Jumper Aki Livina Pakai Mesin Las Listrik : Head Unit Berasap, Totalan Slur

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Jumper Aki Livina Pakai Mesin Las : Head Unit Berasap, Totalan Slur

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam aki mania. 

Saya memang belum punya mobil, namun saya paham kalau mobil jarang dipakai maupun memang sudah berumur, maka aki mobil akan cepat soak bin tekor. Lantas bagaimana kalau aki tekor? Jika bisa dicas maka coba dicas dulu, cek kelistrikan juga seperti sistem pengisian alternator dan juga sistem beban ada kebocoran arus atau tidak.

Biasanya yang bermasalah adalah unit akinya sehingga perlu cas dulu, jika tidak mempan dicas,  ya ganti aki baru. Balik ke judul, saya sudah bolak balik ngecas aki dengan cas yang sesuai, namun kok ada ya ide ngecas aki pakai mesin las? Ini baru saya tahu karena sepengalaman saya magang di bengkel dinamo, saya belum pernah menemukan ide jenius menggunakan mesin las untuk ngecas aki.

Kali ini ada keluhan pengguna Nissan Livina yang mobilnya nggak bisa distarter ( aki soak bin tekor ) dan dijumper dengan mesin las, hasilnya? Lumayan lah cukup merogoh tabungan yang cukup dalam, kenapa bisa begitu?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Jumper Aki Livina Pakai Mesin Las

Cerita Jumper Aki Livina Pakai Mesin Las
Cerita Jumper Aki Livina Pakai Mesin Las

Cerita dari Mas BlAck member GRAND LIVINA AUTOPARTS INDONESIA ini sudah viral di mana-mana sebagai berikut :

May day may day…
Ada yg pernah ngalamin ga om mobil g bisa distarter terus dijamper pakai mesin las sama tetangga, kelistrikan langsung eror, doubledin keluar asap, lampu depan ga nyala, lampu sein, wiper, kompresor ac ga nyala jg om, lokasi baru di lamongan

Lantas, berikut adalah komentar saya sebagai blogger pinggiran yang belum punya mobil :

kaget

Jumper Aki Mobil dengan Mesin las adalah hal yang baru saya dengar, saya cek spesifikasi mesin las inverter sebagai berikut :

Spesifikasi Mesin LAS Invertrer 450W Bukan Endorse

Jika menggunakan acuan di atas, Pratiks penggunaan mesin las untuk ngejumper aki mobil sukses membakar sistem kelistrikan mobil yang notabenya pakai aki 12V lalu disuntik dengan voltase 24.8v dengan arus antara 20-120A, mantap jiwa ! Maka komponen yang kemungkinan rusak terbakar/ mati adalah :

  1. ECU/ ECM mati
  2. Head Unit Mati ( sesuai keterangan berasap )
  3. Headlamp tidak nyala, sein tidak nyala, wiper tidak nyala, kompresor ac tidak nyala ( mungkin pusat kontrol mati )

Itu baru yang ketahuan, siapa tahu malah kabel body ( Wire Harness ) juga meleleh terbakar karena over current, lalu sistem power steering, central lock, ABS ( kalau ada ) dan lain-lain, semua yang terkoneksi dengan listrik bisa terimbas efeknya seperti terbakar atau cuma sekedar mati.

Lantas kira-kira habis berapa? Kalau banyak yang rusak semacam ini, bisa jadi akan menelan biaya puluhan juta rupiah !, Bukan angka yang sedikit karena keteledoran seperti ini. Selain banyak komponen yang perlu ditebus juga perlu diperhitungkan juga biaya pasang dll. Kenapa bisa habis banyak yang tentu tidak murah? Ya karena keyakinan netizen terhadap terjangkaunya sparepart Nissan.

Saran Saya Jumper Aki

Saran saya, kalau mau jumper aki mobil ya pakai mobil lain, tidak menggunakan mesin las daripada terjadi keteledoran yang jelas membuat kerugian materiil maupun immateriil yang akan terjadi.

Kalaupun aki tekor, coba cas pakai charger aki yang sesuai, atau langsung ke toko aki besar untuk di cas ulang, kalau tidak punya jangan paksakan pakai mesin las juga ya om.

Oh iya, kalau mau ngecas ya pastikan kabel akinya dicabut sempurna, bukan masih menempel di mobil, waspadalah.

Kalau ada pemirsa yang komen, saya sudah sering jumper/ ngecas aki pakai mesin las aman-aman saja kok.. Saran saya, jangan asal, kalau mau ambil resiko sendiri ya silakan, tapi jangan milik orang lain jadi percobaan dan amit-amit memakan korban semacam ini.

Ya wis. Semoga cerita singkat ini bermanfaat bagi pemirsa semua dan menjadi pembelajaran.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

11 KOMENTAR

  1. Sekedar berbagi pengalaman, gunakanlah charger yg paling tdk ada vitur pemutus arus otomatis ketika ada arus pendek atau konlslet, salah knop positif negativ dan full.

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.