Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu

3
242

., salam pertamax7.com, Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu

Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu
Peserta Kabisat Fun Touring

Langsung dari Yogyakarta – Memanfaatkan momen yang hadir 4 tahun sekali, Main Dealer Astra Motor Yogyakarta mengajak blogger dan vlogger Yogyakarta dan sekitarnya untuk melakukan touring ke Boyolali – Jawa Tengah (29/2). Tak seperti biasa tujuan touring kali ini adalah kebun kopi yang terletak di lereng timur gunung Merbabu, tempat Astra Motor Yogyakarta mendukung upaya pemberdayaan petani kopi lokal.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi

Bu Djamilah selaku HC3 Region Head Astra Motor Yogyakarta menjelaskan

“Touring di tanggal yang hanya ada setiap 4 tahun sekali ini kita buat berbeda. Kalau biasanya yang kita datangi adalah objek wisata ataupun landmark kota, kali ini kita justru ajak rekan-rekan blogger dan vlogger ke kebun kopi yang ada di salah satu desa tertinggi di lereng timur gunung Merbabu.”

Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu
Bu Djamilah HC3 Region Head Astra Motor Yogyakarta Fun Touring Kabisat

Menuju ke desa Ngagrong di lereng timur Merbabu, rombongan Kabisat Fun Touring melaju dari Astra Motor Center Yogyakarta melalui jalur Muntilan – Ketep – Selo – Cepogo – Ampel.

Bersama Honda ADV150, seluruh peserta melintasi jalur yang sarat dengan tanjakan, turunan, dan berbagai karakter tikungan tajam. Sepanjang perjalanan ini seluruh peserta dapat menikmati pemandangan yang sangat elok karena melintasi jalur yang diapit oleh lereng gunung Merapi dan lereng gunung Merbabu.

Dalam perjalanan sepanjang kurang lebih 160 km PP ini, Honda ADV150 sebagai salah satu skutik premium Honda mampu menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Tenaga dari mesin eSP berkapasitas 150cc berpendingin cairan disalurkan dengan efisien ke roda penggerak. Semakin istimewa, rangka Double Cradle yang dipadukan dengan Twin Subtank Rear Suspension dan Wide tire with semi dual purpose pattern membuat handling Honda ADV150 semakin nyaman dan presisi.

Testride Honda ADV 150 Jogja
Testride Honda ADV 150 Jogja

Sampai dilokasi, peserta Kabisat Fun Touring langsung diajak untuk mengunjungi Kebun Kopi yang masuk dalam program pemberdayaan petani kopi. Melalui program ini diharapkan “kenikmatan” dan hasil kopi yang diseduh di berbagai penjuru kota juga dapat dinikmati oleh mereka yang ada di hulu bisnis industri kopi.

Partner
IRC
Honda
FDR
Tiba di Kopi Merbabu

Pak I Nyoman Sukadana selaku Administration & Finance Region Head Astra Motor Yogyakartamengungkapkan bahwa program pemberdayaan petani kopi ini berupaya untuk menyentuh berbagai pelaku industri kopi lokal dari hulu ke hilir. Harapannya apa yang dilakukan oleh Astra Motor Yogyakarta dapat semakin memperbaiki taraf hidup mereka yang ada di hulu bisnis sekaligus menjaga putaran roda ekonomi yang menyertainya.

“Dalam program ini kami merangkul warga di lereng gunung Merapi dan Merbabu, komunitas petani kopi, serta coffeeshop di Yogyakarta sebagai salah satu saluran pemasaran produk kopi lokal. Dengan semangat kolaborasi, pendampingan yang kali lakukan meliputi proses pembibitan, perawatan tanaman kopi, panen kopi, hingga pengolahan kopi sampai siap dipasarkan.”

Hasil dari adanya program ini mulai dirasakan oleh petani kopi di wilayah gunung Merapi dan gunung Merbabu. Salah satunya adalah perbaikan harga jual biji kopi Merapi dan biji kopi Merbabu yang dapat dirasakan secara langsung oleh para petani kopi.

Menikmati Kopi Merbabu

“Dulu warga di lereng gunung Merapi dan gunung Merbabu menjual biji kopi langsung dari pohon sehingga harganya sangat murah. Dengan adanya komunitas petani kopi yang didukung oleh Astra Motor Yogyakarta, saat ini biji kopi di sini dijual dalam bentuk green bean dengan harga jual yang jauh lebih baik dan lebih terjaga stabilitasnya” Beber salah satu punggawa Komunitas Petani Kopi Merapi Merbabu yaitu om Muhammad Luqman Taufiq.

Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu
Pembibitan Kopi Merbabu

Perluasan Pasar Kopi Lokal

Peningkatan jumlah dan mutu biji kopi yang dihasilkan oleh para petani kopi di lereng gunung Merapi dan Merbabu perlu diimbangi dengan kemampuan pasar untuk menyerap produk kopi yang dihasilkan. Sadar akan hal itu, sebagai bagian dari rangkaian program pemberdayaan masyarakat Astra Motor Yogyakarta berkolaborasi dengan Den Singo Koffie menggelar pelatihan barista.

Melihat Kebun Kopi Merbabu

“Lewat pelatihan barista ini, kami berharap akan semakin banyak orang yang memiliki kompetensi untuk menyajikan kopi dengan baik. Dengan demikian jumlah sebaran warung-warung kopi akan semakin merata dan skala bisnis industri kopi juga akan semakin membesar.” ungkap Pak I Nyoman Sukadana.

Sebagai tahap awal, Astra Motor Yogyakarta berkolaborasi dengan Den Singo Koffie menggelar pelatihan barista untuk komunitas difabel di Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dan dilaksanakan di kantor Astra Motor Yogyakarta (29/1).

Tak menutup kemungkinan di kemudian hari Astra Motor Yogyakarta akan berkolaborasi denga berbagai pihak lain untuk menggelar pelatihan barista dengan peserta yang berbeda-beda.

Kabisat Fun Touring Kunjungi Kebun Kopi Lereng Merbabu
Kabisat Fun Touring Honda ADV 150 Jogja

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya [archives format=html limit=5]

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.