Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning Dan Silikat Rangka eSAF Sepeda Motor Honda

1
386

Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning

., salam pertamax7.com, Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning Dan Silikat Rangka eSAF Sepeda Motor Honda

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Rangka Mania. 

Masyarakat Indonesia pengguna sepeda motor matic sedang dilanda kepanikan dan was-was karena beli sepeda motor baru Honda kok rangkanya sudah ada bercak kuning yang sering kali dikira adalah bercak karat, hmm mosok sepeda motor baru sudah karatan?

Atas dasar tersebut, PT Astra Honda Motor melalui laman media social @welovehonda membuat klarifikasi bercak kuning pada sepeda motor Honda tersebut, mereka tegaskan itu bukan karatan, melainkan silikat.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning

Welovehonda melakukan percobaan untuk membedakan karat dan juga silikat pada sepeda motor Honda Vario 160 yang mana tidak perlu dibongkar untuk melihat objek kuning yang sering disangka biang kerok rangka eSAF karatan itu.

Warna Kuning Rangka Honda Bukat Karatan Karat Tapi Silikat

Dengan percobaan sederhana berbekal tissue basah dan tissue kering, welovehonda mengedukasi konsumen Honda untuk bisa mengecek sendiri rangka sepeda motor mereka dengan cara sebagai berikut :

Partner
IRC
Honda
FDR
Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning Dan Silikat Rangka eSAF Sepeda Motor Honda
Cek Kuning SIlikat Rangka Sepeda Motor Honda Dengan Tissue

Intinya bersihkan rangka dengan tissue basah dan tunggu area kuning rangka sampai mengering.

Lalu dilap dengan tissue kering, jika benar silikat maka tidak ada noda kuning yang menempel di tissue kering.

Cara Mudah Bedakan Kuning Silikat Dengan Karat Rangka Sepeda Motor

Sedangkan percobaan pada besi yang berkarat, jika dilap dengan tissu kering maka noda kuning akan menempel di kertas tissue.

Apa Itu Silikat

Apa itu silikat? seperti yang dilansir dari laman wikipedia diperoleh indo sebagai berikut

Silikat, dalam ilmu kimia, adalah suatu senyawa yang mengandung satu anion dengan satu atau lebih atom silikon pusat yang dikelilingi oleh ligan elektronegatif. Jenis silikat yang sering ditemukan umumnya terdiri dari silikon dengan oksigen sebagai ligannya. Anion silikat, dengan muatan listrik negatif, harus mendapatkan pasangan kation lain untuk membentuk senyawa bermuatan netral. 

Silika, atau silikon dioksida, SiO2, sering dianggap sebagai silikat, walaupun senyawa ini tidak bermuatan negatif dan tidak memerlukan ion pasangan. Silika ditemukan di alam dalam bentuk mineral kuarsa.

Ternyata silikat itu dari silika, lalu apa fungsinya pada rangka sepeda motor?

Dilansir blog WORKS PROCESS, Silikat adalah salah satu penyusun pembungkus elektrode (FLux) pada proses pengelasan yang berfungsi mencegah oksidasi saat pengelasan dan memperkuat hasil las.

Sedangkan dari CHJ.co.id, Mineral silikat digunakan untuk menciptakan slag dan memberikan kekuatan pada lapisan pelindung

Klarifikasi AHM Bedakan Karat Kuning Dan Silikat Rangka eSAF Sepeda Motor Honda
Fungsi Silikat Pada Rangka Sepeda Motor honda

Silikat versi welovehonda memiliki fungsi melapisi hasil pengelasan dari oksidasi atau karat.

Jadi kuning-kuning dirangka yang dikira sebagai sumber karat ini ternyata malah berfungsi sebaliknya ya, sebagai pengaman karat dari las serta penguat …

Warna Honda BeAT Street 2021 Striping Baru
Rangka eSAF Honda BeAT Street Basis Genio 2021

Btw soal kuning-kuning dikira karat ini sudah lama juga hadir di Honda CB150R Streetfire old, dulu juga pada heboh namun tidak seviral zaman now ya, mungkin karena ini terjadi di sepeda motor laris manis macam Honda BeAT, Scoopy dan Vario 160.

Mungkin ada pemirsa yang sepeda motornya ada kuning-kuning di rangka, cek dulu itu karatan atau silikat …

Bagaimana kalau rangkanya ambrol patah terbelah, kemungkinan besar bukan karena silikat kuning-kuning itu, namun ada penyebab lain.. Penasaran updatenya dari welovehonda karena edukasi ini baru pada kuning rangka dikira karatan.

Ada pemirsa yang sudah cek kuning-kuning di rangka sepeda motor? #karat #karatan #silikat #ahm #honda #frame #las #welding #welder #beat #scoopy #vario #genio

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1 KOMENTAR

  1. Ada pemirsa yang sudah cek kuning-kuning di rangka sepeda motor? #karat #karatan #silikat #ahm #honda #frame #las #welding #welder #beat #scoopy #vario #genio

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.