Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

1
162

Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

., salam pertamax7.com, Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Hibrida Ringan

Info resmi dari pulau Jakarta, 1 Juli 2022  dengan judul Gunakan Baterai Lithium-Ion, Begini Kiat Mudah Memperhatikan Baterai All New Ertiga Hybrid.

Salah satu keistimewaan dari All New Ertiga Hybrid adalah kemampuannya meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang didapat melalui penerapan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Suzuki Smart Hybrid merupakan teknologi elektrifikasi yang terdiri dari beberapa komponen. Salah satu komponen utamanya adalah baterai Lithium-ion.

Meski komponen tersebut bebas perawatan, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap memberikan edukasi dan informasi ringan seputar baterai Lithium-ion kepada konsumen agar kinerja dan durabilitas baterai tetap terjaga serta bekerja optimal. 

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Perawawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

Pak Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT SIS menjelaskan

Partner
IRC
Honda
FDR

“Sebagai salah satu komponen vital di All New Ertiga Hybrid, baterai Lithium-ion memerlukan pemeriksaan ringan dengan cara mengikuti anjuran pemakaian agar keawetan dan usia pakai baterai terjaga dengan baik.

Memeriksa baterai Lithium-ion dapat dilakukan secara mudah dan berbarengan dengan perawatan accu maupun komponen lain pada kendaraan pada umumnya secara berkala. Untuk memudahkan konsumen, Bengkel Resmi Suzuki akan melakukan pengecekan bersamaan dengan periode service rutin kendaraan.

Guna menambah kepercayaan dan rasa tenang bagi konsumen, Suzuki juga memberikan masa garansi yang panjang untuk baterai Lithium-ion yaitu selama 5 tahun atau 100.000 km.

Jika diperlukan penggantian baterai, konsumen dapat mempercayakan penanganannya kepada bengkel resmi Suzuki terdekat,”  

Baterai Lithium-ion pada All New Ertiga Hybrid mampu memberikan suplai listrik untuk komponen maupun fitur elektronik sehingga dapat meringankan beban kerja mesin sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik.

Mesin Suzuki Ertiga Mild Hybrid Bensin

Perannya terasa penting dan sangat membantu terutama ketika Engine Auto Start-Stop sedang aktif. Untuk meningkatkan faktor keamanan, baterai Lithium-ion tersebut juga dilengkapi dengan wadah kedap udara sehingga membuat baterai aman dari kotoran maupun cipratan air. 

Kiat pemeriksaan pertama yang paling mudah dilakukan adalah memastikan sisa kapasitas daya baterai selalu dalam kondisi yang cukup atau penuh, dengan cara melihat indikator baterai yang ada di MID (Multi Information Display).

Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara maupun rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.

Hal tersebut dikarenakan sisa daya baterai dapat berkurang secara bertahap saat mobil tidak digunakan serta dipengaruhi faktor eksternal, seperti suhu udara dan lainnya. Selanjutnya, konsumen juga dapat memastikan untuk selalu mengikuti anjuran sesuai dengan buku pedoman perawatan kendaraan dari Suzuki Indonesia untuk menjaga mobil tetap aman dan pada kondisi prima. 

Selain itu, konsumen juga harus menghindari modifikasi pada komponen kelistrikan yang tidak sesuai yang dapat menyebabkan kerusakan, dilarang melepas baterai Lithium-ion sendiri tanpa mekanik bengkel resmi Suzuki, menghindari menerobos banjir, menghindari temperatur di bawah -20°C dan di atas 140°C, menjaga baterai dari jangkauan anak-anak, tidak mencuci baterai dengan cairan apapun, serta mengembalikan limbah baterai Lithium-ion ke bengkel resmi Suzuki.

Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin
Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

“Untuk mengoptimalkan daya tahan baterai pada komponen Suzuki Smart Hybrid, kami menghimbau konsumen untuk mengikuti anjuran perawatan seperti yang ada di dalam buku pedoman perawatan kendaraan.

Selain menjaga agar umur pakainya lama, pemeriksaan juga penting dilakukan untuk memberikan pengalaman mengendarai All New Ertiga Hybrid yang nyaman dan aman.

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan dan penggantian komponen di bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan keaslian suku cadang dan penanganan prima oleh tenaga ahli,” tutup Pak Hariadi. 

Perawatan Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin
Lokasi Baterai LITHIUM-ION Suzuki Ertiga Hybrid Bensin

All New Ertiga Hybrid Bensin tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport dengan Harga On-the-road (OTR) Pulau Jakarta bulan Juni 2022: 

  • All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp292.300.000
  • All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270.300.000
Suzuki Ertiga Hybrid Bensin
Bedah Fitur All New Ertiga Hybrid Bensin

Ada pemirsa yang sudah mau beli Suzuki Ertiga Hybrid Bensin? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.