Yayasan AHM Lestarikan Habitat Bekantan : Tanam Seribu Mangrove Rambai di Kalimantan Selatan

Partner Partner Pertamax7.com
IRC
Honda
FDR

Yayasan AHM Lestarikan Habitat Bekantan

., salam pertamax7.com, Yayasan AHM Lestarikan Habitat Bekantan : Tanam Seribu Mangrove Rambai di Kalimantan Selatan

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Satu Hati.

Info resmi dari pulau Jakarta – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove rambai di Kawasan Stasiun Riset Bekantan – Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (8/12). Upaya perlindungan lingkungan ini diharapkan dapat menjaga keberlangsungan hidup bekantan yang merupakan primata endemik Pulau Borneo.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Yayasan AHM Lestarikan Habitat Bekantan

Penanaman bibit mangrove rambai di Pulau Curiak ini melengkapi 750 pohon yang telah ditanam sejak 2018 pada lahan seluas 3.050 meter persegi. Mangrove rambai yang ditanam di Pulau Curiak penting bagi habitat bekantan di mana pucuk daunnya menjadi sumber pakan utama bagi hewan yang terancam punah ini.

Selain itu, penanaman mangrove rambai ini juga dapat berkontribusi menyerap karbon dan memperbaiki ekosistem lahan basah dalam mendukung kehidupan satwa dan kehidupan manusia secara berkelanjutan.

Manajemen Yayasan AHM dan PT Trio Motor bersama Founder Sahabat Bekantan Indonesia (kanan kedua) secara simbolik melakukan penanaman pohon mangrove di Kawasan Stasiun Riset Bekantan – Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (8/12).

Selain menanam pohon mangrove rambai, Yayasan AHM juga membangun titian jalan sepanjang 25 meter dan 1 buah tempat singgah yang akan digunakan sebagai sarana edukasi dan pengembangan Stasiun Riset Bekantan bekerja sama dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia.

Partner
IRC
Honda
FDR

Pak Ahmad Muhibbuddin  selaku Ketua Yayasan AHMmengatakan penanaman mangrove merupakan rangkaian program Bumi Satu Hati yang meliputi reboisasi dan konservasi keanekaragaman hayati dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dan penurunan Gas Rumah Kaca.

Beragam program pelestarian lingkungan secara konsisten dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stakeholder hingga masyarakat maupun para pecinta lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk semangat Sinergi Bagi Negeri dalam berkolaborasi menjaga keberlangsungan alam untuk generasi penerus bangsa.

Kami berharap pohon – pohon yang sudah kami tanam ini dapat memberikan dampak positif terhadap kelestarian dan keseimbangan alam, khususnya untuk habitat bekantan,” ujar Pak Muhib.

Puluhan Ribu Mangrove

Sejak tahun 2015, Yayasan AHM dan PT Astra Honda Motor telah menanam sekitar 23.550 pohon dari berbagai jenis mangrove yang tersebar di berbagai wilayah. Puluhan ribu pohon yang ditanam tersebut diharapkan dapat berkontribusi menyerap karbon sehingga memberikan udara bersih bagi seluruh makhluk hidup.

Selain berdampak pada pelestarian lingkungan, buah dari pohon mangrove dari jenis Sonneratia alba, Sonneratia Caseolaris dan Bruguera Gymnorrhiza pun dapat dimanfaatkan untuk menjadi kreasi panganan lokal sebagai salah satu pendapatan masyarakat seperti dodol, keripik dan sirup. Selain itu, keberadaan mangrove mampu meningkatkan penghasilan masyarakat di sektor pariwisata dan menambah pendapatan nelayan di sekitar kawasan hutan mangrove tersebut.

Dalam berbagai program yang dilaksanakan, Yayasan AHM berupaya berkolaborasi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat. Pada tahun ini, Yayasan AHM telah mengajak sekitar 230 orang relawan dari puluhan komunitas pecinta lingkungan seperti Ecovillage Sarabar, Sahabat Mangrove Ranger, Sahabat Bekantan dari berbagai provinsi Jawa Barat, Provinsi Bali hingga Provinsi Kalimatan Selatan.

Program Konservasi Hutan Mangrove ini Yayasan AHM juga turut didukung Astra Motor Bali, PT Trio Motor sebagai Main Dealer Honda Wilayah Kalimatan Selatan dan Kalimatan Tengah serta PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia, Sahabat Mangrove Ranger dan Masyarakat Adat Desa Tengkulung.

Sepanjang 2022, Yayasan AHM telah melaksanakan berbagai program kegiatan pelestarian lingkungan melalui penanaman 4.000 pohon mangrove di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali (1/9) dan 1.000 pohon di wilayah Paljaya Desa Segarajaya, Bekasi, Jawa Barat (28/10).

Yayasan AHM Lestarikan Habitat Bekantan
Manajemen Yayasan AHM menyerahan bibit pohon mangrove Rambai kepada perwakilan Sahahat Bekantan Indonesia yang akan ditanam di area Pulau Curiak, Kalimantan Selatan (8/12).

Melengkapi komitmen pada pelestarian lingkungan, Yayasan AHM juga melaksanakan Beach Buddy Challenge (BBC) dengan Semangat Kurangi Plastik (SEMANGKUP) yang berhasil mengumpulkan 939 kilogram sampah non organik termasuk 382,7 kilogram sampah plastik, logam hingga kertas di Segara Jaya, Bekasi, Jawa Barat (28/10).

Ada pemirsa yang tinggal di Kalimantan selatan? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.