Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID e-KTP AKA KTP Elektronik

Partner Partner Pertamax7.com
Honda

.,salam … Haloo om.. pertamax7.com cerita nih.. katanya e-KTP pakai chip, tak boleh di fotocopy, tak boleh di staples.. benarkah? Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID e-KTP AKA KTP Elektronik

Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID e-KTP AKA KTP Elektronik
Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK

ilustrasi E-KTP, mana chipnya? foto : pertamax7.com
ane lihat e-KTP yang baru saja jadi, memang tidak nampak chipnya, dimana sih?

Tak Boleh di Staples, Ini dia Letak Chip RFID

Bermodal senter CREE, ane teliti apa di dalam kartu tanda penduduk ( KTP ) Elektronik warga negara Indonesia ini.. dan swala,, ini dia letak CHIP E-KTP

Tak Boleh di Staples
RFID E-KTP

letaknya di tanggal pembuatan e-KTP bawah foto, nampak kotak hitam dengan “belalai” antena

Chip RFID e-KTP

sementara itu antena RFID di e-KTP terletak di sekeliling e-KTP itu sendiri seperti foto atas di tandai garis kuning

Tak Boleh di Staples

antena RFID mengitari sekeliling e-KTP

Partner Honda
iklan gma

kalau ane gambarkan letak Chip e-KTP dan antenanya kurang lebih begini

Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK 5
Letak CHIP RFID E-KTP KTP ELEKTRONIK

sudah jelas bukan?
katanya e-KTP tidak boleh di foto copy?

  1.  cuma mitos saja sih, sudah ane fotocopy kok buat bikin surat-surat, aman,,
  2. suhu mesin foto copy merusak chip RFID e-KTP? pertamax7.com belum menemukan referensi panasnya sinar mesin fotocopy, kalau suhunya dibawah 100 derajat menurut ane pribadi aman,, namun kalau sinarnya 1000 derajat tentu merusak, CMIIW

e-KTP tidak boleh di Staples ?

nah kali ini pertamax7.com setuju,, bisa jadi staples menembus chip RFID maupun antenanya yang berakibat kode unik dari CHIP RFID tak terbaca oleh scanner RFID.. ( walaupun pertamax7 sendiri belum pernah mencoba Scanner RFID wkwkw ). Sebagaimana diketahui chip RFID di e-KTP menyimpan kode unik yang bisa dicocokan dengan database KTP tersebut, kalau sampai rusak ya berabe… nggak bisa terbaca ya rfidnya kalau sampai rusak..

oh iya, artikel ini pertamax7 tulis ulang karena hilang saat pindahan server januari 2016 silam..

last, sudah jelas bukan,… e-KTP ane baru lho ,,

semoga berguna
ikuti berita terbaru dan silaturahmi via
• email : [email protected]
• Facebook : pertamax7.com
• twitter : @ipanase
• Google+ : ipanase megison
• Intagram : pertamax7
• nike+ : pertamax7

10 KOMENTAR

  1. Sekedar info aja. Chip RFID itu gak menyimpan data, dia cuma memancarkan gelombang tertentu yang diterima sama scanner. Fungsinya sama persis seperti kartu e-money. Dan bisa rusak kalo tembaga antena nya putus atau chip RFID nya rusak (biasanya karena ketekuk).
    Jadi konsep dasarnya sama persis kayak barcode di belanjaan, tapi ini bentuk kodenya rfid.

    Data gak akan hilang kalo pun itu ktp gosong kebakar misalnya. Kan ada di database dukcapil.

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.