Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT Scoopy Mesin K0J

1
1342

Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio

., salam pertamax7.com, Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT Scoopy Mesin K0J

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Oli Mesin Mania. 

Sampai tahun 2023 ini, masih saja banyak DM IG, Tiktok, Komentar Youtube, email dan lain sebagainya terkait berapa kapasitas oli mesin dari Honda Genio 110 maupun All New Honda BeAT dan All New Honda Scoopy yang mengusung mesin sebasis Genio K0J ,,

Ada juga yang ngeyel bin ngotot kalau oli mesin Honda Genio ini cuma 600cc, ada juga yang keukeuh kalau oli mesin matic Honda itu pasti 800cc .,.. alamak, padahal di buku pedoman pemilik sudah di bahas lho, apa tidak di baca ya? ya maklum literasi rendah.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT

Oli mesin berfungsi sangat penting untuk berbagai tujuan seperti pelumasan komponen mesin, pembersih jerohan mesin, pengangkut kotoran dalam mesin, perapat kompresi mesin dan juga pendinginan mesin yang mana perlu diganti rutin dengan patokan mudah adalah km, bukan bulan.

Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT Scoopy Mesin K0J
Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT Scoopy Mesin K0J

Khusus untuk mesin baru Honda K0J yang terpasang di Honda Genio 110, All New Honda BeAT dan All New Honda Scoopy, perlu dipastikan kapasitas oli mesinnya.

Partner
IRC
Honda
FDR
Berapa Sih Kapasitas Oli Mesin Honda Genio BeAT Scoopy Mesin K0J
Baut Pembuangan Oli Mesin Honda Genio All New BeAT Scoopy

Saat mengganti oli mesin rutin Honda Genio All New BeAT Scoopy melalui baut pembuangan oli mesin di samping, maka mesin K0J cuma butuh oli sebanyak 650cc aka 0,65 liter saja.

Akan tetapi, maksimal di 12.000 km sekali, Mesin matic Honda perlu dibersihkan Saringan Kasa Oli Mesin aka oil strainer screen yang mana membutuhkan oli mesin lebih banyak.

Saringan Kasa Oli Mesin Honda Genio K0J All New BeAT Scoopy 110

Versi Honda Indonesia dan Thailand, Saat pembersihan Saringan Kasa Oli Mesin Honda Genio K0J All New BeAT Scoopy 110 ini butuh oli sebanyak 800cc aka 0,8 liter.

Sedangkan versi Honda Malaysia berbeda dengan detail sebagai berikut :

  • Ganti oli mesin rutin tanpa bersihkan saringan kasa butuh oli 650cc/ 0,65 liter.
  • Ganti oli mesin rutin dan bersihkan saringan kasa butuh oli 720cc/ 0,72 liter.
  •  Ganti oli saat turun mesin belah crankcase butuh oli 800cc/ 0,8 liter.

Saya sendiri kalau membersihkan Saringan Kasa Oli Mesin Honda Genio K0J All New BeAT Scoopy 110 ini mengacu pada Honda Malaysia yang membutuhkan oli mesin sebanyak 720cc saja, tapi itu semua tergantung pemirsa lebih yakin yang mana.

Catatan Oli Mesin

Jika kapasitas oli mesin kurang dari yang ditentukan, tentu mesin bisa kepanasan, overheat, performa turun hingga piston terkunci mesin mogok. Namun juga jangan kebanyakan isi oli mesin ya om, yang memperberat kinerja mesin, seal mesin bisa mudah jebol dan juga oli mesin akan naik ke filter udara.

Honda Genio Fun Day
Honda Genio Fun Day

Artikel ini sengaja saya tulis sebagai link jawaban bagi pemirsa yang masih bertanya terkait kapasitas oli mesin Honda Genio, All New Honda BeAT dan All New Honda Scoopy intinya yang pakai mesin basis kode K0J , semoga dibaca.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

 

 


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.