Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 Tanpa Sunat Power

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 Tanpa Sunat Power

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam moge mania.

Penerapan Regulasi Emisi Euro5 per 1 Januari 2021 untuk dataran Eropa memang membuat pabrikan otomotif berfikir dengan ekstra keras agar produknya bisa sesuai peraturan, karena jika tidak lolos ya sudah perlu disuntik mati karena tidak bisa dijual di benua biru yang jelas menjadi pasar besar otomotif terutama moge.

Mungkin ngurusin mocil supaya lulus EURO5 bisa jadi akan lebih mudah, namun bagaimana kalau moge? Sudah banyak moge yang akhirnya pamitan karena tidak lolos EURO5.

Biasanya sih kalau kendaraan lulus Regulasi Euro5, maka akan ada konsekuensi yang harus dibayar yaitu pengurangan power mesin. Namun berbeda halnya dengan MV AGUSTA Superveloce series yang kini lulus EURO5 namun saya lihat data spesifikasinya kok tidak ada penurunan power alias secara klaim tanpa sunat power, apa ya rahasianya?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 Tanpa Sunat Power

MV AGUSTA Superveloce Series pada 2020 EURO4 diklaim memiliki power puncak di mesin hingga 144,989HP pada 13.000 R.P.M dan tidak ada perubahan klaim power MV AGUSTA Superveloce Series pada 2021 EURO5. Untuk mencapai power yang sama meski regulasi emisi yang ketat, MV Agusta melakukan perubahan pada :

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5

MV Agusta mengatakan Superveloce 2021 menggunakan injektor yang lebih besar dengan tekanan tambahan pompa bensin sebanyak 0.5 Bar ( 7,25189 Psi ), lalu update ECU untuk perubahan mekanis mesin di bawah dan juga peningkatan efisiensi oil cooler sebesar 5 persen.

Brand New DLC Bucket Tappets 2021 MV Agusta Superveloce Euro5Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 menggunakan DLC Bucket Tappet, yaps sudah pakai Lapisan Diamond Like Carbon yang jelas lebih kuat, ringan dan minim gesekan, cocok untuk mengurangi gesekan sistem DOHC Direct seperti ini.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Sintered Valve Guides 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 kini menggunakan Sintered Valve Guides/ Bos klep dengan proses sintering yang lebih kuat dan minim gesekan.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Main Bearing 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 menggunakan main bearing/ bearing crankshaft/ laher bandul metal duduk yang baru lebih rendah gesekan.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Connecting Rod Bearings 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Masih soal bearing, Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 menggunakan laher metal duduk baru pada stang piston.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Balance Shaft Bearings 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

di sisi balance shaft, Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 menggunakan bearing baru yang lagi-lagi lebih rendah gesekan.

Ruang Bakar 2021 MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Exhaust Manifold 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Selain bearing, nyatanya Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 menggunakan Exhaust Manifold/ Header knalpot baru, bisa jadi untuk mengoptimalkan gas buang supaya lebih efisien guna mengejar power dan torsi yang sama seperti saat masih EURO4.

MV Agusta mendesain ulang seluruh sistem knalpot, termasuk moncong knalpot yang sekarang dipotong secara miring/ clash cut.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Kopling MV AGusta Superveloce

Pembangkitan tenaga mesin Mesin MV Agusta Superveloce Euro5 2021 ini dimbangi dengan penggunaan rumah kopling/ Clutch Basket baru untuk mengurangi loss power yang sudah dibangkitkan menuju gearbox dan roda belakang.

Ubahan Mesin MV Agusta Superveloce Euro5
Brand New Clutch Basket 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Penggunaan Clutch Basket MV AGUSTA Superveloce terbaru ini diklaim lebih kuat sehingga membuat motor lebih mudah dikendalikan dan lebih senyap dalam pengoperasiannya.

Brand New Quick Shifter 2021 MV Agusta Superveloce Euro5

Tak lupa MV Agusta juga menggunakan Quick Shifter baru untuk MV Agusta Superveloce Euro5 2021 yaitu Quick Shift 3.0 EAS  guna performa penggantian gearbox yang semakin halus mulus, presisi nan responsif.

Mesin MV Agusta Superveloce Euro5

Pada Intinya adalah : MV Agusta Italia semakin mengefisiensikan kinerja mesin moge buatannya dengan pengurangan gesekan internal antar komponen mesin berkat bearing baru dan mengurangi loss tenaga pada bagian kopling. Jadi wajar bukan kenapa MV Agusta Superveloce Euro5 ini memiliki spesifikasi power yang sama dengan versi Euro4 alias tanpa sunat.

2021 MV AGUSTA Superveloce Series Euro5

Oh iya,Upgrade tidak berhenti sampai di mesin namun juga ada untuk piranti elektronik, MV Agusta akhirnya menambahkan platform pengukuran inersia ( IMU ) ke platform moge tiga silindernya yang mana menggunakan IMU dari e-Novia dari Milan, Italia.

IMU baru berarti kontrol traksi baru, kontrol wheelie, dan fitur Launch Control dalam paket perangkat lunak. Sementara, fitur ABS Cornering baru ditangani oleh Continental.

Nah, ada pemirsa yang sudah mau beli MV Agusta Superveloce Euro5 ini? Monggo pak boss komentarnya. Siapa tahu akan segera masuk Indonesia.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

3 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.