Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

2
113

Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

., salam pertamax7.com, Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Petrol Head.

Berikut adalah info resmi dari Astra Motor Yogyakarta dengan judul Sangat Bermanfaat dalam Kondisi Darurat,  Yuk Kenali Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

Dalam berbagai kondisi khususnya dalam kondisi darurat di jalanan yang tidak kondusif, menurunkan kecepatan sepeda motor menggunakan rem saja kadangkala tidak cukup. Perlu dilakukan teknik pengurangan kecepatan dengan memanfaatkan engine brake.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

Engine brake sendiri merupakan proses menurunkan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan putaran mesin ketika transmisi diturunkan ke gigi lebih rendah. Teknik ini berguna untuk membantu kerja rem dalam menahan daya dorong sepeda motor.

Pak Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta mengungkapkan

Partner
IRC
Honda
FDR

“Penggunaan teknik engine brake ini lebih baik hanya dilakukan pada kondisi tertentu.

Misalnya pengendara sepeda motor melewati jalan menurun yang curam dan panjang. Dengan menggunakan teknik ini, kerja rem akan semakin ringan.”

Secara sederhana, teknik engine brake dilakukan dengan cara melepas gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi lebih rendah. Dengan langkah tersebut, laju motor akan melambat karena mesin ikut melakukan pengereman saat putaran mesin secara otomatis menyesuaikan posisi gigi.

Alasan engine brake cukup digunakan pada kondisi tertentu saja adalah untuk menjaga kondisi dan keawetan komponen mesin. Komponen mesin paling rawan rusak adalah gear ratio. Jika tertalu sering menggunakan engine brake apalagi dilakukan secara ekstrim, gear ratio bisa cepat aus atau bahkan rontok.

Dalam kesempatan ini, Muhammad Ali Iqbal berbagi tips untuk melakukan engine brake yang tepat.

  1. Tutup Habis Gas 

Saat akan melakukan engine brake, tutup habis gas agar suplai bahan bakar ke ruang bakar berkurang sehingga putaran mesin berangsur turun. 

  1. Turunkan Gigi Secara Bertahap 
    Setelah tuas gas ditutup dan putaran mesin turun, pindahkan posisi gigi ke posisi lebih rendah secara bertahap. Misal dari gigi 5 turunkan ke 4, 3 lalu  2. Ini bertujuan untuk menjaga keawetan komponen mesin.
    Jangan melakukan penurunan gigi secara ekstrim. Misalnya dari gigi 5 langsung ke gigi 1. Selain berpotensi merusak komponen, hal ini juga berpotensi membuat sepeda motor sulit dikendalikan karena perubahan kecepatan yang sangat drastis. 
  2. Jangan Buka Gas 

Hindari membuka gas saat melakukan engine brake sehingga putaran mesin selalu berada di posisi rendah saat akan menurunkan gigi. Hal ini penting agar tidak ada benturan antara komponen di dalam mesin. 

Teknik engine brake hanya bisa di gunakan di motor sport dan cub. Untuk motor sport teknik engine brake hanya dilakukan pada saat kita sudah mengetahui titik berhenti seperti di lampu merah atau ada bahaya terlihat dari jauh. namun jangan sekali-kali menggunakan engine brake pada saat pengereman mendadak dikarenakan saat kita menekan kopling maka putaran mesin akan ngeloss dan justru menambah laju kendaraan.

“Lakukanlah pemeriksaan dan perawatan sepeda motor secara berkala di AHASS terdekat. Mekanik berpengalaman akan memeriksa kondisi motor dan memastikan semua dalam kondisi baik sehingga performa motor tetap optimal saat digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.” tutup Pak Muhammad Ali iqbal.

Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat
Cara Menggunakan Engine Brake yang Tepat

Semoga info terkait engine brake ini bermanfaat bagi pemirsa.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

2 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.