Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala

Pompa Air Submersible Sumur Dalam Satelit

Salam DIY.

Beberapa waktu lalu saya dimintai tolong oleh salah seorang pejabat desa yang mengeluhkan pompa air celup/ pompa air satelit/ pompa air submersibelnya kok nggak nyala, dicek pakai tespen kok kabelnya 3, 2 nyala 1 mati ..

Ternyata cuma modal tespen saja tanpa tahu bagaimana sistem kerja Pompa Air Submersible yang sejatinya ada 4 kabel, namun oleh teknisi yang memasang malah diberi kabel  NYM eterna 3X1,5mm , sungguh cerdas. Pemilik pompa air ini sudah ketar-ketir kalau-kalau pompa air mahalnya terbakar …

Lantas apa yang saya lakukan untuk perbaikan? mudah saja, urutkan saja sesuai dengan skema yang ada..

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala

Kabel NYM sambungan Pompa Air Submersible

Saya tidak tahu merk pompa air submersible yang saya perbaiki kali ini, kalau tidak salah dayanya 3/4HP kalau tidak 1HP, memang daya besar sih.. langsung cek saja skemanya

Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala
Skema Kelistrikan Pompa Air Submersible

Lalu saya mengurutkan arus dari stop kontak, lalu saklar, cek kemungkinan Kapasitor terbakar menggunakan tespen dan juga multimeter. Hasilnya Capasitor ok, tidak gosong, cek juga tidak bocor.. saya cek lagi, ternyata cuma saklarnya saja yang hangus daleman kontaknya, bisa cek pakai ohmmeter.

Isi Box Terminal Pompa Air Submersible

Hmmm, ternyata saklar on-offnya terbakar satu sisi di bagian netral, praktis nggak arus tidak mengalir secara tertutup. Hmm, daripada ganti saklar kebakar lagi, akhirnya saya jumpert alias hubung phase dengan phase, netral dengan netral seperti gambar di bawah ini

Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala
Jumper Box Kontrol Pompa Air Submersible

Jadi kabel hitam saya sambung hitam, kabel biru saya sambung biru, gitu saja.,, lantas bagaiman cara menghidupkan dan mematikan pompa satelit ini? saya pasang MCB 10A sebagai saklar ditambah dengan lampu indikator LED 2W warna merah.

Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala
Pengalaman Servis Pompa Air Submersible Tak Mau Nyala

Hasilnya sukses om, pompa satelit berfungsi seperti sedia kala, air mengalir deras… tidak perlu keluar duit jutaan, pasang saklar di luar, semoga lebih awet.

Semoga cerita singkat saya ini bermanfaat ya om, 2 pekan ini saya banyak melakukan kegiatan service dengan protokol yang sangat ketat, semoga pandemi cepat berlalu.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

6 KOMENTAR

  1. Lho, bukannya kalo setiap beli pompa submersible itu udah dapet satu paket sama kabel bawaannya ya?
    Dan kabel bawaan tsb spek nya tinggi, bisa direndam dalam air dan pas dg slot kedapnya pompa.
    Ini kok malah diganti pake kabel eterna yg spek nya bukan untuk direndam dalam air? Bahaya euy.

    Teknisinya gak bener nih.
    Coba ditanyain itu kabel aslinya kemana ?

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.