Rahasia Kopi Enak di Astra Motor Yogyakarta, Asli Merbabu

6
Partner
suzuki
Honda

., salam pertamax7.com, Rahasia Kopi Enak di Astra Motor Yogyakarta, Asli Merbabu

Rahasia Kopi Enak di Astra Motor Yogyakarta
Rahasia Kopi Enak di Astra Motor Yogyakarta

Akhirnya terkuak!

Bolak-balik ke Astra Motor Yogyakarta, saya curiga kok kopi gratis yang disediakan untuk konsumen baik beli motor maupun service Ahass Astra Motor Jombor kok rasanya lain terasa unik enak..Kopi hitam dengan rasa manis ini tidak seperti kopi instant… Penasarann ini pakai kopi apa, sampai-sampai saya mau tanya OB-nya Astra secara langsung… Dan 29 Februari 2020, Saya menemukan jawabannya… Ternyata Kopi Spesial, kopi giling bukan bukan kopi gunting.. Walah pantesan..

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Rahasia Kopi Enak di Astra Motor Yogyakarta

29 Februari 2020 lalu alias tahun kabisat empat tahun sekali, saya beserta Blogger vlogger Otomotif Yogyakarta di ajak oleh Astra Motor Yogyakarta untuk touring menuju kebun kopi Merbabu yang merupakan lokasi Corporate Social Responsibility (CSR) kemarin :

Saya kira menggunakan Honda All new BeAT yang baru saja dirilis di Jogja, namun Astra Motor Yogyakarta memilih Honda ADV 150 sebagai motor touring dari Jogja menuju Merbabu tepatnya desa Ngagrong di lereng timur Merbabu yang merupakan salah satu Desa tertinggi di Merbabu.

Trek yang dilalui antara lain dari Jogja menuju muntilan yangk jalannya halus, lantas Ketep Selo yang jalan betonnya banyak ceceran solar sukses dilibas rombongan dengan aman dan nyaman naik Honda ADv 150. Memasuki Trek Cepogo-Ampel, Honda ADV 150 dihadapkan dengan jalanan lumayan rusak dan keriting, Untungnya untuk trek seperti ini Honda ADV 150 sangat mumpuni kaki-kakinya, wis pokoke yakin gas ke.. Tikungan mudah dilibas, medan tanjakan pun Honda ADV 150 tetap irit bbm ( sampai saya heran ) dengan permandangan indah dan lalu lintas yang sepi.

Start dari Jogja lumayan panas, disepanjang perjalanan sejuk, sampai lokasi dingin, brr, tempat ideal kebun kopi memang.

Peserta Blogger Vlogger Touring Kabisat Kopi Merbabu Astra Motor Yogyakarta
Naik Honda ADV Menuju Kopi Merbabu
Blogger Vlogger Touring Kabisat Kopi Merbabu Astra Motor Yogyakarta
Touring Honda ADV Menuju Kopi Merbabu

Akhirnya sampai juga dilokasi CSR kebun kopi di lereng timur gunung Merbabu yang merupakan langkah Astra Motor Yogyakarta dalam pemberdayaan petani kopi lokal dengan langkah nyata tidak hanya dari hulu melainkan juga dari petani langsung alis sejak dari hilir.

Menikmati Kopi Merbabu

Setelah melakukan perjalanan touring singkat dari Jogja menuju Merbabu, rombongan Astra Motor Yogyakarta, blogger dan Vlogger lantas makan siang dan buka-bukaan tentang program petani kopi merbabu.

KOPI ARABICA MERBABU

Jujur saya kaget dengan info yang diberikan oleh salah satu akamsi pegian Kopi yaitu om Muhammad Luqman Taufiq selaku salah satu punggawa Komunitas Petani Kopi Merapi Merbabu yang memberikan info kalau kopi disini adalah kopi Arabika yang saat ini mahal. Saya kira kopi robusta lho…

“dulu kopi gabah cuma Rp.6000 per KG mas, sekarang sudah Rp.60.000”

Kopi gabah sendiri adalah biji kopi yang masih bercangkang dan dari awal sebenarnya sudah mahal, namun karena ketidaktahuan masyarakat sekitar akan potensi single origin coffe ini membuat harganya terbilang sangat  rendah, sedangkan potensinya besar. Hal ini yang dilirik Astra Motor Yogyakarta dengan adanya komunitas petani kopi ini dari kopi gabah lantas di proses lebih lanjut dan telaten menghasilkan green bean yang harganya akan lebih baik dan stabil.

Kenikmatan kopi yang saya rasakan di Astra Motor Yogyakarta ini melalui proses panjang dari petani kopi merbabu yang telaten dan ulet mengembangkan kopi unggul di dataran tinggi lebih dari 1000 mdpl dan CSR ini dilakukan sejak dari pembibitan, penanaman, perawatan, , panen, proses industri kopi dari pengolahan sampai siap dio pasarkan, Paket Komplit

Bibit kopi arabika merbabu

Pohon kopi berbuah paling cepat usia 2 tahun dan produktif hingga usia 20 tahun dengan metode pemangkasan daun atas supaya proses panen menjadi lebih mudah dan menjada kualitas maupun kuantitas kopi yang dipanen.

Pohon Kopi Arabika Gunung Merbabu

Sayangnya saya saat melihat kebun kopinya kurang beruntung karena bukan waktu panen puncak sekitar bulan Agustus yang mana bisa dengan mudah ditemui red cherry alias sebutan dari buah kopi yang sudah matang sempurna dipohon.

Kebun Kopi Merbabu

Dengan warna merah menyala mejadi tanda kopi arabika ini siap panen dengan rasa istimewa, lantas dicuci, fermentasi, kupas kulit, jemur, sampai sortir satu persatu biji yang utuh khusus kopi dengan rasa terbaik.

Saya sendiri diberi contoh red cheery biji kopi yang sudah dikeringkan dan saya kaget dengan aroma kopi yang sedikit tercium semerbak bau tembakau, Usut punya usut daerah merbabu ini juga merupakan pemasok Tembakau berkualitas, makanya tidak heran ada aroma tembakau dalam kopi yang memang karakteristiknya berbeda-beda tergantung dengan ketinggian, lokasi, jenis tanah, pupuk bahkan tanaman sekitar…

Penjelasan CSR Astra Motor Yogyakarta Gaet petani kopi merbabu

“kalau biji kopinya tidak utuh, rasanya beda mas” ungkap om  Muhammad Luqman Taufiq  yang juga bertuga me-roasting kopi Arabika Merapi merbabu ini dan juga menggilingnya sesuai dengan kopi yang diharapkan sekaligus pengemasan dan pemasaran.

Tips singkat kopi dari om Muhammad Luqman Taufiq

Seduh…bubuhkan kopi di atas air panas sesuai selera, diamkan 2 menit dan aduk, rasakan kopi asli tanpa tambahan gula terlebih dahulu

Jadi terkuak kan kenapa kopi gratis di Astra Motor Yogayakarta itu terasa enak, lha pakai kopi Arabika Merapi merbau

CSR Astra Motor Yogyakarta Petani Kopi Merbabu

Dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas biji kopi arabika andalan petani kopi di lereng gunung Merapi dan Merbabu, Astra Motor Yogyakarta menggandeng Den Singo Koffie guna menggelar pelatihan barista guna pemberdayaan masyaratak sekitar Astra Motor Yogyakarta dalam kolaborasi simbiosis mutualisme tersebut.

Den Singo Koffie House Blend Arabica Merbabu

Pelatihan barista kolaborasi den singo kofffie dan Astra Motor Yogyakarta ini diharapkan semakin banyak orang yang memiliki kompetensi yang baik guna menyajikan kopi yang nikmat, siapa tahu kedepan warung kopi semakin dekat dan meratyat, kopi enak tak perlu mahal kan.

Semoga program ini berjalan sukses dan Lancar dan menggerakkan perekonomian petani kopi berapi berbabu dengan Kopi Single Origin berkualitas dan enak. Saya tak menyangka kalau kopi arabika enak tak perlu ke bajawa, gayo, mandailing natal, toraja dan sejenisnya. Di pulau jawa pun juga ada kopi enak. Terima kasih kepada Astra Motor Yogyakarta yang telah mengajak saya dan teman blogger vloger untuk membuka wawasan lebih luas mengenai Kopi dan sektor pendukungnya. Semoga kedepan, Kopi Arabika Single Originin Tanah Merapi Merbabu semakin dikenal oleh khalayak.

 Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

6 KOMENTAR

  1. Fotone do ngapa ngopi ketone seger temen,..
    Tapi kok ngak ada termonitor bungkus rokok opo yo ngak hambar mas wkwkwk

  2. Indonesia mempunyai info yang sangat bagus untuk di sebarkan 😉 makasih gan info nya…

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.