Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba

1
1279

Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba

., salam pertamax7.com, Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Yamaha Mania.

Ada info resmi dari Yamaha Territory VI (Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu) berjudul Tips Merawat Motor di Musim Pancaroba

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba

Musim pancaroba diwarnai dengan keadaan udara tidak menentu, atau adanya peralihan antara musim kemarau dan musim hujan. Tidak hanya kita saja yang langsung terkena dampak dari musim pancaroba melainkan motor yang kerap digunakan pun bisa terdampak. Karenanya, dibutuhkan perawatan rutin agar performa motor selalu terjaga baik di segala kondisi musim.

Untuk itu, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu) memberikan tips perawatan motor di musim pancaroba :

1.Cek filter udara Sepeda Motor Yamaha

Partner
IRC
Honda
FDR

Di musim panas kondisi jalan di Indonesia lebih berdebu, menyebabkan cepat kotornya filter udara pada motor. Jika filter udara terlalu kotor mengakibatkan suplai udara menjadi berkurang karena terhambat debu dan kotoran, sehingga menyebabkan performa mesin menurun serta konsumsi bahan bakar lebih boros.

Maka disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan filter udara setiap satu bulan sekali. Untuk saringan tipe kering, bisa dilakukan pembersihan dengan udara bertekanan, jika saringan tipe basah maka wajib dilakukan penggantian.

2.Ban Sepeda Motor Yamaha

Cek kondisi tekanan ban karena di musim pancaroba tekanan ban cenderung tidak stabil, lalu cek juga ketebalan grip ban karena grip ban yang sudah menipis bisa membahayakan pengendara pada saat hujan yang tiba-tiba datang.

Kami sarankan menggunakan angin dari nitrogen saat musim pancaroba karena nitrogen cenderung memiliki tekanan yang lebih stabil dibandingkan dengan angin biasa.

3.Mencuci sepeda motor Sepeda Motor Yamaha

Biasakan jangan terlalu lama menunda mencuci motor setelah terkena hujan, karena air hujan yang bersifat asam dapat menyebabkan komponen-komponen motor lebih cepat berkarat.

Karenanya segera bilas motor dengan air biasa setelah terkena air hujan. Dan sebaliknya saat musim panas atau kemarau, jangan lupa mencuci motor agar debu tidak melekat pada komponen- komponen motor.

4.Pengecekan air radiator Sepeda Motor Yamaha

Pada saat cuaca lagi panas tentunya mesin membutuhkan pendinginan yang optimal, khusus untuk motor yang menggunakan pendinginan air radiator. Sebaiknya pengendara wajib memastikan air radiator pada tabung reservoir selalu berada di batas yang aman yaitu diantara batas atas dan batas bawah tabung reservoir.

Jika dirasa air radiator berada di batas bawah maka disarankan melakukan pengisian atau penambahan air radiator pada reservoir. Jika Anda ingin melakukan pengisian sendiri maka Anda bisa membuka tabung reservoir yang biasanya berada di bagian bawah sepeda motor yang biasanya berwarna putih.

5.Pengecekan rantai (motor manual) Sepeda Motor Yamaha

Saat musim pancaroba yang tidak menentu, pengecekan rantai cukup penting dikarenakan rantai berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Oleh sebab itu rantai harus dipastikan dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan kekencangan rantai, setel jika sudah kendor, berikan juga cairan khusus pelumas rantai dan selalu cek kondisi keausan rantai dan gear.

6.Jas hujan

Bawa selalu jas hujan dalam bagasi motor Anda saat musim pancaroba. Selain merawat motor, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan menghindari terkena hujan langsung.

Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba
Merawat Motor Yamaha di Musim Pancaroba

Mungkin ada pemirsa yang punya motor Yamaha? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.