Toprak Tinggalkan Yamaha WSBK Akhir Tahun 2023, Pindah Ke MotoGP 2024 Kah?

1
1637

Toprak Tinggalkan Yamaha WSBK

., salam pertamax7.com, Toprak Tinggalkan Yamaha WSBK Akhir Tahun 2023, Pindah Ke MotoGP Kah?

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Balap Mania. 

Ada kabar yang tidak bikin kaget hari ini, Senin, 22 Mei 2023 09:04 WIB bahwasanya Toprak Razgatlioglu akan meninggalkan Yamaha WSBK pada akhir musim tahun 2023 ini.

Kontrak Toprak Razgatlioglu selaku Juara Dunia 2021 dengan Yamaha berakhir pada akhir musim dan Razgatlioglu akan pergi pada akhir kontraknya saat ini. Berikut adalah berita resminya dari laman WorldSBK

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Toprak Tinggalkan Yamaha WSBK Akhir Tahun 2023

Ada beberapa pembalap yang kontraknya habis pada akhir Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike 2023 dan salah satunya adalah Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon WorldSBK).

Setelah empat musim bersama pabrikan Jepang, Toprak Razgatlioglu akan meninggalkan Yamaha pada akhir kampanye 2023 untuk tantangan baru meskipun tujuannya belum dikonfirmasi. Toprak Razgatlioglu mengklaim gelar 2021 untuk menjadi Juara Dunia pertama Yamaha di WorldSBK sejak 2009 ketika Ben Spies mengklaim gelar tersebut.

Stoppie Toprak Razgatlioglu Yamaha YZF-R1 Juara Superpole Race WSBK Donington Park UK 2022
Stoppie Toprak Razgatlioglu Yamaha YZF-R1 Juara Superpole Race WSBK Donington Park UK 2022

KEMITRAAN YANG SUKSES: kisah dari tahun 2020 hingga saat ini

Toprak Razgatlioglu pindah ke Yamaha untuk kampanye 2020 dan membuat dampak instan pada mesin Yamaha YZF-R1 dengan kemenangan di Race 1 di Phillip Island, balapan pertamanya di Yamaha. Dia menyelesaikan kampanye 2020-nya dengan dua kemenangan lagi di Circuito Estoril untuk mengakhiri kampanyenya dengan tinggi dan ini mendorongnya ke kampanye 2021 yang memenangkan gelar. Total 13 kemenangan dan 29 podium berasal dari 37 balapan pada tahun 2021 saat ia mengalahkan Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) dalam pertarungan panjang musim yang mendebarkan untuk mengakhiri rentetan gelar Ulsterman.

Partner
IRC
Honda
FDR

Performanya berlanjut hingga kampanye 2022 dan dia mengakhiri tahun dengan lebih banyak kemenangan, 14, daripada yang dia lakukan di musim perebutan gelar tetapi akhirnya finis di tempat kedua di belakang Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati). Pada tahun 2022, ia membuat sejarah dengan menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak untuk Yamaha dengan melewati total yang dipegang oleh Noriyuki Haga yang mengamankan 27 kemenangan untuk Yamaha selama karir WorldSBK-nya. Razgatlioglu memiliki 11 podium dari 12 balapan sejauh ini dalam kampanye 2023, termasuk satu kemenangan di Mandalika di Tissot Superpole Race.

Secara total, Razgatlioglu memiliki 31 kemenangan dengan Yamaha dan 47 podium lebih lanjut dengan mesin R1 hingga saat ini sementara ia juga menjalani dua tes MotoGP™ dengan Yamaha. Dia akan meninggalkan pabrik sebagai Juara Dunia kedua mereka di WorldSBK sejak dia membantu Yamaha memenangkan Kejuaraan Pembalap, Tim, dan Pabrikan pada tahun 2021, menjadi pembalap pertama sejak Ben Spies pada tahun 2009 yang memenangkan gelar WorldSBK di Yamaha, mengakhiri kemitraan empat tahun yang sukses antara Razgatlioglu dan Yamaha.

Sebelum waktunya bersama Yamaha, Razgatlioglu menghabiskan dua musim dengan mesin Kawasaki di tim Kawasaki Puccetti Racing. Dia mengklaim 15 podium di dua kampanye dengan mesin ZX-10RR dengan yang pertama di musim rookie-nya datang di Donington Park. Kemenangan pertamanya datang setahun kemudian di Circuit de Nevers Magny-Cours ketika ia menang dari posisi ke-16 di grid di Race 1 dan Tissot Superpole Race.

RAZGATLIOGLU MENGATAKAN: “Jika saya ingin tetap di WorldSBK maka saya membutuhkan target baru, ambisi baru”

Razgatlioglu yang berusia 26 tahun, yang juga merupakan pemenang gelar STK600 dan runner-up STK1000, akan meninggalkan Yamaha pada akhir kampanye saat ini saat ia mencari tantangan baru setelah empat musim dengan mesin Yamaha YZF-R1. Baik Yamaha dan Razgatlioglu masih akan bertujuan untuk memperjuangkan gelar di musim 2023 meskipun mereka mendapati diri mereka membuntuti Bautista dengan 69 poin di klasemen Kejuaraan Pembalap.

Membahas pengumuman tersebut, Toprak Razgatlioglu berkata:

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga Yamaha atas cinta dan rasa hormat yang telah mereka tunjukkan kepada saya. Untuk memenangkan Kejuaraan Dunia adalah impian saya ketika saya menandatangani kontrak dengan Yamaha, dan kami mencapai tujuan itu bersama.

Untuk musim depan saya merasa saya membutuhkan tantangan baru dan sementara ada peluang di MotoGP, saya tidak merasakan hubungan yang sama dengan motor MotoGP™™ yang saya miliki dengan superbike. Tetapi jika saya ingin tetap di WorldSBK maka saya membutuhkan target baru, ambisi baru.

Saya minta maaf meninggalkan Yamaha, baik merek maupun orang-orangnya, karena kami memiliki hubungan yang sangat baik, tetapi perubahan adalah bagian dari olahraga apa pun dan normal bagi profesional mana pun. Jadi, terima kasih banyak kepada Yamaha Motor Company, Yamaha Motor Europe, Yamaha Motor Turkiye, tim Pata Yamaha Prometeon WorldSBK dan terutama kepada kru saya, yang semuanya telah bekerja sangat keras untuk saya.”

Toprak Razgatlioglu Tinggalkan Yamaha WSBK Akhir Tahun 2023
Toprak Razgatlioglu Tinggalkan Yamaha WSBK Akhir Tahun 2023

Mr DOSOLI MENGATAKAN: “Kami membuat apa yang kami rasakan sebagai tawaran yang mencerminkan nilai Toprak sebagai pembalap”

Masa depan Razgatlioglu telah diperdebatkan dengan kontraknya berakhir pada akhir musim 2023, setelah ia menandatangani kontrak dua tahun untuk menutupi musim 2022 dan 2023 sebelumnya. Dengan masa depannya yang sekarang terbentang jauh dari Yamaha, Mr Andrea Dosoli, Road Racing Manager di Yamaha Motor Europe, mengatakan:

“Kami akan menyesal melihat Toprak meninggalkan Yamaha pada akhir musim ini. Kami ingin melanjutkan apa yang telah menjadi kemitraan yang sangat sukses, dengan sorotan yang jelas adalah tiga mahkota gelar dunia pembalap, pabrikan, dan tim yang kami menangkan bersama pada tahun 2021.

Kami membuat apa yang kami rasakan sebagai tawaran yang mencerminkan nilai Toprak sebagai pembalap dan duta besar untuk Yamaha, serta daya saing paket balap kami dan strategi balap kami dalam platform WorldSBK.

“Namun, ketika negosiasi berlangsung, menjadi jelas bagi kedua belah pihak bahwa Toprak termotivasi untuk merangkul tantangan baru pada tahun 2024 dan kami menghormati keputusannya. Meskipun jalan kami akan menyimpang pada akhir tahun, kami sekarang sepenuhnya fokus pada pertempuran untuk gelar WorldSBK 2023, yang segera dilanjutkan di Misano.

Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Toprak atas nama Yamaha tetapi juga secara pribadi, atas kontribusinya yang tak ternilai bagi proyek WorldSBK kami. Gelar Kejuaraan Dunia pertamanya pada tahun 2021 adalah hadiah yang adil baginya tetapi juga untuk semua orang yang, sejak kami kembali ke WorldSBK pada tahun 2016, telah bekerja sangat keras untuk membuat proyek ini sukses. Ini adalah kenangan yang akan dihargai oleh semua orang di Yamaha. Kami berharap Toprak sukses untuk masa depan tetapi, untuk saat ini, kami memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan.”

Foto Kecelakaan Jonathan Rea Dan Toprak Razgatlioglu WSBK Assen 2022

Selamat dan sukses kepada Toprak Razgatlioglu untuk perjalanan selanjutnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.