Cara Merawat Rem Cakram Yamaha, Mudah !

1
113

Cara Merawat Rem Cakram Yamaha, Mudah !

., salam pertamax7.com, Cara Merawat Rem Cakram Yamaha, Mudah !

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Yamaha Mania. 

Ada info resmi dari Yamaha Territory VI (Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu) terkait Pentingnya Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Yamaha kesayangan, berikut adalah detailnya :

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cara Merawat Rem Cakram Yamaha, Mudah !

Rem pada kendaraan berfungsi untuk mengontrol kecepatan, memperlambat dengan tujuan akhir memberhentikan kendaraan. Ada 2 tipe rem sesuai dengan konstruksi dan kegunaan pada kendaraan, yaitu tipe rem hidrolik (rem cakram) dan rem mekanis (rem tromol).

Berikut diulas mengenai perawatan dari sistem rem hidrolik (rem cakram) pada sepeda motor. Untuk pengoperasian dan perawatannya adalah salah satunya membutuhkan minyak rem agar rem bisa bekerja dengan baik.

Pak Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) menjelaskan

Partner
IRC
Honda
FDR

”Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor.

Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor.

Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor,”

Perawatan Rem-Cakram Yamaha

Berikut tips dalam melakukan perawatan rem hidrolik (rem cakram) :

1.Lakukan pengecekan dan penggantian Brake Fluid/ Cairan minyak rem secara berkala

Rutin memeriksa kanvas rem atau mengganti cairan rem yang bermanfaat untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal.

Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km, atau warna dari minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti.

2.Membersihkan kaliper Rem

Pengguna sepeda motor juga harus memperhatikan hal ini yaitu rutin membersihkan kaliper. Rem cakram bersifat terbuka sehingga saat berkendara di jalanan, debu dan kotoran ikut menempel pada kanvas atau piston. Kondisi ini mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, karenanya segeralah lakukan pembersihan pada bagian tersebut.

Atau jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Atau segera hubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

3.Perhatikan kaliper selalu dalam kondisi baik

Efek yang cukup terasa apabila kaliper bermasalah adalah turunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau blong, hal ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Pastikan kaliper pada motor Anda dalam kondisi yang baik, serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi terdekat.

Perawatan Rem Cakram Motor Yamaha
Perawatan Rem Cakram Motor Yamaha

 Semoga info ini bermanfaat bagi pemirsa semuanya. 

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.