Monitor Saya Rusak Dell S2216H, Kegiatan Blog dan Youtube Tersendat

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Monitor Saya Rusak Dell S2216H, Kegiatan Blog dan Youtube Tersendat

Tampilan Monitor Dell S2216H Rusak

Salam teknologi.

Sejak 2017 silam, saya sudah beralih dari pengguna notebook untuk ngeblog menjadi komputer/ PC guna kegiatan content creator yang lebih powerfull dan produktif tanpa menyiksa notebook jadul saja. Namun, mulai sekitar sepekan yang lalu ( Januari 2021 ), kok monitor saya mulai kedip singkat dan muncul garis secara singkat, walah jangan-jangan kabel HDMI saya mulai error, atau apesnya malah GPU ( VGA Card ) saya yang rusak?

Selang beberapa waktu kemudian, kejadian makin parah kala monitor saya makin jelas garisnya menutupi hampir 80% layar, dan terakhir mulai kedap kedip disko monitor LCD saya, waduh kenapa ini.. Video detailnya di bawah ya om. ada yang nyebut fenomena ini adalah flashing maupun LCD Bleeding

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Monitor Saya Rusak Dell S2216H

Lantas saya inisiatif cari pinjaman kabel HDMI dan nyatanya tidak ada perubahan, saya baru sadar saat kabel HDMI dilepas, LCD saya memang tetap kedap kedip dengan tampilan kacau, waduh monitor saya rusak nih setelah 3 tahunan.. Sementara itu setahu saya garansi DELL cuma 1 tahun, ya wis saya pasrah saja..

Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Kondisi Monitor Saya Rusak Dell S2216H

Jadi mohon maaf untuk beberapa waktu ke depan, kegiatan blog akan tersendat karena kembali pakai notebook yang sudah udzur, sementara itu youtube pertamax7.com akan rehat sampai waktu yang belum jelas sampai saya bisa beli monitor lagi mengingat pandemi seperti ini.

Kalau ngeblog masih saya usakan karena mengetik tidak perlu notebook kencang meski semua data foto adanya di PC, jadi saya cukup terganggu mengenai data ini, apalagi youtube, semua file video juga adanya di PC, walhasil saya tidak punya bahan apapun kecuali mau syuting lagi, itupun pun juga tidak bisa diolah karena notebook saya tidak kuat untuk render, bisa semalaman baru beres.

Saya berinisiatif untuk melakukan service sendiri monitor Dell S2216H dengan pengetahuan seadanya karena memang baru kali ini saya bongkar LCD monitor, ala ala DIY gitu..

Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Bongkar Dell S2216G

Dan kagetnya di dalamnya tidak ada satu komponen pun yang terindikasi rusak, misal elconya melendung, kebakar atau bagaimana.. Entah ICnya yang error atau fatalnya adalah panel LCD saya yang sudah rusak, walhasil biaya servicenya ( beli panel baru ) malah mending buat beli Monitor LCD baru.

Logic Board Dell S2216G
Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Kondisi Board Dell S2216G

Monitor LCD untuk blogger dan Youtube Editing

Berbeda dengan dengan gamers/ kebutuhan gim yang membutuhkan monitor dengan refresh rate tinggi misalkan 144hz dan response time black to black maupun grey to grey yang singkat cepat, kebutuhan monitor LCD untuk ngetik artikel maupun editing baik foto blog maupun video youtube tidaklah neko-neko, kalau saya speknya seperti ini

  • Resolusi layar minimal FHD 1920x1080p
  • panel layar jenis IPS (In-plane switching) untuk akurasi warna terbaik dan adem di mata tidak mencolok mata/ tidak bikin pedes .
  • Spektrum Warna sRGB 90%, lebih tinggi lebih baik tentunya.
  • Refresh rate 60 hz sudah cukup
  • Ukuran menyesuaikan antara 20 Inchi sampai 27 Inchi Cukup, lebih dari itu selera.
  • Delta E*00 < 1,00 sangat mahal, Delta E*00 < 3,00 sudah cukup.
  • Syukur-syukur ada speaker-nya, mayan buat dengerin musik saat ngetik atau buat ngedit video tanpa speaker 2.0 lagi, hemat.
  • Awet, investasi jangka panjang.

Dengan acuan di atas, saya mengincar monitor pengganti Dell S2216H saya yang rusak

Harga Monitor Dell S2216H

Dan kemungkinan saya belum menggunakan DELL kembali sejauh ini, pengen nyoba merk lain siapa tahu lebih beruntung. Pilihan pertama saya adalah LG 29WK600-W yang kini berubah nama menjadi LG 29WN600-W, idaman banget buat ngedit video om,, Ultra-wide dengan rasio 21:9

LG 32WN600-W Ultrawide

Namun harganya jauh, jauh lebih mahal dari DELL S2216S yang rusak, dan juga lebih mahal dari VGA Card saya hahahaha,, mimpi dulu boleh kali ya..

Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Monitor LG 23WN600 IPS

Lalu saya meluncur ke GT ID, Youtuber spesialis yang mereview monitor, ada rekomendasi yaitu LG 24MK699M LED, tapi harganya…. alamak

Monitor LG 24MK699M LED

Salah satu kompor dari GT ID yang sangat saya pertimbangkan adalah keluaran

Monitor HP24MH

yaps, HP 24 MH ini disebut-sebut sebagai rajanya monitor di bawah Rp. 2 juta dengan segala maca keunggulan yang sulit untuk ditolak, namun saat ini saya masih terbentur soal dana hehehe.

Oh iya, brand-brand yang saya sebutkan dalam artikel kali ini jelas bukan endorse/ afiliasi ya om.. Selain itu, merk di atas juga cukup sulit didapat di kota kecil, perlu cari di marketplace/ belanja online alias ongkos kirim.. dan juga bisa ghaib/ menghilang di pasaran karena barang memang terbatas.. mau yang stoknya banyak? biasanya ya SAMSUNG atau yang akan saya ceritakan di bawah ini..

Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Monitor Samsung S24R350

Saya punya teman juragan komputer asal Tulungagung yaitu lek dony slendrosa ( D-Tech Computer ) yang mana merekomendasikan monitor LED Monitor Samsung S24R350 yang mana katanya bagus.. saya jadi bingung,.. soal dananya hehehe..

Namun karena alasan budget yang sudah saya sentil terutama saat pandemi seperti ini, kemungkinan saya memilih monitor sebagai berikut :

Monitor Saya Rusak Dell S2216H
Monitor HP 19KA VGA

Akan tetapi masih belum jelas saya beli monitor kapan karena memang belum ada izin dari istri mengingat masa pandemi ini butuh banyak uang untuk kebutuhan primer, apalagi ongkos kirim barang ini cukup mahal lho karena berat dan bervolume, walhasil saya masih pakai notebook dan kegiatan blog memang tersendat, kalau youtube saya sudah woro-woro kalau rehat sejenak..

Nah, apa pengalaman pemirsa menggunakan monitor komputer? monggo om sharenya, saya masih awam soal monitor, padahal saya suka ngerakit PC, dengan penggunaan wajar, listrik stabil dan kondisi lingkungan yang mendukung tidak panas banget maupun dingin banget dan kelembaban tinggi, namun bicara soal keawetan komponen elektronik memang bisa dibilang hanya Allah SWT yang tahu.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

10 KOMENTAR

  1. coba diukur tegangan vgh, vgl, dll google gan lokasi tes pointnya tegangannya, dari situ tau bagian mana yg rusaknya, google juga, aku berhasil perbaiki monitor ku cuma modal seutas kawat email tipis dijumper ke cof karena tegangan vgh ke lcdnya putus gambarnya ijo dan jadi slow

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.