Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

5
222

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

., salam pertamax7.com, Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam DIY.

Bulan Juli 2021 lalu saya pindah dari kost ke kontrakan yang mana jelas suasana baru, tetangga baru. Nah hari Ahad 29 Agustus 2021 saya dimintai tolong untuk memperbaiki pompa air karena air tidak bisa naik, ok saya kerjakan.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

Sampai ke rumah tetangga yang berjarak 50 meter, saya langsung cek pompa airnya..

Pompa Air Dangkal Merk Goldstar Air Sulit Naik

Dan ini adalah pengalaman ke-2 kali saya menemui pompa air merk Goldstar, dulu rewinding/ spull ulang dan ganti capasitor start, kali ini pompa goldstarnya tidak ada masalah, cuma air sulit naik….

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik
Service Pompa Air Goldstar Air tidak naik

Berbeda dengan rumah orang tua saya yang perlu sumur agak dalam dengan permukaan air sekitar 8 meter, di daerah kontrakan yang saya tempati airnya sangat dangkal, paling cuma 1,5 meter sudah kelihatan. Tentu keadaan ini sangat mempermudah kinerja pompa air karena tidak perlu bekerja keras.

Partner
IRC
Honda
FDR

Lantas kenapa kok air tidak bisa naik? usut punya usut saya cek semua pipa hisapan dengan diameter 3/4 dan langsung ketahuan, pemilik rumah tidak melakukan pengeleman pada sambungan pipa dengan pertimbangan akan mudah lepas pasang jika ada perbaikan..

Walah, ini masalah utamanya karena pipa air tidak di lem, lama-lama kendor dan bocor halus, praktis yang dihisap pompa air adalah angin dan kebocoran ini menyebabkan air sulit naik.

Langsung saja saya kasih lem tiap sambungan knee dari pipa sumur, lalu pasang ke pompa airnya, lalu isi air pancingan, dan nyalakan pompa air… tak berapa lama air naik dengan lancar, jrengg.. jadi masalah cuma pipa dari sumur tidak di lem dan bocor halus, praktis cuma udara saja yang menyebur keluar, bukan air.

Setelah dilakukan pengeleman pipa dengan seksama, air sangat mudah dihisap pompa air listrik merk goldstar dan kini sudah lancar jaya.

Saran saya jika memang pengen permudah service pompa air jika rusak, pasang saja water mur union socket baik di pipa hisap maupun pipa keluaran, seperti ini bentuknya, sesuaikan saja ukurannya mau 3/4 inchi maupun 1 inchi.

Water Mur Union Socket

Dengan pemasangan water mur ini tentu akan mempermudah lepas pasang pompa air jikalau rusak.

Kasus Kedua

Di hari yang sama, saya juga mengalami masalah pompa air di kontrakan karena air sulit naik, macam berat pompa airnya menghisap sumur yang muka air tak sampai 3 meter itu. Soal kesulitan air sendiri jelas akan menggantu keseharian saya baik untuk mandi, masak dll, kalau cuci motor memang malas.

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik
Service Pompa Air Shimizu PS-135 E

Jadi di kontrakan yang saya tempati menggunakan pompa air merk Shimizu yang saya sudah familiar karena sudah sering pasang dan service.

Anehnya pompa air di tempat kontrakan saya kok macam ngeden, ngoyo nyedot air yang cuma dangkal ini… woke segera saya bongkar saja pipa hisapnya..

Dan ketahuan kalau tusen klep/ foot klep pompa air kontrakan saya mampet isinya lumut

Tusen Klep Mampet bikin Pompa Air Sulit Naik

Jadi lumut tumbuh di sekitar lubang filter tusen klep yang jelas menghalangi air naik ke pompa.a

Selain itu foot klep/ tusen klep yang dipakai juga Senin Kamis dalam artian bisa bocor halus, praktis air di pipa hisap bisa melorot kembali ke sumur dan pompa sering lama menghisap air ke atas.

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik
Tusen Klep Bocor Penyebab Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

Selain itu, saya juga penasaran isi pipa hisap pompa air 3/4, eh ternyata isinya semacam lumpur hitam, saya coba bersihkan pakai kawat panjang dan juga kain, lumayan dapat setengah gayung lumpur,, alamak sudah footklep mampet, pipa air pun isinya kotoran, macam kolesterol, tentu pompa air sulit menghisap air dari sumur

Kotoran Dalam Pipa Air Hisap bikin Debir Air Lemah

pipa hisap yang awalnya warna putih pun bisa jadi warna hitam gini yak? woke setelah pipa bersih, saya juga memasang foot klep/ tusen klep baru

Pasang Foot Klep Baru Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

Lalu pasang kembali pipa hisap ke pompa air listrik shimizu, isi air pancingan, nyalakan pompa air dan zurr.. air mengalir lancar..

Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik
Sukses Atasi Pompa Air Sering Mancing Sulit Naik

Setelah itu jangan lupa tunggu semalaman, apakah air di pipa hisap masih bertahan atau kembali melorot,, jika melorot cek kembali tusen klep, atau ada kebocoran di bagian knee maupun shock, bisa jadi..

Setelah nunggu semalam, nyalakan pompa airnya, dan air langsung mengalir tanpa perlu menunggu lama, macam instant, pertanda air dalam pipa hisap tidak melorot/ bocor halus. Berhasil.

Baik kasus 1 maupun kasus 2, saya cukup menyesal tidak bisa ambil video. Yang kasus pertama karena di rumah orang yang segera membutuhkan air sebab sudah 2 hari tanpa air di rumah beliau, untuk kasus 2 karena saya kesorean service, praktis sudah gelap dan badan lengket mau buru-buru mandi sehingga tidak sempat ambil video juga.

Ya wis itu saja yang bisa saya ceritakan kenapa pompa air tetangga kontrakan gagal menghisap air sumur sangat dangkal, ya bocor halus..  Semoga cerita saya bisa bermanfaat bagi pemirsa.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.