Merawat Aki Motor Yamaha : Konsumen Perlu Tahu

1
286

Merawat Aki Motor Yamaha

., salam pertamax7.com, Merawat Aki Motor Yamaha : Konsumen Perlu Tahu

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Aki Mania.

Info resmi dari Yamaha Territory VI (Main Dealer PT. Thamrin Brothers – Sumatera Selatan & Bengkulu) berjudul Penting, Konsumen Perlu Memperhatikan Perawatan Aki Motor

Aki pada sepeda motor berperan penting sebagai penampung arus listrik DC untuk mengaktifkan komponen elektrikal seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya.

Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Merawat Aki Motor Yamaha : Konsumen Perlu Tahu

Pak Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) menjelaskan :

Partner
IRC
Honda
FDR

”Mengingat pentingnya fungsi aki pada sepeda motor, kami ingin membagikan beberapa panduan perawatan sehingga kondisinya awet dan penggunaannya dapat maksimal.

Hal ini sangat mendukung agar para pengguna sepeda motor makin optimal dalam melaksanakan aktivitas berkendara,”

Aki All New Yamaha Aerox 155 VVA livery World GP 60th Anniversary Yuasa TYZ7V

Berikut Perawatan aki sepeda motor :

1.Lakukan pengecekan

Terdapat 2 tipe aki motor yaitu tipe aki basah dan kering. Yang sering dijumpai pada motor matik banyak menggunakan aki kering. Jika konsumen menggunakan tipe aki basah, maka wajib melakukan pengecekan jumlah air aki, jika kurang harus ditambah sampai garis batas maksimal. Voltase aki baik tipe kering atau basah harus diperiksa, jika di bawah 12,4 volt maka aki tersebut harus di charge. Terminal aki juga harus bersih dari kotoran atau kerak.

2.Tidak menggunakan aksesoris motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan

Saat ini konsumen gemar menggunakan aksesoris motor, namun jika memakai aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah banyak, dapat membebani kinerja aki. Disarankan agar dapat meminimalisir aksesoris yang dapat membebani aki motor.

3.Jangan memaksa penggunaan starter elektrik

Jika motor susah hidup, jangan memaksakan penggunaan starter eletrik karena akan membuat aki soak. Sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu atau kunjungi bengkel resmi terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

4.Pastikan kunci kontak motor dalam kondisi off saat mesin motor mati

Saat mesin motor dalam keadaan mati, pastikan kunci kontak motor pun kondisinya off. Karena jika kunci kontak pada posisi on, akan mengambil daya aki.

5.Panaskan motor setiap hari

Agar aki lebih tahan lama, pengguna motor sebaiknya memanaskan motor 10-15 menit setiap hari meskipun motor tidak digunakan.

6.Menggunakan aki bawaan motor

Jika kondisi aki perlu diganti, ganti aki sesuai bawaan motor atau sesuai kapasitas yang dibutuhkan oleh motor tersebut.

Pentingnya Merawat Aki Motor Yamaha
Pentingnya Merawat Aki Motor Yamaha

Semoga berita resmi kali ini bermanfaat bagi pemirsa. Ada yang belum ganti aki padahal sudah soak? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.