Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021, Perwakilan Kunci Industri Roda Dua Italia .. Piaggio-1 Feng Chen Wang

Partner Partner Pertamax7.com
IRC
Honda

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

., salam pertamax7.com, Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021, Perwakilan Kunci Industri Roda Dua Italia .. Piaggio-1 Feng Chen Wang

Link ponsel pintar ( di sini )

Info resmi dari pulau Jakarta, 11 Januari 2022 – Piaggio Group, pemimpin industri Eropa dan salah satu pemain top dunia, menjadi tokoh utama di pameran sepeda motor EICMA. Kehadiran grup asal Italia ini menggarisbawahi peran sentral pertunjukan Milan sebagai acara kunci dalam industri roda dua dunia.

  Brand ikonik Piaggio Group membuka jalan bagi mobilitas masa depan, dari perjalanan sehari-hari hingga sepeda motor sport, menanggapi tantangan dunia yang terus berubah di mana, semakin banyak, fokus permintaan adalah pada solusi mobilitas yang berkelanjutan.

  • PIAGGIO GROUP DI EICMA 2021.
  • PIAGGIO GROUP, DENGAN SEMUA BRAND MEREKA MENJADI PUSAT PERHATIAN DI EICMA 2021, PERWAKILAN KUNCI INDUSTRI RODA DUA ITALIA
  • “FUTURE UNLOCKED” ADALAH TEMA PAMERAN PEMIMPIN INDUSTRI EROPA INI DI MILAN, MENGGARISBAWAHI BAHWA VISI INOVATIF GROUP TERHADAP MASA DEPAN ADALAH PRIORITAS UTAMANYA
  • BANYAK PERKEMBANGAN BARU PENTING: APRILIA KEMBALI KE OFFROAD, INOVASI FUTURISTIK MOTO GUZZI, GAYA VESPA YANG TAK TERTANDINGI DAN MOBILITAS LISTRIK BARU PIAGGIO

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

Pada EICMA, Piaggio Group meluncurkan serangkaian pratinjau untuk tahun 2022 dengan semua brand miliknya:

– Aprilia Tuareg 660

– Aprilia Tuono 660 Factory

Partner IRC
Honda
iklan gma

– Aprilia RS 660 Limited Edition

– Aprilia SR GT

– Moto Guzzi V100 Mandello

– Moto Guzzi V85 TT Guardia d’Onore

– Piaggio 1 and Piaggio 1 Feng Chen Wang

– (VESPA ELETTRICA)RED

Aprilia mempertunjukkan Tuareg 660 yang ditunggu-tunggu untuk berkendara dan perjalanan off-road, dan Tuono 660 pecinta kesenangan dalam versi Pabrik, model yang lebih bertenaga dan ringan dengan banyak fitur. Brand sport Piaggio Group juga menghadirkan RS 660 Limited Edition yang canggih dan skuter “urban adventure” SR GT yang inovatif.

Moto Guzzi kembali ke garis depan inovasi sepeda motor, dengan pratinjau dunia V100 Mandello, sepeda motor menghibur yang dikemas dengan teknologi mutakhir. Ia juga memperkenalkan V85 TT Guardia d’Onore, versi canggih dari sepeda motor “segala medan” yang merayakan 75 tahun kolaborasi dengan Resimen Corazzieri.

Piaggio memamerkan Piaggio 1 terbaru, e-skuter pertama brand Italia, juga tersedia dalam versi gaya yang dibuat oleh desainer Feng Chen Wang.

Dari Vespa hadir (VESPA ELETTRICA)RED, versi khusus dari skuter listrik terpintar di dunia yang dibuat untuk mendukung perjuangan (RED) melawan pandemi.

PRODUK BARU UTAMA DARI PIAGGIO GROUP PADA EICMA 2021

Aprilia Tuareg 660

Motor yang berplatform Aprilia 660 ini merupakan off-roader sejati dengan nama yang diperkenalkan Aprilia pada tahun 1985 yang sudah melegenda di segmen off-road, begitu menggugah sehingga bisa langsung diketahui tujuannya.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021
04 Aprilia Tuareg 660 Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

Aprilia Tuareg 660 telah dirancang, dikembangkan, dan dibangun sebagai sintesis ideal antara enduro mono-silinder dan sepeda motor petualangan kelas menengah, dua dunia yang berlawanan hingga sekarang.

Aprilia Tuareg 660 meningkatkan level berkendara off-road menjadi sepeda motor petualangan sambil memaksimalkan kepribadiannya sebagai seorang penjelajah, berkat performanya yang sempurna di jalan raya, konten teknis premium, kemampuan mesin twin-silinder 80 hp dan a berat kering hanya 187 kg. Konsep inovatif dan desain inovatif yang berfokus pada kepraktisan, dengan menghilangkan semua elemen yang berlebihan. Rangka telah dikembangkan untuk penggunaan tugas berat di medan off-road yang menantang. Kekokohan struktural dijamin oleh enam titik jangkar yang mengikat mesin ke rangka, untuk mengubah mesin menjadi bagian yang tertekan.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

Suspensi perjalanan yang sangat panjang dapat disetel sepenuhnya dan ideal untuk mengatasi rintangan off-road sambil memastikan kenyamanan pengendara dan penumpang di jalan. Tangki 18 liter sangat meruncing di area kaki; pengembangan vertikal berarti bahan bakar tetap dekat dengan barycentre tanpa mempengaruhi dinamika berkendara. Ukuran pelek aluminium tubeless menunjukkan panggilan off-road yang kuat dari Tuareg 660: 2,5 x 21” untuk roda depan, 4,5 x 18” untuk roda belakang.

Keduanya dilengkapi dengan ban Pirelli Scorpion Rally STR, masing-masing berukuran 90/90 dan 150/70. Instrumennya canggih, dengan rangkaian kontrol elektronik APRC, termasuk kontrol traksi, kontrol jelajah, rem engine, dan peta engine yang dapat disesuaikan. ABS dapat dinonaktifkan di kedua saluran untuk pengendaraan off-road yang sangat menantang. Mesin silinder kembar paralel, unit generasi terbaru yang sangat ringan dan kompak, dirancang khusus untuk digunakan pada jenis sepeda motor ini; modifikasi spesifiknya menghasilkan 80 hp dan 70 Nm, dengan 75% torsi sudah tersedia pada 3.000 rpm, untuk menjamin respons langsung terhadap throttle pada putaran terendah. Sepeda motor dilengkapi dengan banyak aksesoris dan pakaian khusus.

Aprilia Tuono 660 Factory

Sehubungan dengan Tuono 660, yang telah diakui dan diapresiasi secara luas oleh publik dan kritikus karena kualitas sasisnya yang luar biasa, Pabrik Tuono 660 menawarkan suspensi yang lebih canggih, lebih cocok untuk berkendara sport. Garpu Kayaba dengan tiang-penyangga 41 mm dapat disetel sepenuhnya dalam kompresi dan redaman rebound dan pra-beban pegas, sedangkan shock Sachs dengan reservoir terpisah juga dapat disetel dalam redaman kompresi dan rebound serta pra-beban pegas.

Harga Moge Aprilia Tuono 660 Indonesia
Harga Moge Aprilia Tuono 660 Indonesia

 Ada rasio berat/daya yang lebih baik lagi, berkat adopsi baterai lithium ringan yang berkontribusi pada pengurangan berat keseluruhan sekitar 2 kg (berat tepi jalan sekarang menjadi 181 kg). Tenaga maksimum kembar 660 cc ini ditingkatkan dari 95 HP dengan Tuono 660 menjadi 100 HP dengan Tuono 660 Factory.

Mesin ini menawarkan lebih banyak dorongan dalam akselerasi, berkat penggunaan final drive yang lebih pendek, dengan gigi pinion 16 gigi, satu gigi lebih rendah dari Tuono 660. Torsi maksimum tetap tidak berubah, dengan 67 Nm pada 8500 rpm. Tuono 660 Factory menawarkan rangkaian lengkap kontrol elektronik APRC dengan akselerator elektronik Ride-by-Wire dan platform inersia enam sumbu sebagai standar, serta AQS (Aprilia Quick Shift), gearbox elektronik yang memungkinkan pemindahan gigi yang sangat cepat tanpa menutup throttle atau menggunakan kopling. Ini juga dilengkapi dengan fungsi downshift, untuk memungkinkan pemindahan gigi tanpa kopling. Desainnya semakin disempurnakan dengan grafis Factory Dark yang agresif dan sporty serta kehadiran fairing ekor kursi tunggal yang dicat hitam dan merah.

Aprilia RS 660 Limited Edition

Setelah setahun lebih sedikit dari peluncurannya di Oktober 2020, Aprilia RS 660 sudah merayakan kemenangan olahraga besar pertamanya: motor sport kelas menengah Italia mendominasi Twins Cup 2021, kejuaraan AS yang diperebutkan dengan sengit untuk kelas menengah twin- model silinder dan bagian dari MotoAmerica, seri balap jalanan sepeda motor utama Amerika Serikat.

Aprilia RS660 Limited Edition MotoAmerica Race Version Trackday

Untuk merayakan kemenangan tersebut, 3 Aprilia mempersembahkan edisi khusus kendaraan roda dua 1.000 RS 660, menampilkan livery bintang dan garis-garis asli yang terinspirasi oleh bendera AS dan fitur unik termasuk penutup tailpiece satu tempat duduk, pelindung depan berukuran besar dan perangkat lunak untuk membalikkan konfigurasi quick-shift. Ini berarti, tergantung pada kebutuhan pengendara, perpindahan gigi dapat dikonfigurasi secara independen untuk berkendara di jalan raya atau terbalik, ideal untuk berkendara di lintasan.

Aprilia SR GT

Skuter petualangan perkotaan pertama dari Aprilia, yang menemukan kembali kesenangan berkendara di lingkungan perkotaan setiap hari, serta jarak yang lebih jauh atau di jalan dan jalur yang kurang dikenal, berkat fitur yang terinspirasi oleh sepeda motor enduro yang menjadikan dua ini -wheeler pendamping ideal dalam situasi apa pun.

05 Aprilia SR GT

Pada Aprilia SR GT baru, posisi berkendara aktif dan stang telanjang bergaya sepeda motor lebar mengoptimalkan kontrol, sedangkan suspensi perjalanan panjang dan ketinggian di atas permukaan tanah yang lebih tinggi berarti setiap rintangan yang ditemui selama berkendara di kota dapat dengan mudah diatasi; ban segala medan yang lebar mendukung segala jenis permukaan, mulai dari aspal dan batu paving hingga jalan tanah.

Aprilia SR GT juga menjadi yang terdepan dalam hal tenaga dan efisiensi mesin, dengan dua unit injeksi elektronik Euro 5 yang canggih, 4-katup, berpendingin cairan dari keluarga i-get. Selain mesin i-get 125 cc mono-silinder, dengan tenaga tertinggi 11 kW pada 8.750 putaran dan torsi 12 Nm pada 6.500 putaran, mesin 174 cc mono-silinder memulai debutnya di Aprilia SR GT 200, memberikan 13 kW pada 8.500 putaran dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 putaran.

Nilai benchmark yang menjamin elastisitas, akselerasi yang lincah dan pengendaraan yang mulus di segala kondisi, dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien.

Moto Guzzi V100 Mandello

Dengan V100 Mandello, Moto Guzzi mengambil langkah pertama ke abad kedua, di mana ia akan terus memproduksi sepeda motor yang luar biasa dengan kepribadian yang kuat. Moto Guzzi V100 Mandello membuka babak baru dalam sejarah perusahaan; itu menghindari kategorisasi konvensional, menggabungkan kinerja brilian dengan panggilan untuk perjalanan yang terletak di jantung setiap roda dua Moto Guzzi.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021
06 Moto Guzzi V100 Mandello Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021

Ini adalah Moto Guzzi yang belum pernah ada sebelumnya, yang teknologi mutakhir serta solusi teknis dan aerodinamisnya yang inovatif membuka pintu ke masa depan brand tersebut. V100 Mandello adalah sepeda motor inovatif yang dimulai dengan desain yang, seperti biasa, menyempurnakan mesin silinder kembar yang unik dan tak ada bandingannya.

Garis-garis yang menghindari nostalgia, menawarkan pandangan modern pada poin-poin kunci dari idiom gaya Moto Guzzi. Sebuah titik balik dalam sejarah brand, motor ini memperkenalkan banyak inovasi teknologi penting: kendaraan roda dua pertama dengan aerodinamika adaptif, model Moto Guzzi pertama yang menampilkan solusi elektronik canggih seperti platform inersia enam sumbu, tikungan ABS, suspensi semi-aktif dan perubahan cepat, untuk menyebutkan yang paling penting. Ini juga merupakan motor Moto Guzzi pertama yang ditenagai oleh mesin blok kompak baru dengan karakteristik teknis yang canggih.

Tradisi dipertahankan oleh arsitektur V-twin 90 °, yang menjamin pengiriman torsi unik dan suara yang tak ada bandingannya dari Moto Guzzi, tetapi proyek ini benar-benar baru dan menawarkan kinerja yang sangat brilian: tenaga lebih dari 115 hp dan torsi lebih dari 105 Nm, 90 % sudah tersedia pada 3.500 rpm. Karakter sporty dari motor ini dilengkapi dengan bingkai yang mudah diatur, sementara kenyamanan tingkat tinggi yang diberikan oleh sadel yang besar dan posisi berkendara yang diperpanjang secara aktif menegaskan kemampuannya untuk touring.

Teknologi Moto Guzzi meningkatkan kenyamanan dan perlindungan dari udara dengan kaca depan yang dapat disetel secara elektrik dan, sistem aerodinamis adaptif pertama di dunia untuk pengaturan otomatis posisi deflektor udara di sisi tangki bahan bakar, tergantung pada kecepatan dan pengendaraan mode dipilih.

Peralatan elektronik kelas atas termasuk akselerator ride-by-wire elektronik untuk kinerja yang disetel dengan baik dan manajemen konsumsi, sistem kontrol canggih Marelli 11MP, platform inersia 6-sumbu untuk manajemen kontrol elektronik yang optimal, cruise control , dan menikung ABS untuk keamanan aktif saat mengerem di tikungan.

Tersedia empat mode berkendara: Viaggio, Sport, Pioggia, dan Strada, masing-masing menawarkan 3 peta mesin yang berbeda, 4 level kontrol traksi, 3 level rem engine, dan (dalam versi yang merupakan fitur standar) kalibrasi hlins Smart EC 2.0 semi -suspensi aktif, dengan pengaturan hidraulik momen demi momen otomatis ke gaya berkendara dan kondisi permukaan, untuk mengoptimalkan kinerja dalam situasi apa pun.

Moto Guzzi V85 TT Guardia d’Onore

Moto Guzzi merayakan 75 tahun kolaborasi tanpa gangguan dengan Resimen Corazzieri, dengan mempersembahkan Moto Guzzi V85 TT Guardia d’Onore, edisi khusus terbatas dari enduro perjalanan klasik yang sangat dihormati, yang pada tahun keseratus pabrikan telah bergabung dengan armada sepeda motor resimen yang memberikan penjaga kehormatan Kepala Negara Italia.

Sama seperti motor V85 TT yang baru saja dikirim ke Quirinale Palace, V85 TT Guardia d’Onore menampilkan livery hitam dengan grafis putih dari motor Corazzieri Moto Guzzi. Garis-garis putih membentang di sepanjang spatbor depan di atas tangki bahan bakar dan panel samping, dan juga muncul di kaca depan Touring yang ekstra besar.

Kaca depan adalah fitur standar, bersama dengan penyangga tengah, palang pelindung engine, dan lampu LED tambahan. Sepasang pannier samping tersedia untuk model ini berdasarkan permintaan. Moto Guzzi V85 TT Guardia d’Onore akan diproduksi sebagai sepeda motor seri terbatas tahun 1946, angka yang mengacu pada kolaborasi pertama dari 75 tahun antara Mandello Eagle dan Resimen Corazzieri. Indikasi tambahan dari eksklusivitas model ini adalah penerapan nomor seri setiap sepeda motor, dari 1 hingga 1946, pada riser stang.

Piaggio 1

Piaggio 1 menggabungkan fitur unggulan dari e-skuter terbaru – kelincahan ringan untuk perjalanan perkotaan ditambah garis penting dan kepraktisan – dengan kualitas dan keandalan skuter Piaggio.

Ini berarti keselamatan pertama-tama, berkat kerangka kokoh yang dimaksudkan untuk memastikan kesenangan berkendara, serta desain yang menarik, kenyamanan tingkat atas, dan fitur teknologi yang mengesankan yang mencakup panel instrumen warna digital, lampu LED penuh, dan sistem tanpa kunci.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021
01 Piaggio 1

Piaggio 1 juga merupakan satu-satunya e-skuter dalam kategorinya yang menyediakan kompartemen bawah yang lapang, dengan ruang untuk helm full-jet. Piaggio 1 ditenagai oleh motor listrik yang tergabung di roda belakang: versi moped (Piaggio 1), dengan kecepatan 45 km/jam, menghasilkan output 1,2 kW, sedangkan versi sepeda motor (Piaggio 1 Active) memiliki unit 2 kW. Di kedua versi, baterai, yang ditempatkan di bawah jok, dapat dengan mudah dilepas dalam hitungan detik dan dibawa ke rumah atau kantor untuk diisi ulang.

Piaggio 1 Feng Chen Wang

Kolaborasi antara Piaggio dan Feng Chen Wang, salah satu stylist paling eksperimental dan inovatif di kancah internasional saat ini, telah menghasilkan edisi khusus Piaggio 1, kendaraan roda dua Piaggio baru untuk mobilitas perkotaan elektrik.

Edisi khusus Feng Chen Wang dibedakan dengan corak eksklusif di mana penata gaya dan perancang, yang lahir di provinsi Fujian tenggara Tiongkok, yang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, menggabungkan tradisi Tiongkok dengan kreativitas gaya London yang semarak.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021
02 Piaggio 1 Feng Chen Wang

Cat air secara visual menggabungkan unsur-unsur alami air dan simbol Phoenix, yang dalam mitologi Tiongkok melambangkan kebajikan dan keanggunan, dan digambar dengan tangan menggunakan teknik sapuan kuas tradisional Tiongkok, sedangkan warna hijau, juga digunakan pada penutup kursi dan roda rims, adalah referensi untuk flora asli Cina dan nilai-nilai universal seperti kesehatan, kemakmuran dan harmoni. Kolaborasi Piaggio dengan Feng Chen Wang juga telah menghasilkan helm khusus dan koleksi kapsul streetwear unisex.

(VESPA ELETTRICA)RED

Kemitraan antara Piaggio Group dan (RED), organisasi non-profit yang didirikan oleh Bono dan Bobby Shriver, melihat penciptaan (VESPA ELETTRICA)RED dan presentasinya di EICMA 2021 dengan pakaian serba merah.

Warna merah ikonik lebih dari sekadar pernyataan berani – setiap pembelian (VESPA ELETTRICA)RED akan memicu donasi untuk mendukung Global Fund, salah satu penyandang dana kesehatan global terbesar di dunia, untuk mendukung perang melawan pandemi dengan (RED ). 5 (RED), dinamai sesuai warna keadaan darurat, didirikan pada tahun 2006 untuk mengubah perusahaan menjadi pasukan berkuda untuk memerangi pandemi AIDS.

Piaggio Group Menjadi Pusat Perhatian Di EICMA 2021
03 (Vespa Elettrica)RED

Saat ini, kavaleri juga memerangi ancaman mendesak COVID dan dampaknya yang menghancurkan di komunitas tempat pandemi paling parah. Mengikuti (VESPA 946)RED pada tahun 2017 dan (VESPA PRIMAVERA)RED pada tahun 2020, (VESPA ELETTRICA)RED adalah produk eksklusif ketiga yang dihasilkan dari kemitraan jangka panjang ini, yang mewujudkan secara lebih efektif daripada nilai-nilai umum lainnya dari komitmen terhadap kesehatan global dan menghormati lingkungan dan planet.

6 PIAGGIO GROUP MENGUBAH POSISINYA SEBAGAI PEMIMPIN SEGMEN SKUTER EROPA Piaggio Group hadir dalam pameran EICMA internasional edisi ke-78 yang mengukuhkan perannya sebagai produsen kendaraan roda dua top Eropa dan salah satu produsen terkemuka di dunia. Pada 30 September, Piaggio Group memiliki 13,2% pangsa pasar kendaraan roda dua secara keseluruhan, dan merupakan pemain terkemuka di segmen skuter dengan pangsa 23,1%. Di Italia, pangsa pasar keseluruhan Grup adalah 17,9%, naik menjadi 27,3% di segmen skuter.

Sebelum EICMA 2021, Piaggio Group melaporkan penjualan bersih sebesar 1.319,2 juta euro untuk sembilan bulan pertama tahun ini (+ 32,7% dari periode tahun sebelumnya dan + 9,9% dari 2019) dan volume penjualan di seluruh dunia sebesar 430.600 kendaraan, meningkat sebesar 21,7% dari 30 September 2020.

Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, segmen skuter Grup melaporkan pertumbuhan dua digit dalam volume penjualan global, dipimpin oleh brand Vespa (dengan pertumbuhan lebih dari 40%), Piaggio Beverly dan Piaggio Liberty skuter roda tinggi, dan skuter Aprilia. Pada sepeda motor, baik brand Aprilia dan Moto Guzzi mencapai rekor penjualan dalam sembilan bulan pertama tahun ini, melaporkan volume dan omset tertinggi yang pernah ada. Ada respons pasar yang kuat terhadap motor Aprilia RS dan Aprilia Tuono baru dengan mesin 660 cc, serta Moto Guzzi V7 dan V85 TT.

PIAGGIO GROUP MENGUBAH POSISINYA SEBAGAI PEMIMPIN SEGMEN SKUTER EROPA

Piaggio Group hadir dalam acara EICMA internasional edisi ke-78 yang menegaskan perannya sebagai produsen kendaraan roda dua top Eropa dan salah satu produsen terkemuka di dunia. Pada 30 September, Piaggio Group memiliki 13,2% pangsa pasar kendaraan roda dua secara keseluruhan, dan merupakan pemain terkemuka di segmen skuter dengan pangsa 23,1%.

Di Italia, pangsa pasar keseluruhan Grup adalah 17,9%, naik menjadi 27,3% di segmen skuter. Sebelum EICMA 2021, Piaggio Group melaporkan penjualan bersih sebesar 1.319,2 juta euro untuk sembilan bulan pertama tahun ini (+ 32,7% dari periode tahun sebelumnya dan + 9,9% dari 2019) dan volume penjualan di seluruh dunia sebesar 430.600 kendaraan, meningkat sebesar 21,7% dari 30 September 2020.

Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, segmen skuter Grup melaporkan pertumbuhan dua digit dalam volume penjualan global, dipimpin oleh brand Vespa (dengan pertumbuhan lebih dari 40%), Piaggio Beverly dan Piaggio Liberty skuter roda tinggi, dan skuter Aprilia. Pada sepeda motor, baik brand Aprilia dan Moto Guzzi mencapai rekor penjualan dalam sembilan bulan pertama tahun ini, melaporkan volume dan omset tertinggi yang pernah ada. Ada respons pasar yang kuat terhadap motor Aprilia RS dan Aprilia Tuono baru dengan mesin 660 cc, serta Moto Guzzi V7 dan V85 TT.

Ada pemirsa yang pakai produk dari Piaggio Group? monggo om komentarnya..

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.