Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru

Link ponsel pintar ( di sini )

Salam Maxi mania.

Beli motor baru memang membahagiakan. Bagi saya, beli motor baru ya wajib di inriyen karena produk massal, meski mungkin ada yang beranggapan kalau motor baru sudah modern fabrikasi pembuatannya, nggak perlu inreyen.

Dalam cerita singkat ini, saya ingin menceritakan cara inreyen/ saya nyebutnya inriyen all new Honda PCX 160 yang baru saja hadir. Sebenarnya, ini adalah cara yang umum atau tidak khusus untuk All New Honda PCX 160 saja, melainkan untuk motor matic yang saya pakai selama ini. Kebetulan saya pakai Honda PCX 150 dan saya melakukan inriyen dengan cara :

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cara Inriyen Honda PCX 160 Terbaru

Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru
Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru Mesin

Astra Honda Motor memberikan panduan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara khususnya saat periode pemakaian mula/ inreyen sebagai berikut :

Selama 500 km pertama, ikutilah petunjuk berikut ini untuk memastikan keandalan dan kinerja kendaraan Anda di masa mendatang.
● Hindari penggunaan gas secara penuh dan akselerasi dengan sangat cepat.
● Hindari pengereman mendadak.
● Berkendaralah dengan biasa saja.

Dan kesemuanya saya lakukan, cara inriyen saya adalah naikin motor dengan biasa saja, tidak gas pol rem pol selama masa inriyen 500 km. Lalu saya menggunakan bensin dengan oktan yang sesuai, misal PCX 160 ini saran saya adalah Pertamina Pertamax 92.

Setelah 500 km, saya biasanya langsung mengganti sendiri oli mesin proses inriyen ini dan biasanya akan ada gram-gram besi khas inriyen. Lalu ganti oli lagi saat KSG 1 ( kupon service gratis pertama ) dengan oli gratis dari Ahass.

Setelah 1000 km, biasanya motor modern memang sudah selesai proses inriyennya, dan motor akan menunjukkan performa optimalnya..

Apakah pada saat inriyen boleh berboncengan? menurut saya tidak masalah, asal tidak dipaksakan karena intinya adalah tidak langsung gas pol dengan harapan akseleri secepat kilat.

Selain inreyen mesin, tentu ada komponen lain yang perlu diinreyen seperti :

Inreyen Komponen CVT

Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru
Inreyen CVT Honda PCX 160

Selain mesin, tentu komponen transmisi matic juga ada inreyennya om, seperti pulley depan belakang, lalu kampas kopling kering juga perlu adaptasi, juga sabuk/ CVT juga ada masa adaptasi antar komponen yang saling bergesekan. Caranya mudah, naiki motor seperti biasa, tidak gas pol gas polan, dengan tambahan coba engine brake alias lepas gas ..

Inreyen CVT Honda PCX ini waktunya bareng mesin kok, jadi tidak perlu mantengin odometer, samakan saja 500 km.

Inreyen Ban

Inreyen Ban Honda PCX 16

Selanjutnya adalah inreyen ban baru, yaps benar, ban juga perlu inreyen karena ban baru ada lapisan lilin pelindung yang perlu dikikis dengan aspal beberapa puluh km guna performa karet ban yang mumpuni. Sekali lagi, dipakai normal saja, jangan langsung coba rem pol, masih cukup licin.

Kalau ban belakang sih lebih mudah inreyennya, kalau mau ekstrim coba burnout meski tidak saya sarankan hehehe, kalau ban depan bagaimana? ya coba dipakai sewajarnya, seiring waktu nanti lapisan lilinnya terkikis aspal … Kalau nggak sabar coba amplas halus saja.. ada yang sudah nyoba ngamplas ban?

Inreyen Rem

Saya selalu menekankan, mau beli motor baru, kampas rem baru, piringan cakram baru, lakukan inreyen/ bedding in.. Kenapa? Karena jika salah satu atau kedua komponen pengereman ini baru baik cakram maupun tromol, sama-sama belum rata om, jadi perlu ada adaptasi supaya keduanya sama-sama rata sehinggga pengereman optimal seperti grafik di bawah ini.

Inreyen Kampas Rem Bedding In Brake Pad

Jaid sudah jelas, kalau motor baru, kampas rem baru, cakram baru, tidak akan langsung enak, perlu inriyen dulu, saya biasanya 100 km baru enak performanya, tidak licin.

Cara Inreyen Honda PCX 160 Terbaru
Inreyen Rem Honda PCX 160

Cara inriyen kampas rem bagaimana? kalau pengen cepat biasanya di lahan kosong misal bandara, lalu coba 50 km per jam dan mengerem pelan-pelan sampai kampas rem mulai membentuk alur sesuai piringan cakram, atau kalau tromol mulai pakem. Lakukan berulang-ulang, tidak sekali jadi.

Kalau inriyen normal kampas rem yang dipakai sewajarnya, tidak melakukan late braking karena cukup berisiko terkait belum optimalnya performa pengereman.  Oh iya, Hindari pengereman secara terus menerus. Pengereman berula g kali, seperti ketika melaju di jalan yang menurun dan panjang, dapat mengakibatkan panas berlebihan pada rem, yang menyebabkan berkurangnya efektivitas pengereman.

Inreyen

Masa Inreyen ( Berasal dari bahasa Belanda: inrijden) atau Break-in atau Running-in selalu disampaikan untuk dipatuhi saat membeli kendaraan baru, dan anjuran tersebut ada di buku pedoman pemakaian kendaraan, baik itu mobil maupun motor.

Proses inreyen/ bedding in/ break in ini adalah proses adaptasi atau penyesuaian komponen yang bergerak dan bergesekan dan memang butuh waktu terntentu, tidak instant. Setahu saya, kendaraan modern sudah lebih mudah prosesnya jadi menurut saya apa salahnya melakukan inriyen untuk performa yang optimal.

Nah, ada pemirsa yang sudah mau beli All New Honda PCX 160? atau motor matic lainnya? semoga bermanfaat ya om.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

3 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.