Mengenal Rem UBS Yamaha : Lebih Enak Dari CBS Honda?

Partner Partner Pertamax7.com
IRC
Honda

Mengenal Rem UBS Yamaha

., salam pertamax7.com, Mengenal Rem UBS Yamaha : Lebih Enak Dari CBS Honda?

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Rem Mania. 

Rem CBS aka Combined Brake System memang sudah banyak dikenal karena sudah umum dan bisa disebut “jadul” di sepeda motor matic Honda mau yang rem depan cakram dan belakang tromol, maupun depan belakang cakram macam Honda PCX 150 CBS, Honda PCX 160 CBS maupun Honda ADV 150 CBS.

Bisa jadi malah pemirsa pakai rem CBS untuk kegiatan sehari-hari, manakala kita menekan tuas rem belakang, maka kaliper rem depan juga akan menggigit piringan cakram dengan porsi tertentu karena sistem CBS ini bekerja.

Lantas, apakah Yamaha tidak ada rem CBS? tentu ada om, namun teknologi canggih tersebut belum ada di Indonesia, kata teman FBY ( fans boy yamaha ) sih rem Honda CBS itu nggak enak, nggak aman .. dan orang Indonesia nggak suka… benarkah?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Mengenal Rem UBS Yamaha

Dilansir Yamaha Global Jepang,  Yamaha’s Unified Brake System (UBS) adalah Sistem Rem Terpadu  yang maana sistem pengereman depan dan belakang terhubung.

Partner IRC
Honda
iklan gma

Dasar-dasar penggunaan rem pada sepeda motor atau skuter adalah menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.

UBS/ Unified Brake System/ Sistem Rem Terpadu dikembangkan untuk membantu pengendara dengan memberikan keseimbangan aplikasi rem yang baik.

Saat rem belakang dioperasikan, tenaga pengereman juga didistribusikan dengan tepat dan dikirim ke rem depan, memberikan rasa pengereman yang baik.

Mengenal Rem UBS Yamaha
Yamaha Fascino 125 dengan rem UBS

Menurut Yamaha India, Rem UBS Yamaha telah dikembangkan untuk daya pengereman yang lebih baik dari kendaraan roda 2. UBS menghubungkan rem depan & belakang dengan tuas rem belakang.

Ketika pengendara menerapkan rem belakang, rem belakang dan sebagian dari rem depan diterapkan. Untuk performa pengereman penuh, gunakan kedua tuas rem secara bersamaan.

Sayangnya Yamaha tidak merincing prosentase pengereman depan belakang sistem Rem UBS Yamaha, entah depan 30 belakang 70 persen, atau depan 40 persen dan belakang 60 persen atau bagaimana saya belum nemu datanya. Mohon infonya kalau pemirsa ketemu data tersebut.

2019 Yamaha Fascino 125 UBS

Sudah ada beberapa motor Yamaha yang pakai UBS level dasar macam Yamaha D’elight 125 Eropa dan Yamaha Fascino 125 India sana.  Dan setelah saya cek mekanisme kerjanya, lho kok sama dengan Honda CBS ya?

Mengenal Rem UBS Yamaha
Mekanisme rem UBS Yamaha Delight 125 BW51300-S250

Cara kerja rem UBS Yamaha sendiri manakala pengendara menekan tuas rem belakang, akan ada gaya tarik melalui kabel baja nomer 17 tersalur ke knocker nomer 16 yang mana komponen pengetuk ini akan menekan master rem depan dan sistem UBS ( Unified Brake System ) menyala, rem belakang dan depan terkoneksi dan memperlambat kendaraan.

Jadi secara fungsi maupun mekanisme kerja, bisa dibilang rem UBS Yamaha ini sama saja ya dengan Rem CBS Honda .. Cuma beda nama saja ya kurang lebih?

Menurut rekan FBY, karena konsumen Yamaha Indonesia kurang suka rem CBS ( dibaca yamaha UBS ) ini, maka sepeda motor Yamaha Indonesia belum ada fitur terbaru dan tercanggih UBS ini.

Pertamax7.com memang sudah pakai rem CBS Honda, sejauh ini aman nyaman saja sih. Kalau rem UBS Yamaha jelas saya belum pernah coba.  Tapi bagi FBY, tentu rem UBS Yamaha lebih enak dan lebih aman dari CBS Honda hehehe..

Yamaha UBS Unified Braking System

Nah, ada pemirsa yang berharap motor matic Yamaha akan pakai rem CBS ( yamaha UBS ) ke depannya? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

11 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.