Cara Aman Berkendara Hemat BBM Astra Motor Yogyakarta

1
77

., salam pertamax7.com, Cara Aman Berkendara Hemat BBM Astra Motor Yogyakarta

Animasi Honda All New Scoopy 110 Foto 360 Derajat

Info resmi dari Yogyakarta – Hampir seluruh pengguna sepeda motor selalu mendambakan sepeda motor yang hemat bahan bakar. Terlebih jika sepeda motor menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari.

Hal tersebut direspon oleh pabrikan sepeda motor dengan meluncurkan teknologi-teknologi yang mendukung proses efisiensi bahan bakar. Termasuk di dalamnya teknologi Progammed Fuel Injection (PGM-FI) di seluruh sepeda motor Honda, enhanced Smart Power (eSP), hingga Idling Stop System (ISS) yang telah melengkapi skutik-skutik terbaru Honda.

Namun demikian, dari sisi pengendara sepeda motor ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Tujuannya agar perjalan tetap aman dan konsumsi bahan bakar semakin hemat.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Cara Aman Berkendara Hemat Bahan Bakar

Berikut ini adalah tips dari Pak Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta :

  1. Panaskan mesin motor sebelum berkendara. 

Sebelum menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk memanaskan mesin terlebih dahulu. Proses ini dilakukan cukup dalam waktu singkat yaitu antara 30 detik sampai dengan 1 menit untuk sepeda motor Honda dengan sistem PGM-FI atau 2-3 menit untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator. Tujuannya adalah untuk memperoleh suhu ideal mesin serta memastikan seluruh komponen mesin memperoleh pelumasan secara optimal.

  1. Perhatikan tekanan udara pada ban motor. 

Ban sepeda motor yang kekurangan tekanan udara (kurang angin) akan membuat beban sepeda motor bertambah, sehingga sepeda motor menjadi berat untuk berkendara. Standar normal tekanan sepeda motor adalah 29 – 30 psi untuk ban depan dan 31 – 33 psi untuk ban belakang.

  1. Usahakan menggunakan kecepatan konstan. 

Perhatikan kecepatan berkendara saat mengendarai sepeda motor. Usahakan menggunakan kecepatan yang konstan selama berkendara.

Partner
IRC
Honda
FDR
  1. Kurangi akselerasi dan deselerasi berlebihan saat berkendara sepeda motor. 

Akselerasi dan deselerasi yang dilakukan secara berlebihan membuat pengendara membuka dan menutup gas secara ekstrim. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan meningkatkan jumlah konsumsi bahan bakar.

  1. Tidak membiarkan mesin menyala saat sepeda motor berhenti. 

Di jalan-jalan kota yang padat dimana banyak terdapat APILL, konsumsi bahan bakar banyak terbuang saat sepeda motor berhenti tapi mesin dalam keaadaan hidup. Pengguna skutik Honda terkini dimudahkan dengan keberadaan fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis ketika sepeda motor berhenti dan dalam keadaan idling selama 3 detik. Untuk menghidupkan mesin kembali, pengendara cukup memutar tuas gas secara perlahan.

Ilustrasi - Cek Tekanan Udara Motor Honda - Cara Aman Berkendara Hemat BBM Astra Motor Yogyakarta
Ilustrasi – Cek Tekanan Udara Motor Honda – Cara Aman Berkendara Hemat BBM Astra Motor Yogyakarta

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

1 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.