Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis

25
10257

., salam pertamax7.com, Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis

Bongkar mesin Yamaha NMAX 155 ABS 2015
Bongkar mesin Yamaha NMAX 155 ABS 2015

Akhir pekan ini saya mudik ke Wonogiri sukses dengan tujuan bersilaturahmi dengan orang tua sekaligus mau ngecheck kondisi mesin Yamaha NMAX 155 ABS Lansiran 2015 silam yang mulai 30.000 an km kok rasanya performa semakin turun. Kata tetangga saya kalau akselerasi Yamaha NMAX Saya ngebul namun tipis namun saya rasa kok tidak ada penurunan performa hingga sekitar 35.000 Km an saya riding bareng om affan Yamaha Aerox, eh beliau yang buntutin saya bilang kalau yamaha nmax saya ngebul terlebih setelah gas dari lampu merah.

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Nah setelah itu memang sudah saya putuskan untuk check mesin penasaran apa sih penyebab yamaha nmax saya ngebul tipis? namun karena kesibukan liputan kemana-mana, touring yamaha maxi day baturraden dan yamaha maxi day dieng, akhirnya tertunda sekitar 2000 km untuk bongkar mesin.

Saya sendiri rutin ganti oli dengan jarak 2000 km sekali dengan Motul Scooter 10W40 dengan Kapasitas 900cc ( 0,9 L ). Namun terakhir saya ganti kaget-sekaget-kagetnya karena kapasitas oli buangan kok tinggal 450 an cc alias hilang separuh dengan interval penggantian yang sama, apa mungkin cuaca panas kemarau panjang membuat yamaha nmax saya vampir banget hingga haus oli seperti ini?

Hal lain yang mengganjal adalah konsumsi bbm yang semakin boros, juga performa mesin yang semakin turun hingga topspeed 105 km per jam pun di raih dalam waktu lama, akselerasi sendiri tak banyak berubah sih, cuma topspeed turun dan diraihnya lama banget.

Akhirnya dengan tekad bulat sambil mengumpulkan uang, saya mencicil part yang akan diganti dengan meminta masukan dari senior maxi yamaha saya yaitu om dimar asal solo ( lexi, aerox, nmax, xmax tmax ) beliau berpesan “segera ganti ring piston fan, itu mirip punyaku dulu, haus oli, terjangkau kok.” dengan kata sakti terjangkau ini saya semakin yakin bongkar mesin

Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli

Sore 5 Desember 2019 saya tiba di dealer Yasuka Motor Wonogiri sukses dan meminta bongkar mesin, Paginya 6 Desmeber 2019 saya melihat penuturan mekaniknya yaitu om Legowo yang menerangkan kondisi mesin saya, Jadi penyebab utama Yamaha NMAX Saya Vampir Haus oli adalah sebagai berikut

  • Ring Piston sudah lemah terutama oil ring Yamaha Nmax Saya
Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis
Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis

yaps, tersangka utama Yamaha NMAX saya vampir haus oli adalah Oil Ring yang sudah lemah sehingga oli akan lolos menembus ruang bakar, pantesan kerak piston banyak banget dan juga ngebul tipis. Saya sendiri dari baru pakai Bensin pertamax 92, dan baru sekali isi penuh tangki dengan pertalite karena pertamax habis di wonogiri.

Partner
IRC
Honda
FDR
Kerak Piston Yamaha NMAX 155 Pertamax7
Oil Ring Yamaha NMAX Piston

Pembelian Ring Piston ini satu set ya om, antara ring piston dan oil ring, saya beli indent sekalian pistonnya juga lho.

Untuk Block Cylinder Alhamdulillah mantap nih Diasil Cylindernya semacam ada lapisan keramik yang kuat dan tahan gores hingga 37.000 KM ini, cuma ring piston yang kalah.

Block Cylinder Yamaha NMAX 155 Pertamax7

Namun Om Legowo menyarankan sekalian mengganti 4 KLEP  ( 2 in besar ) dan ( 2 Out kecil ) supaya performa mesin kembali seperti baru lagi dengan kompresi yang padat.

Kondisi Ruang Bakar Yamaha NMAX Pertamax7 Klep

Nah karena ganti klep, saya sekalian ganti seal klep, siapa tahu itu juga lemah ( waktunya ganti idealnya sekitar 30.000 KM )

Ok bersambung dulu. Saya nunggu indent part yang perlu saya ganti di Yamaha NMAX saya, semoga pekan depan bisa gas si NMAX lagi.

Ring Piston Yamaha NMAX 155

Mohon maaf kalau tulisan belepotan dan tidak jelas maksudnya, saya mohon masukannya. semoga berguna ya om.. salam @ipanaseyoutube pertamax7

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

25 KOMENTAR

  1. setau saya ,hampir semua matic yamaha gitu om, apalagi saya penggemar oli sesat (6000km UP) baru ganti oli. di Xeon GT125 pemakaian 3000km , oli 0,8 habis tinggal 300ml. mio J pemakaian 2500km ,oli 0,8 tinggal 500ml. dan terakhir saya pake aerox, jarak 3000kl dgn oli0,9L habis tinggal 400ml. saya gak paham kemana olinya pergi. padahal tidak ngebul. (sebagai istri gue pake scopi ,pemakaian 6500km oli 0,8L masih 750ml.anak gue pake vario150,juga sama ngak banyak berkurang)

  2. Tapi kalau baca suratnya om ini memang luar biasa perawatan motornya.. ganti oli Motul saja tiap 2000.. wih.. minum selalu Pertamax.. mantap..jadi kalau omnya mau ganti klep itu bukan buang duit..memang duitnya buanyak ya om..

  3. Apakah nmax boros oli gara-gara pakai oli synthetic pas masih inreyen? Oli standar yamaha nmax itu kan Yamalube super matic yang diklaim “full synthetic”. Kalau masih inreyen diisi oli sintetik risikonya ya boros oli karena terlampau licin. Lebih aman pakai oli mineral dulu setelah turun mesin.

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.