Honda CBR1000RRR SP Fireblade 2024 : Winglet Baru, Revisi Mesin, Power 214HP !

1
147

Honda CBR1000RRR SP Fireblade 2024

., salam pertamax7.com, Honda CBR1000RRR SP Fireblade 2024 : Winglet Baru, Revisi Mesin, Power 214HP !

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Moge Mania.

Pembaruan modelCBR1000RR-R Fireblade SP mengambil langkah besar ke depan dalam pengembangan, dengan mesin semi-cam empat silinder segaris 1.000cc dalam keadaan baru untuk memberikan akselerasi mid-range yang lebih kuat serta tenaga top-end yang besar.

Kepala silinder, rasio kompresi, timing katup dan pegas semuanya telah direvisi; poros engkol dan con-rod lebih ringan dan ada rasio baru yang lebih pendek sepanjang gearbox. 2-Motor Throttle By Wire menambahkan kontrol dan nuansa yang presisi pada rpm yang lebih rendah, dengan pengereman engine yang lebih banyak jika diperlukan. Rangka bergaya berlian aluminium memiliki karakter baru yang lebih lentur untuk meningkatkan akurasi dan traksi kemudi.

Spesifikasi juga mencakup swingarm bergaya RC213V-S, Inertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu dan Honda Electronic Steering Damper (HESD) 3 tingkat; Suspensi penuh berkualitas balapan disediakan oleh Öhlins Smart Electronic Control (S-EC03) baru dengan Katup Spool dan antarmuka pengguna OBTi. Panduan preload baru juga tersedia di panel instrumen.

Pengereman dilakukan oleh Brembo, dengan kaliper empat piston Stylema R baru di depan. Winglet baru mempertahankan downforce tetapi dengan momen yaw 10% lebih sedikit saat menikung. Posisi berkendara juga telah disesuaikan untuk memungkinkan lebih banyak kontrol bagi pengendara.

Layar TFT penuh warna menawarkan kontrol intuitif mode berkendara dan penyesuaian Power, Engine Brake, HSTC, Wheelie Control dan Start Mode; Semua pengaturan telah direvisi agar sesuai dengan pengiriman daya dan persneling baru. Cornering ABS sekarang memiliki pengaturan RACE tambahan. Honda Emergency Stop Signal dan Smart Key tetap menjadi sentuhan akhir. Edisi terbatas CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition juga tersedia.

Partner
IRC
Honda
FDR

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

24YM HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE SP

  1. Perkenalan

Sejak diperkenalkan pada tahun 1992, Fireblade ikonik Honda telah berkembang menjadi sepeda motor super sport 1.000cc yang luar biasa. Dan itu juga menjadi basis mesin balap yang kompetitif, di sirkuit pendek di seluruh dunia dan jalan-jalan di Isle of Man TT.

 

Tapi waktu – dan persaingan – selalu berpacu dan di 20YM Honda menarik garis di bawah tempat CBR1000RR Fireblade berada dan menantikan ke mana arahnya. Dan, sebagai hasilnya, dua sepeda motor baru – CBR1000RR-R Fireblade* dan CBR1000RR-R Fireblade SP – diciptakan dengan keterlibatan besar dari Honda Racing Corporation untuk membawa sang legenda maju.

 

Bersandar pada teknologi mesin dan sasis dari ‘mesin MotoGP jalanan’ RC213V-S, dengan aerodinamika yang diambil dari motor MotoGP RC213V, Fireblade baru dirancang dari bawah ke atas – dalam hal mesin, penanganan, dan aerodinamika – untuk kinerja trek yang murni dan langsung.

 

22YM menandai 30 tahun Fireblade yang melihat pengenalan berbagai peningkatan detail pada mesin untuk meningkatkan akselerasi; Port intake, airbox, corong airbox dan bagian tengah knalpot semuanya direvisi untuk memberikan daya dorong jarak menengah ekstra. Sproket drive terakhir juga naik 3 gigi, menjadi 43, dengan kinerja quickshifter ditingkatkan. Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga dioptimalkan untuk manajemen traksi ban belakang yang disempurnakan, dan throttle feel yang ditingkatkan.

 

24YM melihat Fireblade SP mendorong lebih jauh kurva pengembangannya sekali lagi. Sejumlah pembaruan mesin dan gearbox memberikan peningkatan kinerja kelas menengah yang sehat, dengan respons throttle yang ditingkatkan, di samping perubahan posisi berkendara yang terperinci dan peningkatan dari Brembo dan Öhlins, dengan tujuan menghasilkan motor yang Anda butuhkan untuk menang di luar kotak dan, pada saat yang sama, meningkatkan pengalaman berkendara di jalan terbuka.

 

*Lihat press kit CBR1000RR-R Fireblade terpisah untuk informasi lengkap.

 

 

  1. Gambaran Umum Model

 

Mesin roda gigi semi-cam empat silinder segaris Fireblade SP menghasilkan torsi 113Nm dan menghasilkan tenaga puncak 160Kw. Dan sementara angka-angka utama sudah tidak asing lagi, pengiriman melalui rev-range telah benar-benar berubah – produk dari sejumlah besar pengembangan dan pengetahuan HRC – untuk menghasilkan akselerasi keluar tikungan yang diatapi oleh kekuatan top-end yang besar.

 

Penambahan 2-Motor Throttle By Wire (TBW) meningkatkan kontrol throttle sebagian dan memungkinkan pengereman engine yang diperkuat. Rasio kompresi telah dinaikkan, port intake disesuaikan, dan timing katup diubah bersama dengan pegas katup baru, poros engkol yang lebih ringan, dan konrod titanium yang lebih ringan dan dioptimalkan. Semua rasio roda gigi telah dibuat lebih pendek, untuk meningkatkan gaya penggerak ke roda belakang.

 

Downpipe knalpot 4-2-1 berbentuk bulat telur dan memberi makan knalpot titanium Akrapovič yang sekarang volumenya sedikit lebih besar tetapi 5dB lebih tenang dalam operasi.

 

Tiga mode berkendara default mencakup sebagian besar kondisi dengan opsi untuk sepenuhnya menyesuaikan Power, Engine Brake, Wheelie Control dan HSTC dan semua pengaturan telah direvisi untuk karakter output baru. Paket elektronik juga mencakup Mode Mulai yang dapat disesuaikan dan quickshifter standar-fit.

 

Seperti sebelumnya, rangka berlian aluminium menggunakan bagian belakang mesin sebagai dudukan shock atas sementara swingarm didasarkan pada desain RC213V-S. Keseimbangan kekakuan telah dioptimalkan dengan hati-hati – dan dibuat lebih lentur – untuk mengeksploitasi kinerja mesin dalam hal nuansa untuk tingkat cengkeraman depan dan belakang, dan akurasi kemudi.

 

Unit Pengukuran Inersia (IMU) enam sumbu memberikan estimasi 3D yang akurat dari dinamika berkendara dan memberikan masukan untuk mengelola semua sistem elektronik. Ia juga mengontrol Honda Electronic Steering Damper (HESD) tipe 3 tingkat.

 

Fireblade SP 24YM CBR1000RR-R adalah motor pertama di dunia yang menggunakan garpu Öhlins Smart Electronic Control (SE-C3.0) 43mm NPX (SV) generasi ketiga dan shock belakang TTX36 (SV), yang sekarang menggunakan internal Spool Valve dan menawarkan suspensi berkualitas balapan, dengan pengaturan yang dikelola oleh Öhlins Object Based Tuning interface (OBTi). Panduan preload pegas digital melalui panel instrumen juga merupakan fitur baru.

 

Cakram depan dikerjakan oleh kaliper empat piston Brembo Stylema R baru dan tuas rem / master silinder Brembo, sedangkan Cornering ABS sekarang memiliki mode RACE, yang memungkinkan ABS belakang dimatikan.

 

Bagian tengah fairing yang didesain ulang menampung winglet baru yang menghasilkan downforce untuk meningkatkan stabilitas pengereman dan cengkeraman front-end yang konsisten tetapi dengan upaya 10% lebih sedikit melalui tikungan berkecepatan tinggi. Posisi berkendara juga telah disesuaikan untuk meningkatkan kontrol, dengan setang lebih tinggi dan footpeg lebih rendah.

 

Layar TFT 5 inci yang dapat disesuaikan sepenuhnya menawarkan kontrol intuitif melalui sakelar empat arah di stang kiri. Sekarang, pada start dingin, redline bergerak naik skala rpm saat suhu operasi tercapai.

 

Sistem Smart Key Honda menambah kenyamanan dan Emergency Stop Signal (ESS) meningkatkan visibilitas ke pengguna jalan di belakang.

 

Fireblade SP 24YM CBR1000RR-R akan tersedia dalam Grand Prix Red (Tricolour).

 

The CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition

 

CBR1000RR-R Fireblade SP Carbon Edition akan tersedia dalam cat Mat Pearl Morion Black yang unik. Ini akan menampilkan serat karbon siluman Front Mudguard, Under Cowl, Middle Cowl, Winglets, Front Shelter dan Mudguard Cover untuk memaksimalkan daya tariknya.

 

Terbatas hanya 300 unit dan menampilkan plakat peringatan di penutup airbox, Carbon Edition lebih ringan 1kg, dengan penghematan berat 10 – 40% per komponen.

 

  1. Fitur utama

 

3.1 Mesin

 

  • Mesin kereta semi-cam empat silinder segaris langkah pendek menghasilkan 160Kw @ 14.000rpm dengan torsi puncak 113Nm @ 12.000rpm
  • Rasio kompresi dinaikkan untuk 24YM ditambah timing katup yang direvisi, dengan pegas pitch 3 tahap baru yang tidak sama
  • Crankcase dioptimalkan untuk pengurangan berat, pengurangan massa inersia untuk poros engkol dan con-rod
  • Semua rasio roda gigi – dan penggerak utama – dipersingkat untuk meningkatkan akselerasi dan penggerak keluar sudut
  • Knalpot Akrapovič yang ringan memiliki peningkatan volume dan pengurangan kebisingan

 

Mesin roda gigi semi-cam empat silinder segaris DOHC 1.000cc Fireblade dirancang dengan masukan berat dari program pengembangan HRC MotoGP. Untuk 24YM menghasilkan tenaga puncak 160Kw @ 14.000rpm dengan torsi puncak 113Nm @ 12.000rpm.

 

Sejumlah besar pengembangan HRC telah masuk ke mesin untuk mengubah cara memberikan tenaga dan torsi, di seluruh rentang putaran, dengan tujuan meningkatkan gaya penggerak ke roda belakang di setiap gigi.

 

Sambil terus berbagi bore 81mm ‘over square’ yang sama dan stroke 48.5mm seperti RC213V, timing katup – durasi dan pengangkatan – telah direvisi untuk 24YM dan rasio kompresi dinaikkan dari 13.4: 1 menjadi 13.6: 1. Katup saluran masuk berdiameter 32.5mm (dan juga lebih ringan untuk 24YM) dengan pembuangan 28.5mm; mereka dioperasikan oleh lengan rocker pengikut jari; Sudut katup di sisi intake adalah 9 °, mengurangi luas permukaan ruang bakar dan meningkatkan efisiensi pembakaran. Juga baru adalah pegas progresif elips 3 tahap untuk saluran masuk dan buang, sementara port intake telah dioptimalkan untuk aliran gas.

 

Teknologi MotoGP ada di mana-mana secara internal. Gesekan dikurangi dengan menggunakan Diamond Like Carbon (DLC) pada lobus cam – seperti RC213V-S. 20YM menandai pertama kalinya proses ini digunakan pada sepeda motor yang diproduksi secara massal; ini menghasilkan pengurangan kehilangan gesekan kereta katup sebesar 35% dibandingkan dengan lobus yang tidak dilapisi DLC.

 

Kereta katup sendiri menggunakan sistem semi-cam gear train. Untuk menggerakkan kinerja pengangkatan rpm/cam tinggi seperti itu, rantai digerakkan dari roda gigi waktu yang terletak di poros engkol melalui roda gigi idle cam; Ini membuatnya lebih pendek panjangnya. Untuk 24YM, pin poros engkol dan diameter jurnal telah dioptimalkan, menghemat 450g massa inersia.

 

Forged TI-64A Titanium (bahan yang dikembangkan oleh Honda) con-rods dan con-rod caps menghemat 50% berat dibandingkan dengan versi baja Chromium Molybdenum sebelumnya; mereka bahkan lebih ringan untuk 24YM (dengan 20g) dan menggunakan HB 149 Chromium Molybdenum Vanadium, (sekali lagi pengembangan Honda) baut baja dan tidak menggunakan mur pengikat.

 

Untuk daya tahan, konfigurasi yang sama dengan RC213V-S diterapkan pada permukaan geser; bushing ujung kecil terbuat dari tembaga Berilium C1720-HT yang dicukur (karena keandalan rpmnya yang tinggi) sedangkan permukaan ujung besar diperlakukan dengan DLC. Piston adalah aluminium tempa untuk kekuatan ringan, daya tahan dan peningkatan output.

 

Untuk menjamin ketahanan aus rpm tinggi, rok piston dilengkapi lapisan Ober (dasar Teflon dan Molibdenum) dan pelapisan nikel-fosfor untuk alur klip pin piston.

 

Mengelola suhu, piston itu sendiri – sekarang dibangun dari bahan yang lebih keras – menggunakan jet piston multi-titik yang menyemprotkan oli pendingin ke berbagai arah melalui setiap siklus. Pada rpm rendah (bila tidak diperlukan) periksa bola di dalam jet mematikan aliran oli untuk membatasi kehilangan tekanan oli dan mengurangi gesekan. Cincin minyak memiliki bentuk laras rel samping baru.

 

Untuk mengurangi distorsi lubang (dan dengan demikian gesekan), silinder memiliki bypass bawah built-in. Sistem ini mengalirkan air dingin dari radiator ke water jacket utama, sedangkan area di bawahnya menggunakan air yang tidak didinginkan. Efek bersihnya adalah suhu yang lebih rendah, dan lebih merata, di semua titik di seluruh lubang.

 

Untuk meminimalkan lebar, mesin dihidupkan dengan memutar poros utama kopling daripada poros engkol. Desain ini untuk poros engkol yang lebih ringkas sementara penggunaan ganda roda gigi penggerak utama (yang dengan sendirinya memiliki lebih sedikit gigi) untuk juga mentransmisikan rotasi dari motor starter menghemat ruang; Panjang mesin pendek dengan jarak pendek antara poros engkol, poros penghitung, dan poros utama. Bagian belakang blok engine juga berfungsi sebagai dudukan shock atas; 250g telah dicukur dari bak mesin untuk 24YM.

 

Meningkatkan drive keluar dari tikungan di trek (dan jalan), semua rasio gigi serta drive utama sekarang lebih pendek.

 

Udara dimasukkan ke dalam mesin melalui saluran ram-air yang terletak di ujung tekanan permukaan tinggi fairing depan; ukuran aperture-nya setara dengan mesin RC213V MotoGP. Sebuah ‘turbulator’ berusuk ke kanan, kiri dan di atas pintu masuk saluran memastikan induksi maksimum udara bergerak dengan dampak minimal pada penanganan. Sudut draft dinding interior aperture mempertahankan aliran di bawah kecepatan tinggi dan akselerasi.

 

Untuk mempertahankan kinerja yang stabil di rentang kecepatan yang luas, udara bertekanan mengambil bidikan lurus melalui headstock, di sekitar batang kemudi dan masuk ke airbox. Jalur mulus ini dimungkinkan oleh sistem Smart Key Honda dan sudut kemudi 25 °. Untuk menarik volume udara yang dibutuhkan, throttle body menggunakan diameter 52mm.

 

Sisi ‘kotor’ dari filter udara mengontrol arah pemisahan udara masuk dan pembentukan pusaran, sementara di sisi ‘bersih’, umpan udara yang disaring memotong corong masukan. Mencerminkan sisi intake, keempat downpipe knalpot menggunakan penampang oval.

 

Dibangun dari titanium, ukuran fisik knalpot Akrapovič yang kecil dan ringan berkontribusi pada sentralisasi massa dan sudut kemiringan sisi kanan. Sekarang volumenya 1L lebih besar; katup buang dirancang untuk menghasilkan torsi rpm rendah dan daya rpm tinggi – untuk 24YM tingkat output suara telah berkurang saat katup beralih. 5dB lebih senyap dari desain sebelumnya, catatan knalpot juga naik linier dengan rpm mesin.

 

3.2 Mesin Elektronik

 

  • Sistem 2-Motor Throttle By Wire baru menghadirkan kontrol yang mulus untuk akselerasi dan pengereman engine
  • Honda Selectable Torque Control (HSTC) 9 tingkat dioptimalkan untuk karakter output daya dan rasio roda gigi baru
  • 3 mode berkendara default plus opsi untuk menyesuaikan parameter Power, Engine Brake, HSTC, dan Wheelie Control yang direvisi
  • Perlengkapan standar Mode Mulai 4 tingkat

 

17YM CBR1000RR adalah mesin empat silinder segaris pertama dari Honda yang menggunakan Throttle By Wire (TBW). Diturunkan dan dikembangkan dari sistem yang digunakan oleh RC213V-S, ia mengontrol sudut katup kupu-kupu throttle (relatif terhadap input dari throttle) untuk memberikan pengiriman linier dan menempatkan kontrol throttle yang tepat – dan nuansa alami – di tangan kanan pengendara. Ini adalah area kritis dan dalam 22YM beban pegas balik TBW berkurang, semakin meningkatkan respons dan linearitas input throttle.

 

Untuk membawa mesin ke tingkat kontrol berikutnya – dan yang pertama untuk Honda – TBW sekarang menjadi sistem 2-Motor, 1 motor untuk silinder 1 dan 2, yang lainnya untuk 3 dan 4. Melalui bukaan throttle yang lebih kecil, katup throttle silinder 1 dan 2 terbuka terlebih dahulu untuk menyesuaikan output secara halus dan menghasilkan fluktuasi rotasi engkol. Ini membuat mesin lebih mudah dikendalikan dan digunakan melalui rentang rpm yang lebih rendah. Saat putaran naik, semua katup throttle terbuka bersama, untuk aliran daya top-end yang mulus.

 

Manfaat lain dari 2-Motor TBW adalah amplifikasi pengereman mesin. Dengan throttle tertutup sepenuhnya selama perlambatan, silinder 3 dan 4 terbuka dengan katup buang tertutup untuk meningkatkan kehilangan pemompaan mesin – dan karenanya pengereman mesin – sementara silinder 1 dan 2 ditutup, siap untuk dibuka dengan lancar pada akselerasi berikutnya.

 

Untuk Honda Selectable Torque Control (HSTC) 9-level, pembaruan 22YM lainnya meningkatkan rasa. Kesenjangan antara waktu intervensi dan kontrol laju slip (yang memantau tingkat perubahan slip berdasarkan rasio kecepatan roda depan / belakang) – diubah untuk memberikan manajemen pegangan yang jauh lebih halus dan intuitif, dengan perangkat lunak yang dikembangkan dengan umpan balik tingkat atas yang luas dari seluruh dunia, termasuk pengendara HRC. Untuk 24YM, HSTC telah dioptimalkan untuk karakteristik output daya baru mesin dan rasio roda gigi yang direvisi.

 

Ada tiga mode berkendara default dengan opsi untuk mengubah output dan karakter mesin. Daya (P) beroperasi melalui level 1-5 dengan 1 memberikan kekuatan langsung tertinggi. Engine Brake (EB) mengelola kinerja pada throttle tertutup melalui level 1-3, dengan 1 menjadi pengereman mesin terkuat yang dihadirkan oleh 2-Motor TBW; Wheelie (W) mengelola melalui level 1-3 (plus off) dengan 1 memberikan intervensi terlemah. Semua pengaturan di seluruh papan telah direvisi untuk 24YM.

 

Wheelie Control menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh IMU pada sudut pitch Fireblade SP, bersama dengan sensor kecepatan roda depan dan belakang untuk mempertahankan torsi dan mengelola wheelie tanpa mengorbankan penggerak ke depan.

 

Fireblade SP juga dilengkapi dengan Start Mode untuk memulai balapan. Ini membatasi rpm mesin pada set point 6.000, 7.000, 8.000 dan 9.000rpm, bahkan dengan throttle terbuka lebar, membiarkan pengendara fokus pada pelepasan kopling (dan lampu) saja. Quickshifter 3 tingkat yang sesuai standar menghasilkan perubahan yang sangat cepat, dengan waktu pemotongan bahan bakar yang singkat saat perpindahan gigi dan pengambilan torsi yang lebih halus setelah pemindahan gigi.

 

3.3 Perlengkapan lari

 

  • Rangka aluminium yang direvisi memiliki keseimbangan kekakuan baru untuk meningkatkan akurasi kemudi dan rasa cengkeraman
  • Generasi ketiga Öhlins Smart Electronic Control (S-EC3.0) menawarkan pilihan pengaturan yang disempurnakan, dengan layar panduan preload baru.
  • Garpu Öhlins 43mm NPX (SV) memiliki fitur internal Spool Valve baru, seperti halnya shock belakang TTX36 (SV)
  • Kaliper empat piston radial-mount Brembo Stylema R baru yang dikelola oleh Cornering ABS sekarang dengan 3 mode – STANDAR/LINTASAN/BALAPAN
  • Posisi berkendara baru menaikkan setang dan menurunkan footpeg untuk meningkatkan kebebasan dan kontrol pengendara
  • Unit Pengukuran Inersia (IMU) enam sumbu Bosch memberikan perhitungan perilaku dinamis yang akurat
  • Honda Electronic Steering Damper (HESD) 3-level Showa dikendalikan oleh IMU untuk manajemen stabilitas

 

Rangka utama bergaya berlian dibuat dari aluminium 2mm dengan penyetelan keseimbangan kekakuan yang sangat akurat; Dalam pembuatannya, setelah empat komponen rangka utama dilas, engine dipasang di enam lokasi untuk meningkatkan penanganan alat berat.

 

Untuk ribbing internal 24YM telah dihilangkan, area dinding tipis diperluas dan dibentuk dioptimalkan. Total 960g telah dicukur dari rangka, dengan 140g lebih lanjut dari baut gantungan mesin yang lebih pendek. Tetapi tujuan utama dari pekerjaan ini adalah untuk menyesuaikan keseimbangan kekakuan untuk nuansa penanganan yang lebih lentur dengan akurasi kemudi yang sangat tajam; Kekakuan lateral berkurang 17%, dengan kekakuan torsi 15% lebih sedikit.

 

Jarak sumbu roda diatur pada 1.455mm dengan rake dan trail 24 ° 7 ‘/ 101.9mm. Berat basah adalah 201kg. Distribusi berat seimbang pada 53% / 47% sementara c-of-g tinggi meningkatkan kelincahan sisi-ke-sisi.

 

Lengan ayun – dibangun dari 18 ketebalan aluminium individu dan seperti yang digunakan oleh RC213V-S – memiliki panjang 622,7mm. Kekakuan horizontal dan vertikalnya disetel untuk menghasilkan cengkeraman dan nuansa.

 

Untuk integritas desain optimal (dan untuk menghemat berat), dudukan atas shock belakang Pro-Link dipasang ke bagian belakang blok engine melalui braket. Ini juga mengisolasi roda belakang dari headstock, meningkatkan stabilitas kecepatan tinggi dan merasakan traksi roda belakang.

 

Tabung aluminium bundar berdinding tipis membentuk subframe minimal. Ini juga dipasang ke rangka dari atas untuk mempersempit area di sekitar bagian belakang tangki bahan bakar dan kursi, membuat posisi berkendara yang kompak – dan efisien secara aerodinamis. Tinggi kursi adalah 830mm, dan posisi berkendara telah disesuaikan secara halus untuk 24YM untuk memungkinkan lebih banyak kebebasan kontrol – setang 19mm lebih tinggi – dan 23mm lebih dekat – dengan footpeg diatur 16mm lebih rendah.

 

CBR1000RR-R Fireblade SP adalah sepeda produksi pertama di dunia yang menampilkan garpu Öhlins 43mm S-EC3.0 (SV) NPX USD generasi ketiga. Menggunakan struktur katup spool internal, mereka meningkatkan kualitas pengendaraan dan stabilitas belok melalui langkah suspensi. Rasakan cengkeraman ban depan juga ditingkatkan. Garpu dijepit oleh kuk atas dan bawah aluminium tempa eksklusif dan panjangnya juga menawarkan kebebasan yang lebih besar untuk perubahan geometri. Yang cocok dengan ujung depan berkualitas balapan adalah shock belakang Öhlins TTX36 S-EC3.0 (SV).

 

Dalam hubungannya dengan perangkat keras, Öhlins Objective Based Tuning interface (OBTi)

menawarkan penyesuaian suspensi depan dan belakang yang jauh lebih halus; Keduanya dapat diatur secara independen dari pengaturan default dan 3 mode individual dapat diatur dan disimpan, memungkinkan pengendara untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan untuk kondisi seperti cuaca, keausan ban atau beban bahan bakar – dan untuk beralih secara instan saat berkendara. Fitur baru adalah panduan preload pegas depan / belakang, dapat diakses melalui meteran, yang merekomendasikan pengaturan yang benar untuk berat pengendara.

 

Kaliper rem mount radial empat piston Brembo Stylema R baru dioperasikan oleh master silinder Brembo dan tuas rem dan menawarkan kinerja pengereman tinggi secara konsisten pada suhu tinggi yang dihasilkan di trek. Mereka mencengkeram cakram berdiameter 330mm/tebal 5mm yang menghilangkan panas secara efisien. Kaliper rem belakang adalah unit Brembo yang sama yang digunakan oleh RC213V-S.

 

Unit Pengukuran Inersia (IMU) enam sumbu Bosch memberikan perhitungan pitch and roll yang akurat untuk kontrol perilaku sepeda yang tepat. Fireblade SP juga dilengkapi dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) Showa, desain batang tembus ringan yang dipasang di bagian bawah batang kemudi dan menempel pada kuk bawah. HESD dikendalikan oleh input dari sensor kecepatan roda dan IMU; Tersedia 3 tingkat kontrol.

 

Kontrol angkat belakang dan gaya rem yang dikelola ABS relatif terhadap sudut miring meningkatkan kepercayaan diri saat turn-in. Baru untuk 24YM fitur sistem sekarang memiliki 3 pengaturan switchable; Mode STANDAR berfokus pada performa berkendara di jalan raya, dengan gaya rem tinggi dan lebih sedikit pitching, sedangkan mode TRACK menawarkan performa dalam pengereman dari kecepatan sirkuit yang jauh lebih tinggi dan tidak menekan angkat belakang. Mode RACE mematikan fungsi ABS belakang sepenuhnya, tanpa input Cornering ABS.

 

Pelek aluminium cor 17-spoke 5 inci belakang memasang ban berukuran 200/55-ZR17, meminimalkan perubahan geometri sasis saat berpindah dari jalanan ke karet trek. Pelek aluminium cor 5-spoke depan memasang ban 120/70-ZR17.

 

3.4 Paket & Peralatan Aerodinamis

 

  • Fairing tengah yang didesain ulang mencakup pembentukan winglet baru untuk kelincahan kecepatan tinggi; Fairing Bawah memiliki Aero Step belakang untuk meningkatkan rasa traksi belakang
  • Layar TFT warna 5 inci dan sakelar kiri empat arah menawarkan kontrol intuitif sistem berkendara; Redline kini menaikkan skala RPM hanya saat engine berada pada suhu pengoperasian
  • Kapasitas bahan bakar meningkat menjadi 16.5L
  • Pengoperasian Smart Key menambah kenyamanan

 

Desain fairing yang agresif bukan sekadar latihan gaya: ini dirancang untuk menciptakan koefisien drag terdepan di kelasnya (dengan pengendara yang terselip di bawah kondisi trek) dan membatasi pengangkatan di bawah akselerasi sambil meningkatkan stabilitas pengereman.

 

Bagian tengah fairing memiliki winglet yang dibentuk ulang, lebih maju yang sekarang menghasilkan downforce – untuk mengurangi wheelies di bawah akselerasi dan meningkatkan stabilitas pada pengereman dan entri tikungan – dengan langkah frontal aerodinamis. Desain baru mengurangi momen yaw melalui tikungan sebesar 10% untuk membuat belokan kecepatan tinggi lebih mudah.

 

Untuk membuat kemudi lebih mudah, permukaan cembung di setiap sisi pelindung lumpur depan memindahkan aliran udara menjauh dari roda depan, dengan lancar mengarahkannya ke sisi fairing. Udara pendingin untuk radiator dan pendingin oli dioptimalkan dengan manajemen aerodinamis baik kecepatan maupun tekanan udara yang mengalir dari ban.

 

Desain fairing bawah baru memanjang dekat dengan ban belakang dan sekarang dilengkapi langkah aerodinamis untuk mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang yang meningkatkan penanganan.

 

Untuk membiarkan udara mengalir di sekitar kaki pengendara dengan resistansi minimum, sisi-sisi hugger belakang dibentuk dengan hati-hati, sementara sisi atasnya dipotong untuk melampiaskan udara yang mengalir dari bawah kedua sisi lengan ayun, mengurangi daya angkat belakang.

 

Penutup tangki bahan bakar diatur rendah, mengurangi area frontal dengan pengendara rawan. Ini telah dibentuk kembali untuk meningkatkan cengkeraman lutut pengendara dan kapasitas bahan bakar telah ditingkatkan .4L menjadi 16.5L. Pada sudut 35°, layar dengan lancar menyalurkan aliran udara dari fairing atas di atas pengendara dan seat cowl, yang dengan sendirinya menghadirkan hambatan hambatan seminimal mungkin.

 

Untuk kontrol penuh dan intuitif dari sistem Fireblade, ada resolusi tinggi, layar TFT 5 inci penuh warna. Ini sepenuhnya dapat disesuaikan untuk menunjukkan dengan tepat apa yang ingin dilihat pengendara. Switchgear kiri yang ringkas memiliki sakelar empat arah; Cepat dan mudah digunakan, tombol atas / bawah mengatur parameter mode berkendara, sedangkan tombol kiri / kanan siklus menampilkan informasi layar.

 

Fungsi baru – untuk melindungi mesin – memindahkan redline ke 8.000rpm saat start-up; Saat suhu cairan pendingin mencapai zona operasinya, redline bergerak hingga lebih dari 14.000 rpm.

 

Smart Key System Honda mengoperasikan kunci kontak tanpa harus memasukkan kunci, dan kunci stang. Ini nyaman dalam penggunaan sehari-hari dan memungkinkan penggunaan kuk atas bergaya kompetisi, dengan ruang optimal untuk sistem udara ram. CBR1000RR-R Fireblade juga dilengkapi Emergency Stop Signal (ESS), yang pada pengereman mendadak, indikator belakang diaktifkan untuk memperingatkan pengguna jalan di belakang.

 

 

  1. Aksesoris

 

Berbagai Aksesori Asli Honda tersedia untuk Fireblade SP 24YM CBR1000RR-R baik secara individu maupun sebagai bagian dari Paket aksesori Racing atau Comfort.

 

HRC Race Kit – (bukan untuk penggunaan jalan)

HRC telah mengembangkan Race Kit untuk CBR1000RR-R yang meningkatkan kinerja mesin, dan meningkatkan kemampuan menikung dan cengkeraman. Tersedia untuk dibeli sebagai kit lengkap – dan hanya untuk penggunaan sirkuit – bagian kit HRC termasuk ECU, wiring harness, paking kepala silinder, kopling, gandar belakang quick release dan knalpot balap.

 

Paket Balap

Menambahkan detail kecepatan; Pelindung Rangka dan Bantalan Tangki memberikan perlindungan, Kursi Alcantara menyuntikkan gaya yang cocok dengan Cowl Kursi Merah atau Hitam. Tutup Pengisi Oli, Pelindung Sprocket, Garis-Garis Roda, dan Layar Asap Tinggi adalah sentuhan akhir.

 

Paket Kenyamanan

Siap untuk menempuh jarak jauh: Soket USB Type-C memudahkan pengisian daya smartphone, ditambah kapasitas angkut Tank Bag dan Rear Seat Bag yang fleksibel.

 

 

  1. Spesifikasi Teknis

 

MESIN
Jenis Berpendingin cairan 4-tak 16-katup DOHC Inline-4
Kapasitas mesin (cm³) 1000cc
Tidak. Jumlah Katup per Silinder 4
Lubang ‘ Langkah (mm) 81mm x 48.5mm
Rasio Kompresi 13.6:1
Output Daya 160kW @ 14.000rpm
Torsi 113Nm @ 12.000rpm
Tingkat Kebisingan Lperkotaan 76.2dB, Lwot 81.1dB
Kapasitas Minyak 4.0L
SISTEM BAHAN BAKAR
Karburasi PGM-FI
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 16.5L
C02 Emisi WMTC 155g/km
Konsumsi Bahan Bakar 14,9km / L (6,7L / 100km)
SISTEM KELISTRIKAN
Starter Listrik
Kapasitas Baterai 12-2.3Ah HJ12L(Li-ion
KERETA PENGGERAK
Jenis Kopling Kopling multiplate basah
Jenis Transmisi Manual 6-percepatan
Perjalanan Terakhir Rantai
BINGKAI
Jenis Spar kembar komposit Aluminium Twin Tube
CASIS
Dimensi (P x L x T) 2.105mm x 750mm x 1.140mm
Wheelbase 1,455mm
Sudut Kaster 24°7′
Trail 101,9 milimeter
Ketinggian Kursi 830mm
Ground Clearance 130mm
Berat bersih 201kg

Edisi Karbon 200kg

SUSPENSI
Tipe Depan Öhlins 43mm S-EC3.0 (Katup Spool) garpu NPX USD, dengan penyesuaian preload, kompresi dan rebound, stroke 125mm.
Tipe Belakang Öhlins TTX36 S-EC3.0 (Katup Spool) Pro-Link swingarm dengan preload, kompresi dan rebound redaman, stroke 143mm.
RODA
Ukuran Pelek Depan 17 inci x MT3.5
Ukuran Pelek Belakang 17 inci x MT6.0
Ban Depan 120/70-ZR17 m/c (58W)

Pirelli Diablo Supercorsa SP V3

Batu Jembatan RS11

Ban Belakang 200/55-ZR17 m/c (78W)

Pirelli Diablo Supercorsa SP V3

Batu Jembatan RS11

REM
Jenis Sistem ABS 2 saluran
Depan Disk 330mm dengan kaliper Brembo Stylema R 4-piston radial-mount
Belakang Disk 220mm dengan kaliper Brembo 2-piston
INSTRUMEN & LISTRIK
Instrumen TFT-LCD
Sistem Keamanan Kunci Cerdas Honda
Lampu LED
Lampu belakang LED
Pembatalan Penangkar Otomatis Ya
Sinyal Berhenti Darurat Ya
Quickshifter Ya

 

Semua spesifikasi bersifat sementara dan dapat berubah tanpa pemberitahuan.

 

** Harap dicatat bahwa angka yang diberikan adalah hasil yang diperoleh Honda di bawah kondisi pengujian standar yang ditentukan oleh WMTC. Pengujian dilakukan di jalan bergulir menggunakan versi standar kendaraan dengan hanya satu pengendara dan tidak ada peralatan opsional tambahan. Konsumsi bahan bakar sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada bagaimana Anda berkendara, bagaimana Anda merawat kendaraan Anda, cuaca, kondisi jalan, tekanan ban, pemasangan aksesori, kargo, berat pengendara dan penumpang, dan faktor lainnya.

Apakah oprekan balap moge superbike ini akan bertaji di WSBK 2024 besok? #honda #superbike #cbr1000rrr #fireblade #firebladesp

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 

 

 

 

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.