Gagal Pasang Internet Indihome : Pusing Soal Koneksi

Partner
suzuki
Honda

Gagal Pasang Internet Indihome : Pusing Soal Koneksi

., salam pertamax7.com, Gagal Pasang Internet Indihome : Pusing Soal Koneksi

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Teknologi.

Ini adalah artikel curhat. Mungkin pemirsa bertanya-tanya kenapa beberapa pekan terakhir saya telat update artikel blog maupun video di youtube, biasanya saya update malam sampai dini hari, kenapa? berikut ceita singkatnya…


Kebutuhan akan koneksi internet memang menjadi hal yang lumrah saat ini. Saya sendiri sudah menggunakan koneksi internet sejak kecil sekitar tahun 2006 silam dan sudah terbiasa dengan koneksi stabil dan semacam sudah dimanjakan sejak dini.

Akan tetapi tidak untuk tahun 2021 ini di mana kebutuhan internet sangat tinggi karena pandemi sehingga kegiatan Work From Home/ WFH maupun sekolah daring alias Online.

Sejak ngekost di Jogja, saya menggunakan koneksi internet dengan modem XL Home untuk kegiatan sehari-hari seperti ngeblog, upload video, upload instagram dan tentunya komunikasi seperti WhatsApp dan email.

Awal Tahun 2020 sampai Mei 2021 saya memang mudik ke Wonogiri sukses karena pandemi, urusan koneksi lancar jaya kalau di rumah.. Namun semuanya berbalik 180 derajat saat balik ke Kost Jogja Mulai Juni 2021..

Koneksi internet andalan saya satu-satunya di Kost yaitu XL-Home ternyata mengalami masalah, meski sinyal 3-4 Bar dari maksimal 5, saat siang hari koneksinya sangat lemot, biasanya antara 30 mbps ( 3,75MBps ) …  saya balik ke Kost, saya coba speedtest tidak sampai 1 mbps atau 0,275MBps yang mana buat WhatsApp  pun sering tidak konek !

Dengan koneksi selemot itu, tentu akan menjadi penghalang saya beraktivitas sehari-hari meski pada malam hari antara jam 23.00 sampai pukul 06.00 Pagi, koneksi internet jauh lebih mumpuni kadang bisa tembus 15mbps ( 1,875MBps ) sehingga membuat saya update blog maupun video dini hari karena koneksinya adanya jam segitu, saya mohon maaf.

Saya menduga kenapa siang koneksi lambat dan malam koneksi lumayan ini karena saya tidak kebagian bandwidth akibat banyaknya pemakai.

Kondisi koneksi saya semakin memprihatinkan alias semakin buruk saat saya akhirnya pada akhir bulan Juli 2021 lalu pindah dari kost-kost an ke rumah kontrakan yang lebih lega demi anak istri.

Eh… Ternyata di rumah kontrakan, koneksi jauh lebih buruk. Sinyal modem XL HOME saya di kost tembus 3/5, namun di kontrakan cuma 1 bar dari maksimal 5 yang mana koneksi internet saya jauh lebih parah !

Saat siang hari konek saja syukur, sedangkan kalau malam hari lumayan lah bisa tembus 0,36mbps ( 45KBps ) yang mana ya lumayan lah buat saya ngetik artikel sambil harap-harap cemas tersimpan atau tidak.

Berikut beberapa tangkapan layar yang berhasil saya abadikan selama ini sambil kebingungan :

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

masalah koneksi internet pertamax7
Gagal Pasang Internet Indihome
Pindahan Kost Pertamax7

Setelah pindah ke kontrakan, koneksi internet saya semakin memprihatinkan

Modem XL HOME Huawei B310

Di kontrakan, saya cuma mendapatkan signal 1 bar dari maksimal 5, sudah saya belikan antena tambahan omni yang dipasang di luar rumah kontrakan, juga tidak membantu menambah sinyal. Dengan kondisi seperti ini, syaa coba cek kecepatan internet di speedtest… hasilnya?

Gagal Pasang Internet Indihome
Speedtest XL HOME Sore

Sungguh membagongkan om, sekedar konek ke internet saja sudah syukur pas siang om..

Gagal Pasang Internet Indihome
Speedtest XL HOME Siang

jadi kalau siang hari, saya tidak terhubung ke internet. Bagaimana kalau malam hari?

Kondisi Sinyal Malam XL HOME Huawei B310

Saat malam hari, ada sinyal tambahan dan saya bisa terkoneksi ke internet meski macam kelelawar, melek malam sampai pagi

Gagal Pasang Internet Indihome
Speedtest Koneksi XL HOME Malam Kontrakan

Bagaimana dengan provider lain? Saya pakai Im3 dan ada sinyal 1 bar juga 4G+, mayan lah bisa konek sekitar 3Mbps…

Gagal Pasang Internet Indihome
Sinyal Im3 4G Cek Telkomsel Loop Orbit

Tak kehilangan cara, saya beli kartu perdana telkomsel loop untuk mencoba ada sinyal nggak di kontrakan, hasilnya sama saja dengan XL, saat siang ambyar, bahkan seringnya cuma 3G bahkan 2G…  Sementara kalau malam bisa lah dapat 2 bar 4G

Gagal Pasang Internet Indihome
Sinyal Telkomsel Pertamax7

Saya coba speedtest koneksi Telkomsel malam hari di kontrakan, lumayan lah dapat 2,32mbps ( 0,29MBps )

Gagal Pasang Internet Indihome
Speedtest Telkomsel Malam Pertamax7

Karena saya penasaran, kebetulan tetangga kontrakan ad ayang pakai smartphone dengan koneksi XL kondisi di luar rumah siang hari mendapat sinyal 4G antara 2-3 bar dengan hasil speedtest yang kencang banget, 0,77 mbps alias lebih kencang dari modem XL Home saya yang 0,3 Mbps hahaha.

Speedtest XL Siang Hari Smartphone

Nasip rebutan koneksi di tengah pandemi euy.

Gagal Pasang Internet Indihome

Kotak ODP Closure Telkom optical distribution point

Jadi saya sudah pakai provider XL HOME, lalu Im3 dan juga Telkomsel dan tidak mumpuni di daerah kontrakan tempati, berbekal tiang fiber optik telkom yang dekat dengan kontrakan, saya akhirnya mencoba pasang internet Telkom Indihome.

Namun sayangnya setelah saya cek kok daerah kontrakan yang saya tempati kok disebutnya tidak tercover fiber optic, bingung kan? Lalu saya coba cari marketing Telkom Indihome dan menurut teknisi, area saya sudah penuh alias kotak ODP (optical distribution point) sudah penuh yang ditandai dengan warna merah.

Gagal Pasang Internet Indihome Telkom Karena ODP Penuh

Sebenarnya ada yang kosong 1 yaitu warna kuning, namun jaraknya sekitar 600 meter dari kontrakan yang mana jarak maksimal kabel FO Indihome menurut teknisinya cuma 250 meter idealnya..

Bagaimana dengan opsi pasang kotak ODP baru? Ternyata perlu minimal 8 orang yang berlangganan INDIHOME agar Telkom bisa membuat jaringan baru untuk kontrakan saya, tentu syarat ini tisak bisa saya penuhi mengingat saya cuma pendatang di area kontrakan dan karena hal ini saya gagal pasang internet untuk kebutuhan saya.

OPSI LAIN

Dikarenakan saya gagal pasang Internet Indihome, saya sempat cari pilihan lain seperti modem telkomsel ORBIT yang nyatanya tidak didukung di area kontrakan yang saya tempati, jadi meski ada sinyal telkomsel, bukan berarti bisa dipakai oleh Modem ORBIT.

Lalu saya cari info mengenai Penyelenggara Jasa Internet (PIJI) B.Ind atau lebih dikenal sebagai Internet Service Provider (ISP) B.Ing lain, sayangnya MyRepublic, GIG By Indosat tidak ada di Jogja

Sementara itu, Biznet Fiber Optic, Citranet Fiber Optic maupun First Media Fiber Optic tidak menjangkau area kontrakan yang saya tempati saat ini, adanya setahu saya pakai wireless yang artinya perlu tower triangle yang jelas saya belum mampu untuk membelinya.

Estimasi pemasangan tower triangle sendiri ada yang bilang bisa sampai Rp10 juta dengan asumsi per tiang 4 meter adalah Rp850.000 belum termasuk alat radio wifi, biaya pasang , penangkal petir dan lain sebagainya sehingga opsi pasang Wireless ke ISP jelas tidak masuk budget saya.

Sejauh ini, Hingga artikel diketik pada 4 Agustus 2021, saya belum punya koneksi yang mumpuni untuk beraktivitas … tapi kok bisa tayang?

Ya saya bikin artikel alias ngedraft, lalu uploadnya di daerah pasar yang internetnya pas bagus 4G sembari belanja sayur.. atau kalau pas malam hari bisa saya upload pelan-pelan..  sungguh perjuangan sekali.. Saatnya cari jalan keluar lainnya.. semangat sabar

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

6 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.