Astra Motor Jombor Gelar Pelatihan Basic Life Support Guna Sambut Honda Bikers Day 2014 di Bali

pertamax7.com Sabtu 15 November 2014 lalu Astra Motor Yogyakarta yang terletak di Jombor Jalan Magelan DIY ini menggelar pelatihan basic life support untuk membekali bikers yang akan berangkat ke Honda Bikers Day 2014 di Pulau bali..

Astra Motor Jombor Gelar Pelatihan Basic Life Support Gunsa Sambut Honda Bikers Day 2014 di Bali 4

Peserta Pelatihan Basic Life Support yang berasal dari perwakilan komunitas yang tergabung dalam Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY) berfoto bersama di akhir acara pelatihan. Mereka diproyeksikan sebagai brand ambassador Basic Life Support yang mampu berbagi wawasan kepada anggota komunitas yang lain tentang cara memberikan pertolongan pertama sesuai dengan kapasitasnya.

yuk kita simak beritanya dari mas didha Astra Motor Yogyakarta jombor ..

*Sambut Honda Bikers Day 2014*

*Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Basic Life Support*

Yogyakarta – Dalam rangka menyambut Honda Bikers Day 2014 sekaligus untuk membekali komunitas motor Honda ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas menggelar pelatihan Basic Life Support. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Astra Motor Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 15 November 2014.

Region Head Astra Motor Yogyakarta, Ronaldo Widjaja mengungkapkan bahwa komunitas motor Honda merupakan salah satu bagian dari keluarga besar Honda di Indonesia sehingga sudah menjadi tanggung jawab Main Dealer untuk berbagi ilmu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan aktivitas anggota komunitas motor Honda.

“Selain pelatihan dan kompetisi Safety Riding bagi komunitas serta pengenalan tentang beragam teknologi terbaru Honda, Astra Motor Yogyakarta juga mengajak anggota komunitas motor Honda untuk lebih memahami cara-cara pertolongan pertama dalam kondisi darurat, khususnya saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebagai bikers, anggota komunitas motor Honda banyak beraktivitas di jalan raya. Mulai dari city rolling jarak pendek hingga touring jarak jauh dengan jarak tempuh hingga ribuan kilometer. Oleh karena itu Kami harapkan anggota komunitas motor Honda memiliki wawasan yang cukup saat menolong korban kecelakaan lalu lintas.”

Pelatihan Basic Life Support ini diselenggarakan bekerjasama dengan timPusdiklat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta sebagai pengisi materi. Dalam pelatihan ini peserta yang berasal dari perwakilan komunitas yang tergabung dalam Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY) akan diajak untuk mengidentifikasi jenis-jenis cidera yang mungkin diderita oleh korban kecelakaan lalu lintas mulai dari cidera ringan hingga cidera parah yang berpotensi mengakibatkan cacat tetap atau kematian. Selain itu peserta pelatihan ini akan diajarkan cara memberikan pertolongan pertama kepada korban dengan cara dan alat yang tepat sehingga tidak memperparah dampak kecelakaan lalu lintas.

Photo 1, 2, 3, dan 4
Peserta Pelatihan Basic Life Support diajak secara langsung mempraktekkan teori yang diberikan oleh instruktur. Beberapa diantaranya adalah cara membuka jalan pernafasan, memberikan nafas buatan melalui mulut, praktek pijat jantung hingga praktek memindahkan korban dengan benar

Menolong korban kecelakaan lalu lintas dapat berakibat fatal bilamana proses penyelamatan dan evakuasi dilakukan dengan salah. Salah satu hal yang kerap kali luput dari perhatian adalah prinsip penstabilan korban kecelakaan. Banyak anggota masyarakat yang berniat baik ingin menolong korban kecelakaan langsung bereaksi mengangkat tubuh korban dan memindahkannya tanpa mengidentifikasi jenis cidera yang diderita oleh korban, misalnya adalah patah tulang tertutup. Stabilisasi korban antara lain dapat dilakukan dengan menormalkan pernapasan dan menghentikan perdarahan. Agar kondisi korban tidak memburuk, sebelum dipindahkan kondisinya dijaga terutama di bagian kepala, leher, dan tulang punggung dengan memberi penyangga.

*Honda Bikers Day 2014 Siap Banjiri Bali dengan Bikers Honda*

Honda Bikers Day 2014 akan segera diselenggarakan di Pantai Pandawa – Kuta, Bali tepatnya pada tanggal 29 – 30 November 2014. Perhelatan akbar ini diproyeksikan akan melibatkan kurang lebih 15.000 bikers Honda dan bikers pabrikan lain secara umum. Di tahun 2012 lalu, Honda Bikers Day digelar di Komplek Candi Prambanan Yogyakarta dengan jumlah peserta mencapai kurang lebih 18.000an Bikers dan tahun 2013 Honda Bikers Day diadakan di Pantai Tanjung Tum – Anyer dengan jumlah partisipan sebesar kurang lebih 12.000an Bikers.

Jumlah peserta yang sangat masif tentu saja membawa sebuah konsekuensi dimana resiko kecelakaan mengintai dimana-mana. Faktor kondisi fisik bikers, infrastruktur jalan, kondisi sepeda motor yang kurang prima, hingga faktor lain seperti cuaca dan kesalahan pengguna jalan lain bisa
menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Melalui pelatihan Basic Life Support ini semoga bikers anggota komunitas dalam naungan Paguyuban Motor Honda Yogyakarta yang berangkat ke Honda Bikers Day 2014 memiliki wawasan dalam mengambil tindakan apabila menemui kecelakaan lalu lintas dalam perjalanan berangkat dan pulang dari Honda Bikers Day 2014. Jarak antara Jogja dan Bali cukup jauh, membentang diantaranya terdapat resiko kecelakaan yang mengintai. Semoga dengan adanya
pelatihan ini bikers Honda bisa menjadi pribadi yang dapat diandalkan dalam menolong sesama bilamana dibutuhkan.” pungkas Jumanto, Honda Customer Care Center (HC3) Region Head Astra Motor Yogyakarta.

14 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan