Dulu Yamaha New Vixion di Gendong Honda GL, Kini Honda CB150R Streetfire, Kejamnya pasir Bromo
  5. Yamaha New Vixion diBonceng Honda GL MAX 125 karena Mogok di Bromo, kenapa yak?

yamaha R15 mogok di bromo di gendong honda GL pro yamaha new vixion mogok di gendong honda GL di gunung Bromo honda CB150R mogok digendong Honda GL pro di Bromo

usut punya usut, dilarangnya motor matic naik bromo ini menurut beritajatim.com diakibatkan oleh jalanan rusak dan banyaknya motor jenis matic yang mengalami kecelakaan saat menerjang bromo, disebutkan oleh Ayu Dwi Utari kepala alai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), matic bukan untuk kawasan gunung, bebatuan debu dan pasir, banyak matic yang jatuh di “segoro wedi”

nah, motor matic memang seakan tanpa punya engine brake, saat menurun curam di gunung bromo maka kinerja rem akan ekstra, kalau gosong kanvas ( baik kopling maupun rem ) ya wasalam naik MPROO deh,,, ( sebutan gL PRO )

karena ini sudah 2014 lalu, apa kabar ya 2015 ini, apa masih berlaku? entahlah soalnya yamaha soul gt 125 kemaren kesini je

Tour de Soul naik All New Soul GT 125 menyusuri kawasan Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur (3)

last, kapan ya ane bisa ke bromo, jauh je

ikuti berita terbaru dan silaturahmi via

55 KOMENTAR

    • Pada dasarnya orang lokal sudah lama dan paham betul cara melibas tanjakan Bromo, sedang para pelancong yaitu petouring baik dengan mobil dan motor yang sudah kecapekan pasti akan drop setibanya langsung menanjak Bromo.
      Saya ke Bromo pakai SUV diesel 4×4 terbaru pernah dibuat kewalahan menanjak karena tidak paham medan, sangat berbeda dengan orang lokal yang sangat mahir hanya menggunakan SUV Hardtop jadul namun mereka sudah terbiasa sehari-hari serta hapal betul kondisi medannya.
      Jadi sebenarnya hanya faktor kebiasaan saja, dan itu menjadi lahan bisnis mereka warga lokal agar angkutan lokal baik mobil angkutan dan ojek motor tetap bertahan.
      Pengalaman, pernah touring rombongan SUV offroad 4×4 dari luar kesulitan menaklukan tanjakan Bromo karena semua rombongan tidak paham detail jalur, ini jadi makanan empuk para warga lokal yang menawarkan jasa angkutan SUV Hardtop bututnya, padahal mereka bisa lihai menanjak karena sudah terbiasa sehari-hari, istilahnya lubang semut pun mereka warga lokal paham posisinya. 😀
      Lalu dari semua kejadian pengalaman, maka terbentuk opini kalau mobil SUV Hardtop jadul lebih kuat nanjak dan lebih tahan mesinnya. Sebenarnya bukan itu, seperti yang saya ceritakan pengalaman diatas, mereka warga lokal sekitar Gunung Bromo setiap harinya sangat-sangat sudah paham, hapal luar dalam kondisi serta tata cara melibas tanjakan di Bromo dengan jenis kendaraan yang mendukung aktivitas mereka.
      Kalaupun masalah motor skutik dilarang ada benarnya juga karean karakter skutik itu sendiri.
      Namun sempat saya menguping dari tokoh setempat pernah akan melarang semua jenis kendaraan pengunjung untuk naik ke atas Bromo, walaupun kendaraan pengunjung itu mobil SUV 4×4 atau motor TRAIL super canggih sekalipun!
      Kenapa?
      Ya karena semua demi mata pencarian warga lokal agar terus berjalan, angkutan ojek motor jadul dan SUV Hardtop lawas supaya tetap laku jadi sarana transportasi wisata disana.

  1. Bluecore ternyata kuat juga ya..? Bisa naek k bromo tanpa problem.
    Boleh jadi referensi nih motor……
    Honda kuat juga ga ya kalo d suruh nanjak gunung…..

  2. lhah,emang gak recommended pake matic,,bisa pun juga harus brani N gak bncengan
    dulu pernah ksini naik supraX 125,,New Smash,,ama Shogun 110,semuanya boncengan
    yg dwean pas pake beat lawas

      • wah gk paham Om kalo di Lembang,,jalannya bagus dan mulus mungkin
        di Bromo itu gk cuman turunan atau tanjakan tajam,,jalan rusak itu jg Om yg dwaspadai,,parah dahh,,trutama dr penanjakan ke arah lautan pasirnya

      • Karena Lembang bukan kompleks Taman Nasional seperti di Bromo Tengger Semeru. Lembang adalah kota kecil tempat peristirahatan dan letaknya dilalui oleh jalan raya biasa antar provinsi dan antar kota, seperti di Kota Batu – Jawa Timur. Gunung Bromo adalah tempat wisata yang letaknya khusus dan menjadi titik tujuan para pelancong. Tidak ada jalan raya antar provinsi dan antar kota biasa.

  3. Paling bahaya mungkin kemampuan engine brakenya, bukan hanya di bromo, seluruh turunan tajam sangat berbahaya untuk matic, smg rekan2 rider memperhatikan hal ini, di turunan ijen juga terjsdi, malah makan korban jiwa bbrapa kali

  4. wes tho mendingan naik bebek kalo mau ke bromo, g perlu was-was ataupun takut kampas kopling gosong. mau naik sport ya monggo asalkan paham karakter medannya, jalo ngga ya siap2 digotong GL Pro. mau naik matic yo silakan, asalkan g panik pas di turunan curam, kalo kehilangan kendali ya wassalam

  5. Tengah bulan kemaren ke bromo pake mioJ, sukses nanjak tapi pake bensin campur, campur dorong. Turunnya asli nyiksa tangan & bahu

  6. akhir th 2014 kami touring bareng k bromo probolinggo, semua pakai moped supra125, kharisma, shogun 125, jupi mx. 10 motor boncengan, tp anehnya jupi mx cc plg gde tp buat tanjakan dibromo plg buncit, tanjakan curam mesin bunyi klek klek klek pd gg 1, itu aja plg buncit 3 motor jp mx smua..pd brangkatnya serasa motor plg kncang pd medan berat aduhhh gk ada powernya

    • kalo di tanjakan,,cece gede bukan jaminan
      lha wong supraX 125 ane aja kalah tarikan di tanjakan bromo ama supra 100 lawas,,sama2 boncengan padahal

    • sama aja supra jg gak ada tenaga buat nanjak.
      masih kalah sama smash 110.
      bebek jago tanjakan ya cuma punya suzuki.
      vega r lama juga lumayan.

  7. Pertama ke bromo naik beat baru keluar dari showroom ngesak ne tenan, mungkin kalo bisa teriak udah teriak dia, yg ke 2 naik vixion pas tanjakan arah pulang jatuh kesamping hehe…

  8. ya ialah matic Blue Core bisa nyampe sana, orang cuman nyampe sana doang mah bisa semuanya juga, baik matik honda maupun yamaha. kecuali naik ke tempat pananjakan ya pasti ga bisa.

  9. data berdasarkan statistik keapesan… makanya dilarang… wkwkwkkkk… tp pake macan ompong standar kesini enak jg keluar cakarnya dia (torsi melimpah rek). sampe ngangkat2x malah ditanjakan, mngkn krn ridernya kurus kali ya cm 45kg. Cm si macan tetep nyengir sambil nutupin ompongnya begitu ngeliat KLX. (ya iyalaaah…)

  10. Mas ipan tolong diperjelas itu peraturannya matic gak boleh naik ampe padang pasir apa mau pergi ke daerah bromo pun matic gak boleh?
    motor apapun asal sehat dan diservis berkala gak ada masalah naik gunung
    Dulu teman ane vario 110 nya bisa buat boncengan bertiga kok gara gara motor supra lawas salah satu rombongan ada yg gak kuat nanjak, motor mio injeksi pun bisa kok boncongan berdua.
    Via jalur pasuruan.

    • Tidak ada larangan pkai matic mas, sifatnya hanya himbauan sj koq.

      Karena memang seringnya terjadi kecelakaan dari pengguna matic.

      Jk ingin pkai matic, saran saya agar bersama teman yg tdk mempergunakan matic, sehingga jk terjadi kendala pd motor matic saat menanjak, bs dititipkan dl & bs bonceng sm tmn nya. Baru saat turun diambil maticnya

  11. ya gl pro atw motor penduduk setempat dah di set rasio gear alias gir set untuk nanjak… besar di belakang… motor skrg ngejar top speed sama irit gir nya yo kecil… tambah motor dohc karakternya kejar akslerasi bukan kejar torsi… torsi jagonya sohc….

  12. motor2 di daerah lokal sana udah di setting buat tanjakkan mas brro lihat final gearnya yg blakang pasti ukurannya gede2 biar enteng kalo nanjak dan juga klepnya udah setting kendorr.
    .orang2nya pun udah terbiasa dngan jalanan situ jadi yaa nggak heran klo banyak motor touring yg settingannya buat jalan jauh atau buat kejar top speed mogok/nggak kuat di sana.
    kloo mau najak lebih baik ganti final gear yg lebih besarr duluu biar enteng

  13. Waktu itu saya & keluarga naik spd motor beat 2010 dan kymco 2007 yg udah g power full tp baik2 aja, dari sidoarjo melalui jalur jalan purwodadi lalu nangkajajar akhirnya nyampai juga di pos tiket tp jujur sempat ga kuat dua kali di tikungan v yg terkenal tajam. tp kata orang tua saya kalau ga’ kuat gampang di rem saja, penumpang turun, lalu sepeda digas pelan2 pasti kuat (yg ga’ kuat orangnya). Dijalur v dua spd motor dipakai metode itu, ya kurang lebih ga’ sampai 1km nuntun sama digas. Akhirnya sampai juga di gunung Bromo dengan selamat (tujuannya emang selamat). Pulang dipilih arah Bromo tongas, jauh dikit tapi demi kesehatan spd motor.

  14. Waktu itu saya & keluarga naik spd motor beat 2010 dan kymco 2007 yg udah g power full tp baik2 aja, dari sidoarjo melalui jalur jalan purwodadi lalu nangkajajar akhirnya nyampai juga di pos tiket tp jujur sempat ga kuat dua kali di tikungan v yg terkenal tajam. tp kata orang tua saya kalau ga’ kuat gampang di rem saja, penumpang turun, lalu sepeda digas pelan2 pasti kuat (yg ga’ kuat orangnya). Dijalur v dua spd motor dipakai metode itu, ya kurang lebih ga’ sampai 1km nuntun sama digas. Akhirnya sampai juga di gunung Bromo dengan selamat (tujuannya emang selamat). Pulang dipilih arah Bromo tongas, jauh dikit tapi demi kesehatan spd motor.

  15. tgl 4-02-17 insyaAllah sya dkk mau berangkat ke bromo, namun motor sya matic mio j.
    yg jd pertanyaan sya “boleh kah matic masuk” utk peraturan th 17 skrg?

    dulu sya pernah ke bromo pake matic honda spacy, kuat ko tanpa kendala apapun “lancar jaya”

  16. Varioku mogok, berangkat lewat tumpang malang, pulang lewat pasuruan,, knalpot keluar asap tiap di gas, kalau gak digas gak keluar asap

  17. Baru dua hari yg lalu, kejam tanjakannya, posisi boncengan full box, vario 125 old bore up 155cc, di cek oli masih ada

  18. Sekedar masukan bagi para Biker’s yg ingin ke daerah Tengger, baik ke B29 maupun ke Bromo.
    Akses jlnnya memang cukup terjal & curam, jg tdk semulus jln raya.

    Lebih baik cari amannya saja, jgn mempergunakan jenis matic, karena faktor angine brake-nya.

    Utk lebih nyaman dipakai nanjak, ganti dl geer dpn yg lebih kecil & geer blkng yg lebih besar, ini utk smua jenis spd mtor, minus matic.

    Jangan lp bawa penghangat tubuh: Jacket kulit, pelindung dada, sarung tangan, kaos kaki tebal.

    Jika mau ke Bromo sekalian ke B29, lebih nyaman lewat jalur Lumajang – Senduro – Argosari – B29 – Bromo.

    Akses dari Lumajang – Senduro – Argosari jalanannya relatif mulus (hotmix) sekalipun di jalur Gedog – Argosari tanjakannya lumayan curam.

    Satu hal lagi:
    Istirahatlah jk terasa capek, jgn memaksakan diri agar tdk terjadi hal yg ga diinginkan.

Apa Komentar Pemirsa ?