Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja

Partner Partner Pertamax7.com
IRC
Honda
FDR

Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX

., salam pertamax7.com,  Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX

Lepas Ban Belakang Yamaha NMAX

Salam Ban Mania. 

Pada bulan Oktober 2021 lalu, Yamaha NMAX ABS saya mengalami cobaan bertubi-tubi seperti body pecah, aki soak ( dan belum ganti ) sampai pada akhirnya ban belakang Maxxis F1ST saya sering kempes karena ternyata sudah bocor alus melalui tambalan model cacing yang sudah berusia sekitar 20 bulan karena ketancep Paku pada bulan Februari 2020 lalu.

Link ponsel pintar ( di sini )

Sebenarnya saya sudah mau ganti ban baru, namun kondisinya tidak memungkinkan karena posisi saya di Jogja, sedangkan ban baru yamaha nmax saya masih di Wonogiri sukses. Praktis mau tidak mau perlu tambal ban dulu ban belakang Yamaha NMAX saya sebelum mudik ke Wonogiri sukses untuk ganti ban.

Akhirnya ban belakang Yamaha NMAX saya yang sudah pernah tambal ban cacing 2 tempat ( 20 bulan ) ditambah cairan anti bocor ( sekitar 1 tahun ) ini menyerah, cairannya bocor ke lantai kontrakan dan membuat lapisan semacam lem.

Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja
Cairan Anti Bocor Ban YAMAHA NMAX Rembes

Dalam posisi tersebut, saya sempat tanya ke toko ban besar apakah tambalan tubeless model cacing ini bisa ditambal ulang dengan metode cacing? ternyata tidak bisa om, bekas tambalan cacing ban tubeless tidak bisa ditambal ulang dengan metode yang sama karena jadinya lubang tambah besar..

Lubang ban tubeless cacing

Sehingga saya putuskan untuk cari tambal ban model tip top tubeless untuk ban sepeda motor di area Jogja, dan saya ketemu di jalan Wates…

Partner IRC
Honda
FDR
iklan gma

Woke, intro cerita sudah cukup panjang.. dan berikut adalah pengalaman saya tambal ban tubeless sepeda motor dengan metode tip top.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Coba Tambal Ban-Tubeless Tip Top Yamaha NMAX

Karena ban belakang Yamaha NMAX saya sudah kempis, dipompa 33 psi langsung keluar busa dan cukup ribet lepas ban belakang Yamaha NMAX. Saya putuskan untuk melepas ban belakang Yamaha NMAX saya di kontrakan karena toolkit saya cukup lengkap, cuma tidak punya kunci torsi saja sejauh ini.

Link ponsel pintar ( di sini )

Sebelumnya saya sudah tanya-tanya dengan mekanik bengkel ban tersebut karena nomer telepon tertera di google maps, dan responnya sangat membantu. Pesan sang mekanik sebagai berikut :

Tambal ban tip top mahal mas

Mungkin sang mekanik ingin mengingatkan saya biar tidak kaget biaya tambal ban tip top, biar tidak komplen mungkin ke depannya? entah

Saya sendiri sudah tahu kalau tambal ban tip top memang mahal, tapi bagaimana lagi itu opsi terakhir saya daripada beli ban baru, padahal kan saya sudah punya ban baru… daripada mubadzir..

Tambalan Ban Tubeless Model Cacing

Saya menjelaskan kepada sang mekanik kalau yang ditambal adalah ban belakang yamaha NMAX..Menurut penuturan beliau, tambal ban tip top biasanya Rp50.000 per lubang sudah termasuk biaya lepas pasang dari Yamaha NMAX..

Saya lalu menjawab kalau saya ke bengkel sudah kondisi lepas velg, dan mekanik bilang kalau sudah lepas dari motor biaya tambal bannya lebih terjangkau karena tidak perlu bongkar dari motor… ( tidak ada biaya bongkar pasang )

Berbekal Honda Scoopy milik istri, saya meluncur ke Jalan Wates ke bengkel yang saya temukan dari Google Maps, namanya bangkit jaya ban ( bukan endorse ) cukup nyasar karena sok tahu.. Walhasil buka gmaps dan ternyata masih 300 meter lagi dari tempat saya bingung, pantesan kok nggak kunjung ketemu bengkelnya lha memang belum sampai.

Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja
Bengkel Ban Bangkit Jaya Jalan Wates Jogja

Sampai lokasi memang kesorean, dan sejauh yang saya tahu karena pernah lihat tambal ban tubeless tip top di mobil, ada proses press dengan alat pemanas listrik yang memakan waktu cukup lama, total bisa hampir 1 jam..

Namun saya baru tahu sendiri setelah mengalami langsung, untuk tambal ban tip top di bengkel ini tidak perlu pemanasan sehingga proses cukup cepat. Jadi pakai metode dingin/ cold.

Langsung saja ban belakang Yamaha NMAX saya dikerjakan oleh sang mekanik, dipompa sampai keras lalu cek kebocoran di air dan ditandai lokasi yang bocor,, lantas ban belakang  Yamaha NMAX saya dilepas dari velg pakai mesin tyre changer yang jelas bikin nyaman saya sebagai konsumen.

Lalu proses selanjutnya dan bikin kaget adalah membuang bekas-bekas lem dari cairan anti bocor yang mana memang perlu dibuang dari dalam ban dan juga sekaligus dicuci supaya besih.

Langkah selanjutnya adalah memberikan lem G ke permukaan luar tambalan ban model cacing, lalu beri tanda dari dalam ban untuk ukuran tambalan tip top/ tyre patchnya..

Oh iya, akhirnya saya nambal tip top dengan jumlah 2 buah di posisi tambalan tubeless cacing lama, menurut mekanik, jika tidak ditambal semuanya, maka yang cacing lama ini akan kalah ( bocor ) akibat tekanan angin yang kembali normal. Ya wis jadi 2 yang ditambal tip top.

Setelah dicuci, daleman ban diberi tanda, tinggal kerok ban dari dalam dengan alat kerok khusus/ grinder … usai dikerok, tinggal beri lem khusus namanya bestpatch chemical vulcanizing fluid made in India.

Proses Korek Ban Untuk Tip Top

Setelah diberi lem khusus, lalu tempel dengan best tyre patch dan ditekan dengan alat khusus semacam roller. Dan diamkan..

Tanda dan hasil korekan ban untuk tip top
proses Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX
Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja
Lem Khusus Tambal Ban Bestpatch India Chemical Vulcanizing Fluid
Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja
Cold Tyre Patch Best Untuk Tambal Ban Tip Top Dingin
Proses Press Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX
Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja
Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top Yamaha NMAX di Jogja

Sudah om, cuma begitu tambal bannya. Lho cepat juga ya, tinggal pasang ban ke velg dengan mesin tyre changer, isi angin ban sampai tekanan optimal kalau saya di 33 psi. Dan cek kebocoran, selesai tidak ada yang bocor lagi..

Lantas habis berapa nih saya nambal Coba Tambal Ban Tubeless Tip Top? dikarenakan saya cuma bawa velg ke bengkel tersebut dan tambal 2 buah, saya dikenakan biaya Rp70.000 ( 2X Rp35.000 ),, masih masuk akal menurut saya, karena tambal ban model cacing lalu sekitar Rp20.000 per lubang

Kesimpulan Tambal Ban Tubeless Tip Top

Kesimpulan saya sejauh ini, metode tambal ban tubeless tip top memang bisa dibilang cukup ribet karena perlu bongkar ban dan secara harga cukup mahal, apalagi kalau bocornya banyak seperti saya.

Namun saya lebih yakin metode tambal ban tip top ini ketimbang metode cacing yang memang untuk sementara saja .. Ke depannya, kalau amit-amit saya motor saya ada yang kena paku/ kebanan.. saya lebih memilih metode tip top ini meski sedikit lebih ribet dan lebih mahal.

Ya wis.. itu saja cerita saya usai tambal ban tubeless model Tip Top, semoga bermanfaat ya om. Ingin segera mudik ganti ban namun kerjaan masih banyak sekali.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

3 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.