Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS?

6
Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS?

Pertanyaan Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS
Pertanyaan Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS

Mungkin karena saya belum pernah melihat langsung Kawasaki Ninja ZX25R, banyak pemirsa yang meragukan cerita saya sebagai blogger pinggiran mengenai mocil terkencang dan tercanggih di dunia di kelasnya ini. Saya maklum akan hal tersebut.

Ok kembali ke judul, saya mohon maaf baru sempat menjawab pertanyaan dari pemirsa bernama om Rohmad Gmp sejak berhari-hari lalu tanya sampai diulang, pertanda memang bingung.. pertanyaannya adalah..

Kok Kawasaki Ninja ZX25R STD pakai Sensor ABS? apa pakai ABS? jawabannya tentu tidak om, Kawasaki Ninja ZX25R STD itu adalah Kawasaki Ninja ZX25R Non ABS sehingga tidak pakai rem anti ban terkunci ( Anti Lock Brake System ) Seperti yang sudah saya ceritakan :

Kalau tidak pakai ABS, Kenapa Kawasaki Ninja ZX25R pakai sensor ABS?

Tanya Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS
Tanya Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Kawasaki Ninja ZX25R Standar Kok Pakai Sensor ABS?

ini yang perlu saya luruskan, masih banyak anggapan kalau benda plat lubang-lubang bulat ( nama resminya Ring Pulser ) yang terdapat di roda selalu dianggap sebagai sensor ABS. Nyatanya bukan om..

Ring RR Pulser Honda PCX ABS 42515K40F10

Kendaraan dengan rem ABS pasti pakai plat pulser ini sebagai sensor ABS, namun bukan berarti yang pakai Ring Pulser artinya pakai rem ABS, tolong dibedakan.

Lalu apa tujuan adanya “Sensor ABS” Di Kawasaki Ninja ZX25R NON ABS? jawabannya sangat mudah..

Sensor Speed Roda Depan Kawasaki Ninja ZX25R

Yang saya lingkari bulatan kuning dan sering disalah artikan sebagai sensor ABS ini adalah Sebagai Sensor Speed atau sensor kecepatan, nah di Kawasaki Ninja ZX25R Non ABS tetap ada dua sensor kecepatan baik di roda depan maupun roda belakang.

Sensor Speed Roda Belakang Kawasaki Ninja ZX25R

Sensor Speed roda depan dan roda belakang di Kawasaki Ninja ZX25R non ABS ini sebagai sensor/ peraba kecepatan roda depan dan belakang untuk kepentingan input ECU KTRC alias Traction Control om

Teknologi Kawasaki Ninja ZX25R Non ABS STD
Teknologi Kawasaki Ninja ZX25R Non ABS STD

Sistem KTRC yang terpasang di Kawasaki Ninja ZX25R perlu mengetahui perbedaaan putaran roda depan dan roda belakang sebagai acuan untuk sistem Traction Control bekerja, sehingga perlu adanya sensor speed baik di roda belakang maupun roda depan.

Kesimpulannya, Sensor Speed roda Depan dan belakang kawasaki Ninja ZX25R ini berfungsi sebagai :

  • Kawasaki Ninja ZX25R ABS : Sensor Speed ABS dan Sensor Speed KTRC
  • Kawasaki Ninja ZX25R NON ABS : Sensor Speed KTRC

Nah, ada pemirsa yang masih binggung? mongo om komentarnya.. jika masih bingung bisa ditanyakan yang bingung dimana yak.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya 

6 KOMENTAR

  1. Waini, kira2 bisa modif aftermarket gak ya buat abs nya (atau swap pake motor lain ber abs yg harganya rata2 cuma 3-5 jt doang dual channel), mayan tuh bisa hemat budget drpd selisih duit 16.5jt cuman dapet tambahan abs dan quick shitter oem kawak (meski lbh disarankan abs bawaan motor sih)

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.