Tips Aman Naik dan Turun Sepeda Motor ala Honda Istimewa

1
756

Tips Aman Naik dan Turun Sepeda Motor ala Honda Istimewa

., salam pertamax7.com, Tips Aman Naik dan Turun Sepeda Motor ala Honda Istimewa

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Satu Hati.

Ada info resmi dari Yogyakarta – Salah satu hal penting dalam mengendarai sepeda motor namun sering diabaikan oleh pengendara adalah cara aman untuk naik dan turun sepeda motor baik Ketika akan berkendara ataupun setelah berkendara. Dalam kondisi tertentu dan hal ini diabaikan, bisa memunculkan resiko bahaya terhadap diri sendiri ataupun orang lain.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Tips Aman Naik dan Turun Sepeda Motor ala Honda Istimewa

Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta berbagi tips mengenai cara aman naik dan turun sepeda motor ala Honda Istimewa.

  1. Konfirmasi Kondisi dan Keselamatan

Sebelum naik atau turun dari sepeda motor sangat direkomendasikan bagi pengendara untuk melakukan konfirmasi kondisi dan keselamatan. Caranya adalah dengan menoleh ke belakang dan sekitar motor. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal buruk seperti terserempet kendaraan lain atau mengenai orang lain yang ada di sekitar.

  1. Jarak Motor dengan Pengendara

Saat pengendara berdiri di sampin kiri sepeda motor, disarankan untuk memberi jarak satu kepalan tangan atau kurang lebih 10-15 cm dari sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dalam menjaga keseimbangan. Saat berdiri dengan posisi badan atau pinggul pengendara menempel dengan sepeda motor, maka pengendara akan lebih sulit untuk menjaga keseimbangan.

Partner
IRC
Honda
FDR
  1. Posisi Kaki Pengendara

Sebelum pengendara naik atau turun sepeda motor posisi tangan kanan pengendara harus menekan rem depan agar motor tidak bergerak tiba-tiba. Saat pengendara naik atau turun motor posisi kaki pengendara harus dibuka dan disilangkan ke sisi motor yang lain bukan disilangkan melalui bagian tengah motor ke bagian sisi kanan motor. Setelah itu posisi kaki kanan langsung berada di pijakan (footstep) motor.

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah setiap tipe sepeda motor memiliki cara yang berbeda yaitu:

Naik Turun Sepeda Motor Sport Honda CB150X Posisi kaki kanan naik dan menyilang ke bagian kanan motor.
  • Motor sport / cub

Posisi kaki kanan naik dan menyilang ke bagian kanan motor kemudian langsung berada di footstep dan menginjak rem belakang.

Tips Aman Naik dan Turun Sepeda Motor ala Honda Istimewa
Naik Turun Sepeda Motor Matic Honda BeAT Posisi kaki kanan naik dan menyilang ke bagian kanan motor, bukan melalui bagian tengah.
  • Motor Skutik

Posisi kaki kanan naik dan menyilang ke bagian kanan motor kemudian langsung berada di footstep. Tidak disarankan untuk naik turun di motor skutik dengan menyilangkan kaki kanan melalui bagian tengah motor karena akan membuat keseimbangan motor akan goyah.

Naik Turun Sepeda Motor Honda CB150X dengan Top BOX dan Sidebox Posisi kaki kanan naik dan dilipat dengan memegang kaki bagian tulang kering kemudian diangkat dan menyilang ke bagian kanan motor
  • Motor dengan box belakang

Posisi kaki kanan naik dan dilipat dengan memegang kaki bagian tulang kering kemudian diangkat dan menyilang ke bagian kanan motor sehingga kaki tidak terkena box belakang motor. Setelah itu kaki kanan langsung berada di footstep dan menginjak rem belakang

  1. Posisi Tangan Pengendara

Saat pengendara akan naik atau turun sepeda motor sebaiknya posisi tangan ditempatkan di kemudi sepeda motor dengan melakukan pengereman menggunakan 4 jari. Tujuannya  agar sepeda motor pada posisi stabil tidak bergerak ke depan atau ke belakang. Hal ini akan sangat membantu saat berada di medan jalan turunan atau tanjakan.

  1. Posisi Standar / Penyangga Motor

Standar / penyangga samping (side stand) sepeda motor dapat dinaikkan menggunakan kaki terlemah karena kaki terkuat digunakan untuk menahan sepeda motor agar tidak jatuh. Beda halnya dengan standar / penyangga tengah (main stand) diturunkan dengan cara didorong ke depan menggunakan tangan kanan atau bisa juga pengendara berada di atas motor kemudian tarik kebelakang dan dorong sekuat mungkin ke depan dibarengi dengan melakukan pengereman depan.

“Naik turun sepeda motor masih dianggap hal sepele oleh pengendara. Namun demikian jika dilakukan dengan cara yang salah bisa menimbulkan resikonya besar khususnya bila pengendara tidak mengetahui teknik tersebut. Tetap #Cari_aman saat berkendara, dimulai dari saat naik dan turun sepeda motor.” pungkas Pak Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta .

Pemirsa naik dan turun dari sepeda motor Honda apa nih om? monggo komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.