Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh

1
83

Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh

., salam pertamax7.com, Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Suzuki Terjamen.

Info resmi dari pulau Jakarta 18 Mei 2022 berjudul Periksa Dan Rawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh

Tradisi mudik menggunakan sepeda motor bagi sebagian orang menjadi salah satu pilihan yang tidak dapat dihindari. Persiapan sebelum berangkat mudik pun harus dilakukan dengan baik untuk meminimalkan kendala selama di perjalanan. Begitu pun setelah kembali, sepeda motor yang telah dikendarai untuk jarak jauh perlu diperiksa agar kondisinya tetap prima saat digunakan kembali untuk beraktivitas sehari-hari. 

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh

Menurut Pak Hariadi selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan kondisi rantai-rantai kendaraan maupun CVT untuk kendaraan skutik.

Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh
Naik Suzuki GIXXER SF 250 Untuk Mudik lebaran

Hal lain yang harus dilakukan pengecekan pada saat-saat awal adalah kondisi oli (pelumas). Periksa kondisi volume, kekentalan dan perubahan warna oli. Hal ini karena beban kerja mesin dan tentunya oli yang cukup berat selama perjalanan jauh. Segera lakukan pergantian oli apabila dengan berbagai indikator tersebut ada yang bermasalah,  termasuk apabila masa pemakaian oli sudah habis.

Partner
IRC
Honda
FDR

Lakukan juga pemeriksaan atau penggantian terhadap komponen seperti pemeriksaan filter udara dan filter oli, ketebalan kampas rem bagian depan dan belakang, serta area komstir atau kemudi yang berpotensi membuat berkendara tidak nyaman.

Pemeriksaan suspensi juga harus dilakukan setelah berkendara melewati jalanan cukup jauh yang tentunya tidak sedikit yang berlubang atau bergelombang. Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi ban dengan cara mengecek tekanan ban dan memperhatikan tampilan ban (sobek, berlubang, aus atau gundul).

Jangan lupa juga mengenai kebersihan sepeda motor. Setelah digunakan berkendara dalam waktu dan jarak yang cukup jauh, pastikan sepeda motor bebas dari kotoran seperti debu, tanah, noda, maupun minyak yang menempel di bodi kendaraan. Apabila hal ini dibiarkan dan tidak dicuci atau dibersihkan dengan benar, kotoran tersebut dapat meninggalkan kerak dan mempengaruhi kinerja dan tampilan sepeda motor.

Mudik Lebaran Naik Suzuki Gixxer SF 250

Selain pemeriksaan dan perawatan kendaraan, Pak Hariadi menambahkan agar pengendara selalu ingat untuk merawat riding gear yang telah digunakan.

“Setelah menggunakan sepeda motor untuk berpergian dengan jarak yang cukup jauh, pengendara sering kali lupa melakukan perawatan perlengkapan keselamatan seperti riding gear agar senantiasa aman dan nyaman ketika digunakan kembali.

Helm, jaket, sarung tangan, sepatu maupun jas hujan yang telah digunakan juga memerlukan perhatian khusus terutama dari segi kebersihannya.

Riding gear tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari risiko buruk yang mungkin terjadi di jalanan.

Sedangkan untuk pemeriksaan mesin maupun komponen lainnya, pengendara dapat melakukannya di bengkel resmi Suzuki terdekat untuk menjaga kualitas dan kinerja mesin agar tetap optimal dan tahan lama,” tutupnya.  

Rawat Motor Suzuki Setelah Perjalanan Jauh
Periksa dan rawat sepeda motor Suzuki setelah berkendara jarak jauh

Ada pemirsa yang punya sepeda motor Suzuki? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.