Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic? Banyak Manfaat

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic? Banyak Manfaat

Yamaha NMAX 155 ABS Gunmetal
Yamaha NMAX 155 ABS Gunmetal Pertamax7.com

Salam Matic Mania. 

Motor matic adalah pilihan praktis untuk kegiatan sehari-hari, saya dan pemirsa tentu akan setuju dengan hal tersebut. Namun jangan lupakan perawatan dari tunggangan kita apapun itu, mau motor matic, motor bebek, motor sport, mobil, dan lain sebagainya.

Kali ini saya ingin menunjukkan betapa pentingnya melakukan servis secara rutin kendaraan khususnya motor matic yang saya soroti adalah bersih-bersih ruang CVT selain ganti oli dan cairan lain secara berkala.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic? Banyak Manfaat

Jadi ceritanya saya iseng bongkar CVT Honda Scoopy yang sudah menempuh 9000 an km dan rasanya kok rada kurang enak.. Hmm , ruang cvtnya pasti sudah sangat kotor nih..

Saya sendiri belum sempat melakukan service matic yang dipakai istri ke AHASS karena pandemi seperti ini. Praktis motor tersebut baru pertama kali service saat hampir 1000 km alias KSG 1..

Ok siapkan alat dan saya bongkar Honda Scoopy yang sudah sejak 2018 silam dipakai dan belum saya bersihkan area CVT..

Manfaat Service CVT Motor Matic

Sayangnya, saya sendiri belum punya kompressor angin dan sedang menabung kompressor termurah ya cuma buat isi angin ban dan juga kegiatan bersih-bersih semacam ini. Eh.. Baru buka cover CVT saja sudah banyak debu yang rontok..

Proses Pembersihan CVT Matic Honda Scoopy

Saat saya coba bersihkan pully depan, kotoran juga berjatuhan.. lantas saya bongkar kopling kering Honda Scoopy, alamak,, mak kepyar.. ini dia biang Scoopy yang saya pakai kurang joss..

Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic
Kotoran Kampas Kopling Honda Scoopy

lalu coba saya lap dengan tisu saja karena belum punya kompresor.. namanya juga cuma iseng bongkar sih..

Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic
Debu Kotoran CVT Honda Scoopy

Jaid kotoran ini mengendap di CVT Honda Scoopy setidaknya 8000 an KM lebih.. biyuh..

Kotoran Cover CVT Honda Scoopy

Cek juga kotoran di Cover CVTnya,, mantap m.. .Setelah saya coba lap semampu saya. lalu semua komponen saya pasang kembali dan lumayan bersih lah..

Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic
Kenapa Perlu Servis Rutin CVT Matic

Setelah melakukan bersih-bersih ruang CVT cuma modal lap tanpa angin kompressor, lalu rakit kembali, nyatanya setelah saya coba pakai untuk beli galon, Honda Scoopy jadi enak kembali, enteng gitu.. padahal belum sempat ganti oli juga.. Wah Jadi semakin senang nih servis sendiri sebisa saya.

Manfaat Servis CVT Matic

Di Yamaha NMAX yang saya pakai, biasanya service CVT ke bengkel resmi paling tidak 6000 km sekali dan memang duah banyak kotoran yang menumpuk bikin nggak enak, dan pengalaman saya rutin servis CVT adalah :

  • Performa motor terjaga kembali optimal, rasa berkendara jadi enak kembali.
  • Kita bisa tahu komponen apa yang sudah aus, sehingga bisa dipantau sendiri untuk estimasi ke depannya.
  • Komponen CVT akan lebih awet karena dalam kondisi bersih.
  • Servis CVT seperti ini juga untuk memantau oil seal CVT, seal-seal lain, dan juga grease.
  • Dengan service, setidaknya bisa tahu komponen yang bermasalah dan tidak menunggu sampai parah atau rusak guna keamanan dan kenyamanan pengguna itu sendiri.

Nah, soal servis area CVT ini jangan disepelekan ya om, mungkin ada yang mengangap service pas ganti CVT saja di 24.000 KM misalkan,, padahal ya debunya sudah menumpuk sangat.. motor jadi kurang enak.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

5 KOMENTAR

  1. bersiin cvt minimal 3 bulan sekali….Masih enakkan Supra X 125 Fi irit perawatannya GK bongkar2 cvt cukup lumasi & Setel rantai doang

Apa Komentar Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.