Detail Winglets BMW M1000RR : Downforce Hingga 16,3 KG

Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Detail Winglets BMW M1000RR : Downforce Hingga 16,3 KG

Headlamp BMW M1000RR WInglets Carbon Fiber

Salam moge lovers.

BMW M1000RR Adalah superbike pertama BMW dengan nama M Series yang sudah dikenal sebagai seri performance. BMW M1000RR dibekali dengan Winglets khusus dengan nama M Winglets yang berfungsi menciptakan gaya tekan ke bawah/ downforce pada motor sehingga mengurangi efek wheelie.

Lantas, berapa Downforce yang bisa dibangkitkan oleh M Winglets di BMW M1000RR? berikut detailnya.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Detail Winglets BMW M1000RR

RnD untuk M Winglets dilakukan selama test ride di trek balap dan juga di terowongan angin BMW Group. Nilai downforce berikut ditentukan untuk bagian depan dan belakang M RR baru:

Detail Winglets BMW M1000RR
Detail Winglets BMW M1000RR

Berikut adalah data yang dibeberkan oleh BMW Motorrad Germany terkait kinerja M-Winglets dari BMW M1000RR

Downforce Front Rear Total
50 km/h 0.4 kg 0.1 kg 0.5 kg
100 km/h 1.5 kg 0.3 kg 1.8 kg
150 km/h 3.3 kg 0.7 kg 4.1 kg
200 km/h 5.9 kg 1.3 kg 7.2 kg
250 km/h 9.3 kg 2 kg 11.3 kg
300 km/h 13.4 kg 2.9 kg 16.3 kg

Data di atas menunjukkan bahwa M winglet menghasilkan downforce yang signifikan di bagian depan, tetapi keseluruhan desain aerodinamis Body M RR baru juga menghasilkan komponen downforce tambahan di bagian belakang.

  • Downforce terbesar 16,3 KG diperoleh saat kecepatan 300 km per jam euy..

Tim pengembang BMW Motorrad menanggapi sedikit peningkatan resistensi aerodinamis yang disebabkan oleh area depan tambahan yang kecil dan bentuk sayap M dengan windscreen depan yang dirancang ulang. Hal ini menghasilkan aliran udara yang lebih baik di sekitar helm pengemudi sebagai kompensasi dari sedikit peningkatan hambatan yang disebabkan oleh winglet dan dengan demikian kecepatan maksimum dapat dipertahankan.

Winglets-BMW-M1000RR-Carbon-Fiber

Martin Keck selaku pengembangan Sasis M1000RR menyatakan

“Kerja sama yang erat dengan departemen M Sport dan geometri berkendara yang sangat didasarkan pada kendaraan WSBK saat ini, telah menghasilkan peningkatan kinerja yang signifikan dalam pengoperasian trek balap. K

aliper rem yang dioptimalkan untuk sport racing memberikan kontribusi yang signifikan untuk ini. Mereka terutama dicirikan oleh stabilitas titik resistensi yang luar biasa dan pergantian roda belakang yang cepat ”.

Potensi besar M RR baru tidak hanya tercermin dari mesin yang dirancang untuk performa maksimal. Faktanya, dinamika berkendara yang luar biasa sebagian besar merupakan hasil dari pekerjaan pengembangan yang konsisten dengan berbagai tes trek balap pada sasis dan aerodinamika.

M winglet dan high windscreen BMW M1000RR memungkinkan Pengereman lebih lambat ( late braking ) dan akselerasi lebih awal berkat downforce aerodinamis tanpa pengurangan kecepatan maksimum.

Aerodinamika adalah poin yang menentukan dalam spesifikasi teknis untuk pekerjaan pengembangan M1000RR. Dengan tujuan mencapai laptime yang lebih cepat, ia telah memainkan peran sentral di level teratas balap sepeda motor, MotoGP, dan Kejuaraan Dunia Superbike selama beberapa tahun.

Selama beberapa dekade, para pengembang mesin balap berkonsentrasi hampir secara eksklusif pada ketahanan aerodinamis (“drag”) dan dengan demikian pada dasarnya pada kecepatan maksimum yang ingin dicapai. Hari ini, bagaimanapun, aspek aerodinamis lebih lanjut menjadi fokus perhatian untuk lebih dari 209HP Superbikes dan motor cepat MotoGP.

Detail Winglets BMW M1000RR
Detail Winglets BMW M1000RR

Selain kecepatan maksimum yang setinggi mungkin, yang mutlak diperlukan untuk memenangkan balapan, tujuan lain dari sepeda motor yang sangat bertenaga ini adalah untuk menciptakan kontak roda yang terbaik dengan jalan – terutama saat berakselerasi.

Kondisi wheelies sama sekali tidak diinginkan dalam hal dinamika berkendara, karena dalam situasi mengemudi ini, tenaga penggerak tidak sepenuhnya diubah menjadi tenaga gerak maju ke depan , tetapi sebagian besar juga menjadi elevasi bagian depan sepeda motor ( ban depan terangkat)
Karenanya, kontrol traksi diterapkan untuk menghentikan wheelie dan mengurangi tenaga mesin yang hilang. Sepersepuluh detik yang berharga hilang dalam prosesnya.

Winglet M di bagian depan trim dari M RR baru, terbuat dari karbon lapisan bening, mempertimbangkan skenario ini karena menghasilkan gaya turun aerodinamis dan dengan demikian menambah beban roda yang bergantung pada kecepatan. Beban roda tambahan pada roda depan melawan kemiringan roda saat berakselerasi, kontrol traksi lebih sedikit beraksi, lebih banyak tenaga penggerak diubah menjadi akselerasi dan pengemudi mencapai waktu putaran yang lebih cepat.

Detail Winglets BMW M1000RR
Carbon-Fiber-Winglets-BMW-M1000RR

Sangar yak, ada pemirsa yang sudah mau beli BMW M1000RR? monggo om komentarnya.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

7 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.