Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID e-KTP AKA KTP Elektronik

4

Haloo om.. pertamax7.com cerita nih.. katanya e-KTP pakai chip, tak boleh di fotocopy, tak boleh di staples.. benarkah?

Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK 6
Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK

ilustrasi E-KTP, mana chipnya? foto : pertamax7.com
ane lihat e-KTP yang baru saja jadi, memang tidak nampak chipnya, dimana sih?

bermodal senter CREE, ane teliti apa di dalam kartu tanda penduduk ( KTP ) Elektronik warga negara Indonesia ini.. dan swala,, ini dia letak CHIP E-KTP

RFID E-KTP
RFID E-KTP

letaknya di tanggal pembuatan e-KTP bawah foto, nampak kotak hitam dengan “belalai” antena

Chip RFID e-KTP

sementara itu antena RFID di e-KTP terletak di sekeliling e-KTP itu sendiri seperti foto atas di tandai garis kuning

antena RFID mengitari sekeliling e-KTP

kalau ane gambarkan letak Chip e-KTP dan antenanya kurang lebih begini

Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK 5
Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK

sudah jelas bukan?
katanya e-KTP tidak boleh di foto copy?

  1.  cuma mitos saja sih, sudah ane fotocopy kok buat bikin surat-surat, aman,,
  2. suhu mesin foto copy merusak chip RFID e-KTP? pertamax7.com belum menemukan referensi panasnya sinar mesin fotocopy, kalau suhunya dibawah 100 derajat menurut ane pribadi aman,, namun kalau sinarnya 1000 derajat tentu merusak, CMIIW

e-KTP tidak boleh di Staples ?

nah kali ini pertamax7.com setuju,, bisa jadi staples menembus chip RFIDmaupun antenanya yang berakibat data dari CHIP RFID tak terbaca oleh scanner RFID.. ( walaupun pertamax7 sendiri belum pernah mencoba Scanner RFID wkwkw )

sebagaimana diketahui chip RFID di e-KTP menyimpan data-data pemilik e-KTP tersebut, kalau sampai rusak ya berabe…

artikel ini pertamax7 tulis ulang karena hilang saat pinahan server januari 2016 silam..

last, sudah jelas bukan,… e-KTP ane baru lho ,,

semoga berguna
ikuti berita terbaru dan silaturahmi via
• email : pertamax7blog@gmail.com
• Facebook : pertamax7.wordpress.com
• twitter : @ipanase
• Google+ : ipanase megison
• Intagram : pertamax7
• nike+ : pertamax7

4 KOMENTAR

  1. e ktp ku dah rusak. pojok ada yang cuil. plastik nya ngelupas. wes.. parah nan.

  2. Sekedar info aja. Chip RFID itu gak menyimpan data, dia cuma memancarkan gelombang tertentu yang diterima sama scanner. Fungsinya sama persis seperti kartu e-money. Dan bisa rusak kalo tembaga antena nya putus atau chip RFID nya rusak (biasanya karena ketekuk).
    Jadi konsep dasarnya sama persis kayak barcode di belanjaan, tapi ini bentuk kodenya rfid.

    Data gak akan hilang kalo pun itu ktp gosong kebakar misalnya. Kan ada di database dukcapil.

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.