Ganti Filter CVT Yamaha NMAX, Aerox, LEXI 125 : Penting Nih

Partner Partner Pertamax7.com
Honda

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI

., salam pertamax7.com, Ganti Filter CVT Yamaha NMAX, Aerox, LEXI 125 : Penting Nih

Link ponsel pintar ( di sini ) 

Salam Maxi Mania. 

Menjelang 7 tahun pemakaian Yamaha Old NMAX ABS dan sudah lebih dari 45.000 km, pertamax7.com baru tergugah hatinya untuk mengganti elemen saringan udara rumah V-belt alias filter CVT karena saya lihat sudah menghitam dan kempis. Lho, bukannya bisa dicuci? memang bisa, tapi kalau sudah kempes mau bagaimana lagi? dan ini dia cerita penggantiannya.

Beli Vanbelt KIT Yamaha NMAX 2DP Lebih Murah Ketimbang Ngecer V-Belt

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI

Tanpa perlu basa basi, berikut adalalah cerita saya mengganti filter CVY Yamaha NMAX yang sama dengan All New NMAX, Aerox 155 VVA, All New Aerox 155 Connected sampai Yamaha LEXI 125. Siapkan alat yaitu obeng plus besar ataupun kunci T8 dan mata obeng ketok besar, juga siapkan filter baru yang bisa dibeli di bengkel resmi.

0 Lokasi Baut Cover CVT Yamaha NMAX Lama

Untuk baut dengan mata obeng yang perlu dibuka totalnya cuma 6 buah kok om, keras memang kalau dibuka dengan obeng yang tidak pas, perlu obeng besar. Kalau saya enak pakai kunci T8 dan mata obeng ketok plus besar.

Partner Honda
iklan gma
1 Buka Cover CVT Yamaha NMAX Lama

Untuk membuka Cover CVT, buka dulu semua baut cover CVT dan tarik covernya ke arah bawah dan luar.

2 kondisi Filter CVT Yamaha NMAX Lama

Dan di atas adalah penampakan Filter CVT Yamaha NMAX saya setelah pemakaian lebih dari 45.000 km

Jarak Tempuh Yamaha NMAX pertamax7 saat ganti filter CVT

Dikarenakan sudah kotor dan kempis, akhirnya saya segera meluncur ke Sumber Baru Motor Jogja untuk beli Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt yang kodenya adalah 2DP-E5407-00

3 filter baru CVT Yamaha NMAX Lama 2DP-E5407-00

Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX sendiri harganya adalah Rp24.000 HED per Mei 2022 ini, untung pas ready stock sehingga saya bisa cerita ke pemirsa. Oh iya, Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini direndam dengan oli sebagai pengikat debu, pasir maupun kotoran sehingga saat dipegang tangan akan terasa basah oli/ minyak.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
4 Perbedaan Filter CVT lama dan Baru di Yamaha NMAX

Dan setelah saya buka, langsung komparasi Filter CVT Yamaha NMAX yang sudah lama dan tipis kempis jika dibandingkan dengan yang baru, sungguh sangat berbeda.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
5 Dua Lapis Filter CVT Yamaha NMAX AEROX LEXI

Oh iya, Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini ada 2 lapisan yaitu kuning tipis dan hitam tebal.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
6 Contoh Salah Pasang Filter CVT Yamaha NMAX Old

Dikarenakan Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini dua lapis dan dua warna, saya sempat salah pasang yaitu asumsi saya yang tebal warna hitam untuk arah luar, sedangkan yang warna kuning di dalam

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
7 Contoh Salah Pasang Filter CVT Yamaha NMAX Old Busa Hitam Di Luar

namun setelah saya konsultasikan ke lek Aripistop juragan bengkel ZONA Speed, akhirnya saya mendapatkan pencerahan kalau Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 yang warna kuninglah yang menghadap ke arah luar.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
8 Pemasangan Filter CVT Yamaha NMAX AEROX LEXI Yang Benar

Jadi seperti ini arah pemasangan Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi yang benar, kuning menghadap luar.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
9 Fi;ter CVT Yamaha NMAX AEROX LEXI Yang Benar Busa Kuning Di luar

Sudah jelas kan? setelah ditaruh Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi, langsung saja jepit dengan cover CVTnya.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
10 pasang kembali Cover CVT Yamaha NMAX OLD

Setelah terjepit sempurna, lalu kencangkan baut pengikat cover CVTnya.

Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI
11 kencangkan baut pengikat Cover CVT Yamaha NMAX OLD

Mudah bukan cara pasang Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 itu?

Fungsi Filter CVT-Yamaha

Sesuai dengan namanya, Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini fungsinya untuk menyaring udara dari debu dan kotoran lain sebelum masuk ke ruang CVT.

12 Fungsi Filter CVT Yamaha NMAX Old

Jadi, Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini bertugas supaya udara yang digunakan untuk mendinginkan komponen CVT akan terus bersih tanpa debu , pasir maupun kotoran yang mungkin tersedot ke dalam ruang CVT. Jika ada debu, pasir maupun kotoran lain, bisa membuat kinerja CVT menurun, komponen CVT cepat aus, bergetar, gredek yang tentu tidak nyaman dan aman.

Karena pentingnya Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 ini, saya sarankan penggantian filter ini kalau sudah tidak bisa dicuci maupun sudah kempis. Asumsi saya ganti setiap 16.000 km bagi saya tidak masalah, entah kalau untuk pemirsa.

Lakukan pencucian maupun penggantian Busa elemen Filter saringan udara rumah V-belt Yamaha NMAX, Aerox, dan Lexi 125 lebih cepat jika sering melewati daerah berdebu, berpasir maupun basah karena bisa mengganti kinerja komponen CVT.

Beli Elemen-Filter CVT Yamaha

Jika ada pemirsa yang punya Yamaha NMAX LAMA 2015-2019, Yamaha N-MAX NEW 2020 – Yamaha AEROX 155 LAMA / AEROX 155 NEW 2021 maupun Yamaha LEXI 125 dan ingin ganti filter CVT namun malas ke bengkel resmi Yamaha terdekat? bisa beli online saja om ke marketplace sudah banyak om, pastikan original dari penjual yang terpercaya.

Contoh Tokopedia ( beli di sini )

Harga Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI 2DP-E5407-00 Tokopedia

Contoh Shopee ( beli di sini )

Harga Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI 2DP-E5407-00 Shopee

Ada pemirsa yang punya Yamaha NMAX, Aerox maupun LEXI? sudah pernah ganti filter CVT kah? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

3 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.