Yamaha NMAX Terendam Banjir Garansi Hangus

7

., salam pertamax7.com, Yamaha NMAX Terendam Banjir Garansi Hangus

Yamaha NMAX Terendam Banjir Garansi Hangus
Yamaha NMAX Terendam Banjir Garansi Hangus

Saya mendapatkan pertanyaan yang sebenarnya sudah saya jelaskan beberapa tahun lalu baca :

Namun kali ini rada berbeda karena di atas kan kalau Sepeda Motor Secara sengaja menerjang banjir dan amit-amit mengalami kerusakan baik kelistrikan maupun Mesin. Lantas bagaimana kalau sepeda motor sedang parkir dan terendam air banjir lalu ada kerusakan setelahnya? apakah bisa klaim garansi? 

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Garansi Yamaha NMAX Terendam Banjir
Garansi Yamaha NMAX Terendam Banjir

Yamaha NMAX Terendam Banjir

Dalam kasus di atas yaitu sepeda motor terendam banjir, garansi bagaiman? saya menjawab berdasarkan uraian syarat dan ketentuan klaim garansi sepeda motor pada umumnya adalah.. Garansi hangus atau tidak berlaku. Kenapa begitu? Cek ketentuan berikut contohnya di Yamaha NMAX :


  1. Jika buku servis hilang, rusak atau cacat.
  2. Masa berlaku garansi habis atau sudah melewati masa garansi.
  3. Pemilik tidak melakukan pemeriksaan sebelum penyerahan (PDI), tidak melakukan servis gratis dan servis berkala di bengkel resmi Yamaha.
  4. Kerusakan yang terjadi akibat perawatan atau perbaikan yang dilakukan di luar bengkel resmi Yamaha
  5. Kerusakan tersebut terjadi akibat pemakaian yang tidak sesuai, seperti mengikuti balap, tabrakan, sudah dimodifikasi/diubah tidak sesuai dengan standar pabrikan, dan cara pemakaian yang tidak benar, menyalahi ketentuan peraturan lalu lintas.
  6. Kerusakan terjadi pada spare part yang habis dipakai atau harus diganti dalam periode tertentu, seperti misalnya busi, aki, ban, V-belt, kampas rem, dan yang lainnya.
  7. Kerusakan yang diakibatkan oleh pemasangan atau pemakaian spare part selain Yamaha Genuine Part dan bahan bakar dan pelumas yang tidak dianjurkan.
  8. Kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam, huru-hara, pencurian, kebakaran, dan terkena bahan kimia.
  9. Kerusakan yang terjadi karena proses transportasi/ekspedisi dan proses penyimpanan yang tidak baik oleh pemilik motor.
  10. Terjadi gejala-gejala norma sesuai standart pabrikan, seperti suara mesin, getaran mesin, rembesan minyak, yang tidak mempengaruhi kualitas, fungsi dan kemampuan kerja mesin.
  11. Kerusakan terjadi pada seal-seal oli yang berada di bagian luar mesin, seperti seal oli pada pedal transmisi, dan yang lainnya.
  12. Apabila kerugian terjadi dalam bentuk materil (waktu, biaya, dan yang lainnya) akibat garansi ini, dan bukan materil, seperti kerugian moril, dan lain-lain.

Setahu saya semua pabrikan kendaraan bermotor ( moboil/ motor ) akan menerapkan pasal garansi hangus jika terkena bencana alam, dalam hal ini saya mengambil contoh Yamaha NMAX 155 ABS yang saya miliki. Untuk Honda bisa cek artikel yang saya tautkan di atas, sama saja poinnya.

Untuk kerusakan/cacat akibat kebakaran, terkena bahan kimia, kotoran burung, getah pohon, garam, air laut dan sebagainya, bencana alam, pencurian, huru hara (dll). Anda disarankan menggunakan asuransi untuk mencover beberapa kejadian ini.

nmax 155 body kit lent automodified
nmax 155 body kit lent automodified

Nah sudah jelas kan, kalau ada banjir jangan diterjang, kalau terendam ya jangan buru-buru dinyalakan, tunggu sampai kering dulu dan segera kuras semua oli yang ada di mesin sampai oli gearbox ( kalau matic ). Apa perlu artikel tersendiri untuk tips motor terendam air? sudah banyak sih yang bahas, toh motor juga belum pernah ( dan semoga jangan pernah ) terendam banjir masak ikut-ikutan cerita hal yang tidak pernah saya alami? Dikira sok tau nanti.

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

7 KOMENTAR

Apa Komentar Pemirsa ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.