Merawat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha

Partner Partner Pertamax7.com
IRC
Honda
FDR

Merawat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha

., salam pertamax7.com, Merawat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Kelistrikan.

Info resmi dari Yamaha Territory VI (Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu)  terkait kelistrikan sepeda motor.

Sistem kelistrikan merupakan salah satu pusat kinerja dari sepeda motor. Sistem kelistrikan sepeda motor mempunyai peran penting dalam penyaluran arus listrik ke setiap komponen yang memerlukan daya listrik, mulai dari sistem stater, sistem injeksi, sistem pengapian, sistem pengisian, sistem penerangan dan sinyal, serta komponen pendukung kelistrikan lainnya.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Merawat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha

Karena menjadi poin utama, jika terjadi suatu masalah pada sistem kelistrikannya, maka akan membuat performa motor terganggu.

Berikut Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) memberikan langkah-langkah perawatan yang tepat pada sistem kelistrikan motor :

Partner IRC
Honda
FDR
iklan gma
  1. Memastikan generator (spull Magneto Coil Stator) dalam kondisi normal

Fungsi dari spull Magneto Coil Stator adalah sebagai penghasil energi listrik dengan cara mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, lalu menyalurkannya ke komponen lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat spull Magneto Coil Statoradalah dengan menjaga atau mencegah spull tidak hangus dikarenakan suhu mesin yang terlalu tinggi.

Oleh sebab itu, pastikan sistem pendinginan pada sepeda motor bekerja dengan baik, periksa juga kapasitas dan kondisi oli agar dapat melumasi komponen mesin dengan baik sehingga suhu tetap stabil.

2.Cek kondisi kiprok (Rectifier dan Regulator)

Kiprok adalah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (bolak balik) yang dihasilkan oleh spull dan kemudian mengubahnya ke arus DC (searah) kemudian menstabilkan arus listrik. Jika terjadi kerusakan pada kiprok, maka aki motor pun akan ikut bermasalah. Oleh sebab itu, diperlukan pengecekan rutin pada kiprok yang ada pada sepeda motor, untuk mencegah terjadinya masalah pada aki dan lampu-lampu motor yang disebabkan oleh arus yang tidak stabil.

3.Cek kondisi aki

Aki memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan motor. Fungsi dari aki adalah sebagai penyimpanan energi listrik yang telah disuplai oleh generator (spull). Hal yang dapat dilakukan untuk merawat aki adalah selalu memeriksa tegangan aki, charge jika tegangan aki dibawah standar.

Jika aki sudah tidak bisa menyimpan arus lakukan penggantian aki. Sedangkan untuk jenis aki basah, harus rutin memeriksa kondisi dari air aki supaya volumenya tetap dalam batas indikator.

Aki Basah Yamaha Mio Sporty Merah 2007

4.Cek kabel bodi

Sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan pada setiap pembungkus, sambungan, dan soket-soket pada kabel. Jika menemukan kabel dalam kondisi mulai mengelupas, mudah robek, maka jangan tunggu berlama-lama. Segera ganti kabel dengan tipe/merk yang sesuai dengan motor. Dengan melakukan hal ini, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya korsleting karena pembungkus kabel yang telah mulai terkupas.

Merawat Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha
Kabel Body Yamaha NMAX

5.Melakukan service rutin khusus

Selain pengecekan mesin motor, disarankan juga untuk melakukan service khusus sistem kelistrikan. Hal tersebut sangat disarankan karena sepeda motor memiliki mekanisme kerja yang sebagian besar diolah oleh sistem kelistrikan.

Aki All New Yamaha Aerox 155 VVA livery World GP 60th Anniversary Yuasa TYZ7V

Ayo rawat sepeda motor pemirsa, jangan sampai mogok di jalan.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

 

4 KOMENTAR

  1. Maaf, mas ini yang kemarin tanya di fb njenengan. Pagi ini baru sempat buka, tapi tulisan udah ngga ada

    Jadi, matik2 spull 3 phase apa aja ya mas ? Saya pasang kiprok tiger 2 phase (spull bawaan) tapi aki selalu tekor, ngga kekejar pengisian nya , buat lampu aksesoris….

      • Makasih mas infonya. Ternyata motor2 mahal semua yang 3phase ya .

        Kasus saya itu, motor xeon rc (beli seken) pake h4 130/100w ngga sampai 1jam udah mbrebet dan tekor aki biarpin pun kondisi jalan, dan dikontak off pasti ngga bisa starter lagi. Spek spull masih ori xeon, kiprok udah tiger ori . Kalo pake h4 60/55w si lancar aman .

        Mungkin mas ada advis atau solusi ?

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.