Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Model Kotak?

3
260

., salam pertamax7.com, Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Model Kotak?

Sampai sekarang saya belum pernah melihat Kawasaki Ninja ZX25R, apalagi melihat daleman mesin Kawasaki Ninja ZX25R Dengan mesin inline 4 alias empat piston segaris yang memiliki bore x stroke 50mm x 31,8mm.

Lalu bagaimana dengan crankshaftnya? saya mendapatkan sedikit info dari video yang beredar ada sesorang mekanik yang sudah membelah Kawasaki Ninja ZX25R yang mengatakan kalau mocil ini menggunakan crankshaf/ krukas/ bandul dengan model kurang umum yaitu kotak, lho?

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R

Saya sendiri jarang bongkar mesin ya, jadi belum pernah ketemu dengan crankshaft model kotak seperti di Kawasaki Ninja ZX25R

Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Kotak
Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Kotak

Bandingkan dengan Crankshaft Motor empat silinder Kawasaki lain seperti :

Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Kotak
Crankshaft Kawasaki Ninja ZX2R ZXRR
Crankshaft Kawasaki Ninja ZX25R Kotak
Crankshaft Kawasaki Ninja zx6r
Crankshaft Kawasaki Ninja zx10r

Rata-rata memang Kawasaki ZX series itu pakai kruk as/ crankshaft model setengah lingkaran/ half moon/ bulat sabit ya om.. Sekilas info saja, kruk as modelnya ada yang bulat atau lingkaran sempurna dan ada juga yang model bulan sabit. Bandingkan dengan Kruk as Kawasaki Ninja ZX25R ini:

Krukas Kawasaki Ninja ZX25R Bandul

Menurut saya, krukas Kawasaki Ninja ZX25R ini bukanlah kotak ya om, namun tetap bulan sabut, cuma model kuping/ ears/ counterweight atau model bandulnya tidaklah begitu lebar, cukup sempit sehingga nampak seakan-akan bentuknya kotak/ square.

Partner
IRC
Honda
FDR

Kenapa Kawasaki menggunakan Kruk As model sempit ini di Kawasaki Ninja ZX25R? mungkin ini adalah berkat metalurgi teknologi terbaru, sehingga proses penyeimbangan masing-masing piston dan stangnya tidak perlu membutuhkan bandul yang besar, cukup yang sempit-sempit saja bandulnya hasilnya sudah seimbang dan hasilnya mesin sudah halus khas motor empat silinder.. monggo pemirsa bisa menambahkan..

“Berat counterweight bertindak sebagai pusat gravitasinya. Perbedaan bentuk akan mempengaruhi inersia rotasi tetapi tidak ada perbedaan pada keseimbangan”

Ukuran Klep Kawasaki Ninja ZX25R
valve Klep Kunci Kontak Piston Kawasaki Ninja ZX25R

Saya jadi penasaran sehalus apa mesin empat slinder terbaru Kawasaki Ninja ZX25R Screamer ini..

Crankshaft

Crankshaft atau sering disebut bandul aka Kruk as/ Krukas/ askruk / poros engkol merupakan poros yang berputar yang terhubung dengan stang piston. Crankshaft

berfungsi merubah gerakan bolak balik piston ( naik turun maupun maju mundur ) menjadi gerakan berputar/ rotasi. Crankshaft sendiri umumnya digunakan pada internal combustion engine ( ICE ). Crankshaft berputar dengan lancar berkat bearing yang menerima gaya dan daya mesin dan komponen ini perlu dibalance/ seimbangkan setahu saya kalau turun mesin supaya mesin tidak bergetar hebat saat bekerja.

Mesin Kawasaki Ninja ZX25R 4 Silinder Exhaust Port

Apa komentar pemirsa tentang crankshaft/ bandul/ krukas Kawasaki Ninja ZX25R? bagi saya sih unik. Jadi penasaran euy mau foto.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

3 KOMENTAR

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.