Fungsi Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor

1
136

Fungsi Perawatan Standar Tengah Motor

., salam pertamax7.com, Fungsi Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Naik Motor

Ada info resmi dari Yamaha Territory VI (Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu) berjudul Fungsi dan Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor

Standar tengah motor memiliki sejumlah fungsi yang turut membantu kegiatan berkendara konsumen. Oleh karena itu, konsumen juga perlu memperhatikan perawatan standar tengah motor agar tetap berfungsi dengan baik.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Fungsi Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor

Berikut pemaparan dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu) mengenai fungsi dan perawatan standar tengah motor :

Fungsi standar tengah pada sepeda motor adalah sebagai berikut :

Partner
IRC
Honda
FDR

-Membuat motor stabil tidak mudah jatuh, terutama pada saat parkir di daerah yang menanjak atau menurun.

-Membuat umur shock breaker dan ban belakang lebih awet, dikarenakan pada saat standar tengah, ban motor belakang menjadi terangkat, secara tidak langsung kerja dari shock dan ban belakang jadi lebih berkurang terutama saat parkir kendaraan dalam jangka waktu yang lama.

-Memudahkan saat service dan mencuci motor. Juga ketika melakukan perbaikan part (pergantian ban, rantai terutama bagian belakang motor).

-Meminimalisir terjadinya pencurian sepeda motor, karena pada saat ingin mengendarai sepeda motor standar harus diturunkan dan pada saat diturunkan membutuhkan tenaga yang cukup besar, serta menimbulkan suara. Oleh sebab itu, dengan menggunakan standar tengah sepeda motor, bisa turut membantu pencegahan terjadinya pencurian.

Fungsi Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor
Fungsi Perawatan Standar Tengah Sepeda Motor

Merawat standar tengah sepeda motor :

1.Pelumasan oli Standar Tengah

Bagi motor yang selalu dipakai setiap hari terutama saat melewati kondisi jalan yang basah dan kering, wajib bagi Anda untuk merawat standar tengah. As standar tengah merupakan bagian rentan berkarat, jika as berkarat, berkerak atau bengkok maka yang terjadi as susah dilepas dan harus dibawa ke bengkel bubut.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan apabila motor terkena air hujan atau debu bilas menggunakan air bersih bertekanan atau dengan cara di lap, setelah itu bisa melakukan penyemprotan dengan pelumas khusus.

2.Cek bantalan karet Standar Tengah

Jika diperhatikan terdapat bantalan karet yang tidak terlalu besar di bagian standar tengah sepeda motor. Fungsi dari part tersebut adalah untuk meredam benturan antara standar tengah dan rangka sepeda motor. Untuk merawat atau memperpanjang umur dari standar tengah, sebaiknya jangan lupa cek bantalan karet tersebut setiap melewati jalanan jelek.

3.Perhatikan cara berkendara

Konsumen perhatikan cara berkendara dengan aman. Karena sering dijumpai di jalan pengendara yang lalai, selain membahayakan diri sendiri pengendara yang lalai bisa membahayakan orang lain. Selain membahayakan pengguna jalan, berkendara yang lalai dapat merusak sepeda motor, termasuk standar tengah.

Jika terdapat jalan yang buruk, harap berkendara dengan hati-hati serta memacu kendaraan dengan pelan. Jika memacu kendaraan dengan cepat, dikhawatirkan motor akan membentur jalan yang rusak atau bebatuan. Hal tersebut bukan hanya merusak standar tengah tetapi part lain sepeda motor.

Detail Yamaha Freego Merah Facelift 2023 Merah Jogja
Standar Tengah Yamaha Freego Merah Facelift 2023 Merah Jogja

Pasca mengetahui fungsi pentingnya, Yuk rawat standar tengah sepeda motor kita.. Kecuali kalau motornya memang tidak ada standar tengahnya sih..

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya


Eksplorasi konten lain dari Pertamax7.com | Blog Otomotif

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.